Konnichiwa minna-san! Semoga selama pandemi ini, minna-san tetap berada di keadaan sehat. Minna-san, apakah pernah menggunakan atau pernah melihat emoticon imut dari Jepang? Emoticon imut itu namanya Kaomoji.

Kaomoji (顔文字) yang berasal dari dua kata kanji, yaitu Kao (顔) yang berarti wajah dan Moji (文字) yang berarti karakter. Kaomoji dibentuk dari gabungan dari karakter-karakter dan tanda baca Bahasa Jepang. Kaomoji berfokus pada perbedaan bentuk mata. Seperti manusia yang berkomunikasi secara langsung, emosi yang dirasakan dapat terlihat dari gerak-gerik tubuh dan matanya. Berbeda dengan emoticon barat yang hanya berbentuk berfokus pada perbedaan bentuk mulut untuk membedakan emosi tertentu.

Kaomoji mulai digunakan pada akhir 1980-an. Dulu, sering terjadi konflik dalam berkomunikasi digital. Konflik ini bisa terjadi karena penerima pesan merasa tersinggung dengan lelucon atau parodi yang sebenarnya bersifat netral. Dengan adanya kaomoji, pesan yang memberi kesan menyinggung itu terlihat lebih netral dan dapat menyampaikan maksudnya dengan baik. Bahkan dengan mengunakan kaomoji, komunikasi digital yang awalnya kaku, canggung dan serius bisa menjadi lebih santai dan seru.

Sejauh ini, jumlah kaomoji ada lebih dari 10.000 buah. Kaomoji memiliki beberapa kategori emosi, aksi, binatang atau benda lainnya. Kaomoji emosi dibagi lagi menjadi tiga bagian, yaitu emosi positif, emosi negatif dan emosi netral.

Emosi positif terdiri dari emosi senang, cinta, malu, dan simpati. Kaomoji juga bisa terdiri dari satu tokoh atau lebih dari satu tokoh, tergantung dari emosi yang ingin disampaikan.

Emosi Positif

Emosi positif terdiri dari emosi senang, cinta, malu, dan simpati. Kaomoji juga bisa terdiri dari satu tokoh atau lebih dari satu tokoh, tergantung dari emosi yang ingin disampaikan.

Emosi Negatif

Emosi negatif terdiri dari emosi ketidakpuasan, marah, sedih, kesakitan, dan takut.

Emosi Netral

Kaomoji emosi yang terakhir adalah kaomoji emosi netral yang terdiri dari emosi cuek, bingung, curiga, dan kaget.

Kaomoji Aksi/Tindakan

Selain untuk menunjukan emosi, kaomoji digunakan untuk menunjukan suatu aksi seperti menyapa, memeluk, mengedip, meminta maaf, bersembunyi, menulis, berlari dan tidur.

Kaomoji Hewan

Bukan hanya untuk membentuk ekspresi wajah dan aksi manusia, kaomoji juga bisa membentuk wajah hewan

Kaomoji Lainnya

Selain itu masih ada kaomoji lainnya seperti teman, musuh, senjata, sihir, makanan, musik, dan permainan.

Masih banyak lagi Kaomoji yang ada di dunia maya. Untuk menggunakan kaomoji di pengiriman pesan digital, bisa mengunduh aplikasi yang menyediakan koleksi kaomoji. Kalau tidak mau mengunduh aplikasi, kaomoji bisa disalin dari situs web dan gunakan kaomoji yang sudah disalin saat dibutuhkan.

Penggunaan Kaomoji atau emoticon barat itu sesuai preferensi sendiri, keduanya memiliki keuntungan dan manfaat tersendiri. Kaomoji yang bersifat imut dan lucu tidak cocok untuk dipakai jika berbicara pada orang asing, sedangkan emoticon barat dianggap lebih umum dan lebih simpel dari Kaomoji, sehingga lawan bicara tidak akan merasa kewalahan.

Minna-san, demikian penjelasan mengenai Kaomoji dan mengapa masyarakat menggunakannya. Jangan lupa untuk menjaga diri dengan makan makanan bergizi, rajin mencuci tangan dan mengurangi keluar dari tempat tinggal. Sampai jumpa di artikel selanjutnya.

Source:

Kaomoji.ru, Kaomoji Jepang lebih keren dari Emoji

Author: Rra

Editor: Gachaman