Halo minna-san!

Sesuai judul, artikel kali ini akan membahas sebuah game rhytm yang bisa membuat jari-jari minna-san seperti sedang bermain piano! Game rhythm ini bernama Deemo. Game rhythm ini bisa minna-san dapatkan di ponsel atau mobile phone. Seperti apa sih cara memainkan game ini? Yuk, simak artikel ini!

Deemo merupakan Indie game yang diproduksi oleh studio Rayark, Taiwan. Uniknya, game ini melibatkan banyak komposer yang berasal dari berbagai negara, sehingga setiap lagu memiliki ciri khasnya masing-masing. Keunikan lainnya adalah dimana suara piano selalu mengiringi lagu di game ini. Beberapa lagu dalam game ini juga cenderung ekspresif, sehingga minna-san bisa ikut merasakan apa yang dirasakan oleh sang komposer, lewat lirik, nada, dan tempo musik. Setiap lagu di Deemo juga disertai ilustrasi keren yang bisa memanjakan mata loh! Bahkan bisa dijadikan wallpaper untuk gadget pemain!

Dibalik lagu yang unik dan ilustrasi yang keren ini, ada sebuah kisah seorang anak perempuan bernama Alice yang terbangun di sebuah ruangan melingkar, disana terdapat mesin terbang aneh di dinding, tunas pohon, piano, dan bayangan manusia bernama Deemo. Alice dengan cepat mengetahui bahwa Deemo adalah musisi yang hebat, dimana Deemo sangat ahli memainkan piano. Saat lagu mulai dimainkan, tunas pohon yang ada di ruangan itu tiba-tiba tumbuh lebih tinggi ke ruang terbuka. Alice berencana untuk terus meminta Deemo memainkan lagu di piano, sehingga pohon itu tumbuh lebih tinggi dan ia pun bisa keluar dari dunia misterius ini. Namun, disaat Deemo terus memainkan piano itu, satu-persatu kisah dibalik Alice dan Deemo mulai terungkap.

Cara memainkan game ini ternyata cukup mudah. Not-not musik akan berjatuhan dari atas layar dan tugas minna-san yaitu melakukan tap biasa atau slide pada not-not musik ketika mencapai garis yang berada di bawah layar. Jika minna-san menekannya terlalu cepat atau terlalu lambat, maka minna-san akan memutuskan kombo yang telah dibangun. Namun, Deemo untungnya memiliki toleransi yang terbilang cukup tinggi, karena jika minna-santerlalu cepat melakukan tap disaat not musik masih berada dekat dengan garis, maka tetap akan dihitung sebagai kombo. Dalam game ini, minna-san tidak diminta untuk fokus meningkatkan score saja, tetapi juga difokuskan untuk mendengarkan dentingan piano yang indah, karena hal itu akan membuat minna-san lebih menikmati lagu-lagu tanpa harus memikirkan score dan detail-detail lainnya.

Not-not yang turun dari atas memiliki satu buah pola, begitu juga temponya, sehingga saat menemukan pola tersebut, minna-san bisa menghafalkannya, seperti sedang menghafalkan partitur lagu. Jika sudah hafal dan banyak latihan, gerakan jari minna-san akan terekam dan menjadi lebih lincah. Ada tiga level dalam game ini, easy, mediumdan hard. Setelah banyak latihan , minna-san disarankan untuk terus mencoba mode hard, guna menguji kembali kelincahan jari.

Sangat disarankan untuk menggunakan headset, headphone atau alat bantu lainnya untuk kualitas audio yang lebih baik. Tab atau Ipad juga sangat disarankan sebagai sarana bermain, dimana minna-san bisa meletakkan kedua tangan di atas layar, sehingga minna-san benar-benar seperti sedang bermain piano. Untuk minna-san yang menyukai lagu-lagu Jepang, jangan khawatir! Deemo seringkali mengadakan kolaborasi dengan komposer dari Jepang. Nah, ada beberapa lagu Jepang yang direkomendasikan untuk minna-san yang menyukai lagu Jepang:

Demikian artikel kali ini minna-san. Game ini bertujuan untuk menghibur para pemainnya melalui karya-karya yang luar biasa. Semoga minna-san bisa terhibur dan game ini bisa memenuhi tujuannya. Jangan lupa untuk minum vitamin dan stay at home ya, minna-san!

Source:

Siliconera Deemo Reborn, Deemo.Fandom, Jurnalapps Deemo game rhythm yang bercerita, Techniasia review deemo, Youtube Rayark.Inc

Penulis: Epsilon

Editor  : Rra