As long as the food is well prepared and not overdone, I think it tastes good. It doesn’t matter if it’s Chinese, Japanese, anything – Martin Yan

Halo minna-san! Tidak terasa ya, sebentar lagi kita akan memasuki penghujung tahun 2020. Apakah minna-sansudah memiliki rencana untuk pergi berlibur pada libur akhir tahun ini? Apabila kita berbicara tentang makanan khas Jepang, apa yang biasanya terpikirkan oleh minna-san? Tentu banyak yang akan menjawab sushi, sashimi, ramen, tempura, takoyaki dan lain-lain. Tapi, apakah minna-san pernah mendengar tentang Nabe?

Nabe yang sering disebut juga Nabemono atau Naberyōri (鍋料理), adalah salah satu makanan musiman di Jepang. Apakah minna-san pernah memakan suki? Ya, nabe mirip dengan suki. Keduanya tergolong dalam jenis makanan steamboat yang dihidangkan untuk beberapa orang sekaligus. Orang Jepang biasa memakan Nabe bersama-sama dengan duduk menggunakan kotatsu sehingga tetap hangat di musim dingin.

Nabe mirip seperti makanan suki. Keduanya sama-sama dihangatkan di dalam panci besar di atas kompor, lalu dipindahkan ke dalam mangkuk personal lebih kecil untuk dimakan. Nabe biasanya dimasak menggunakan panci atau wadah keramik bernama donabe. Nabe (鍋) sendiri berarti panci dalam Bahasa Jepang. Nabe begitu populer pada Zaman Meiji, terutama nabe daging sapi (gyūnabe).

Ada dua tipe Nabe menurut kaldu yang digunakan dalam rebusan, kaldu dengan rasa yang ringan dan kaldu dengan rasa yang kuat. Kaldu ringan (kebanyakan dengan kombu) seperti yūdofu (湯豆腐) dan mizutaki (水炊き), dimakan dengan saus celup (tare) untuk menikmati rasa dari bahan yang digunakan. Kaldu dengan aroma kuat seperti miso, dashi, sukiyaki (すき焼き), oden (おでん), dan sejenis kecap manis seperti Yosenabe (寄鍋), biasanya dimakan tanpa penyedap tambahan.

Anko Nabe (Nabe dengan monkfish atau anglerfish)

Nabe memiliki jenis yang sangat banyak menurut tipenya isian dan variasi regional atau nabe khusus daerah tertentu. Chankonabe (ちゃんこ鍋) adalah salah satu nabe yang terkenal di Jepang. Nabe ini dibuat khusus untuk para atlet Sumo. Chankonabe memiliki bahan isian yang lebih banyak daripada nabe pada umumnya. Nabe ini dikhususkan untuk menambah berat badan dari para atlet.

Motsunabe (もつ鍋) merupakan salah satu nabe yang banyak dijumpai di Jepang. Nabe ini memiliki isian perut babi atau sapi, jeroan, batang bawang, sayur kol dan potongan bawang putih. Masyarakat Jepang sudah mengonsumsi jeroan sejak abad ke-7 menurut beberapa antropologi. Masyarakat percaya, bahwa jeroan memiliki efek untuk mempercantik kulit karena kandungan kolagen yang tinggi, selain enak dan harganya yang murah. Konon, yang menarik dari Motsunabe adalah teksturnya yang lembut menyerupai salju yang meleleh di mulut minna-san.

Banyak orang mengatakan bahwa musim dingin jauh lebih “mematikan” daripada musim panas karena hawa dingin yang menusuk tulang. Jika musim dingin “mematikan” keinginan minna-san untuk memakan makanan dingin seperti sushi dan sashimi, minna-san bisa mencoba makanan favorit musiman orang jepang, nabe! Steamboat penuh dengan daging, ikan, dan sayuran, dilengkapi dengan kaldu yang kaya dan beraroma disajikan, bersama mie atau nasi, adalah kombo yang sempurna. Makanan hangat yang sangat mengenyangkan ini adalah salah satu cara sempurna untuk membuat minna-sanmerasa nyaman dan hangat.

Motsunabe
Jalan-jalan ke negeri sakura,
Tak lupa membeli sake
Ingin liburanmu di Jepang sempurna,
Jangan lupa makan nabe

Sekian untuk artikel tentang nabe ini. Sampai jumpa di artikel selanjutnya. Stay healthy dan stay safe selalu di era New Normal ini ya, minna-san!!

Source:

Wikipedia Nabemono, Gurunavi Motsunabe, Tsunagujapan Japanese products to get through the season winter

Author: Aditchii

Editor: Floyd