Ada suatu game yang banyak dimainkan banyak orang pada saat waktu perilisannya. Beberapa orang mengatakan bahwa permainan ini mirip seperti The Legend of Zelda: Breath of The Wild. Game apakah itu? Game yang dimaksudkan tersebut adalah Genshin Impact. Nah, Genshin Impact merupakan sebuah permainan open-world RPG yang dibuat oleh Mihoyo, perusahaan game yang juga membuat permainan Honkai Impact 3. Game ini memberikan kesempatan bagi kita untuk berpetualang mengitari dunia. Kalian dapat memperoleh permainan ini secara gratis di iOS, Android, PC, dan PS4.

Dalam game ini, kita ditempatkan di sebuah dunia yang luas. Kita dapat menjelajahi dunia ini dengan berbagai cara, antara lain memanjat, melayang di langit, berenang di perairan, teleportasi ke wilayah yang sudah kita jelajahi, dan masih banyak lagi. Tetapi, beberapa aktivitas yang kita lakukan memerlukan stamina. Jika stamina kita habis, karakter tersebut akan berhenti melakukan aktivitas tersebut dan jika kita berada di tempat yang tidak terbaik seperti sungai atau tebing pada saat mendaki, maka akan ada berbagai hal buruk yang karakter tersebut akan alami. Kita dapat mengisi stamina dengan berdiam atau berjalan sampai stamina tersebut penuh.

Dalam permainan ini, terdapat berbagai macam karakter yang memiliki elemen yang berbeda. Kita mulai dengan karakter MC yang memiliki elemen yang unik dan bisa juga kita ubah elemennya dengan mengunjungi “Statue of the Seven” tertentu. Untuk karakter lain, mereka tidak dapat mengubah elemen mereka, tetapi dengan kombinasi elemen yang pas, mereka dapat membantu progress kita. Untuk mendapatkan karakter yang lain, kita dapat menyelesaikan quest atau melakukan gacha dengan menggunakan gems yang kita peroleh.

Gambar berikut adalah peta dari game ini. Kalian dapat mengakses peta tersebut dengan mengklik mini-map yang ada di pojok kiri atas atau buka menu dan tekan “Map”. Ada berbagai landmark yang terlihat dalam peta ini, yaitu Statue of The Seven, Teleport Waypoint, Dungeon, Adventure’s Guild, dan lain-lain. Kita dapat menggunakan peta ini untuk teleportasi ke Statue of The Seven, Teleport Waypoint, atau Dungeon yang kita mau. Namun, ada beberapa wilayah di peta yang tidak menampakkan suatu daerah. Maka dari itu, kita perlu mengaktifkan Statue of The Seven di wilayah tersebut.

Ada dua jenis level dalam permainan ini, yaitu Character Level dan Adventure Rank. Kita dapat memperoleh Character Level dengan cara mengalahkan musuh atau menggunakan Wanderer’s Advice (hijau), Adventurer’s Experience (biru), dan Hero’s Wit (ungu). Selain meningkatkan level karakter, kita dapat meningkatkan beberapa level seperti senjata, artefak, dan lain-lainnya.

Sedangkan untuk Adventure Rank, kita dapat menambahnya dengan melakukan hal-hal tertentu dan beberapa di antaranya adalah menyelesaikan quest, membuka harta karun, dan menemukan teleport waypoint. Nah, untuk Adventure Rank yang sudah mencapai rank ke-16, maka kita dapat membuka mode co-op yang berarti kita sudah bisa bermain bersama dalam dunia pemain yang diinginkan. Hadiah untuk jenis level ini dapat kita klaim dengan mengunjungi Adventure’s Guild.

Kita sudah mengetahui platform apa saja yang dipakai untuk memainkan game ini. Pertanyaannya adalah apakah kita bisa main bareng di platform yang berbeda? Iya. Kita bisa cross-play, yang berarti kita dapat bermain bersama walaupun dalam platform yang berbeda. Tetapi, untuk PS4, kita tidak bisa cross-save, yang berarti kita tidak bisa memindahkan progress kita yang ada di PS4 ke platform lain dan begitupun sebaliknya.

Sekian untuk artikel kali ini. Nah, apakah kalian tertarik untuk berpetualang dan menikmati pemandangan bersama? Yuk, kita berpetualang bersama dalam permainan Genshin Impact!

Referensi: permasalahan cross-play dan cross-save

Penulis: Natsuka Rikka & Lettuce
Penyunting: GachaMan