Konnichiwa minna-san! Sudah lama yah kita tidak membahas sesuatu yang berhubungan dengan anime. Hari ini kita akan membahas salah satu anime yang paling terkenal dan banyak digemari penggemar kartun Jepang. Sesuai judulnya, artikel kali ini akan membahas anime Demon Slayer atau sering dikenal dengan Kimetsu no Yaiba (鬼滅の刃).

Poster film Gekijō-ban “Kimetsu no Yaiba” Mugen Ressha-hen (2020)

Siapa yang tidak kenal dengan anime yang satu ini? Berbeda dari anime lainnya, anime ini memiliki banyak kelebihan, seperti graphic style yang menawan dan berbeda dari anime lainnya, alur cerita yang menegangkan, ketegangan serta drama yang “waow”, dan juga cerita pada manga yang mengagumkan. Sudah bukan rahasia umum lagi bahwa Kimetsu no Yaiba adalah salah satu anime terpopuler tahun ini. Minna-san juga pasti juga sudah tahu bahwa film layar Kimetsu no Yaiba telah diproduksi dan telah dirilis di Jepang pada tanggal 16 Oktober 2020 lalu. Film ini telah meraup keuntungan sebesar ¥4.6 miliar ($4.6 juta) atau setara dengan 639 miliar rupiah hanya dalam tiga hari penayangan di seluruh Jepang!! Wow! Sungguh jumlah yang fantastis, pantas saja film Gekijō-ban “Kimetsu no Yaiba” Mugen Ressha-hen ini menjadi salah satu film dengan pendapatan kotor tertinggi nomor 8 sepanjang tahun 2020.

Tahukah minna-san bahwa film ini telah mengalahkan rekor besar film Spirited Away (Sen to Chihiro no Kamikakushi) hasil produksi Studio Ghibli pada tahun 2001? Spirited Away memerlukan waktu 25 hari untuk mencapai angka penghasilan ¥10 miliar, sedangkan film Kimetsu no Yaiba hanya memerlukan waktu 10 hari sejak hari pertama penayangan untuk mencapai angka penghasilan ¥10,75 miliar. Sungguh angka-angka dan waktu yang menakjubkan. Selamat sukses Ufotable dan Toho Aniplex atas kesuksesannya dalam produksi film ini.

Kyojuro Rengoku

Film ini menceritakan tentang petualangan Kamado Tanjiro bersama teman-temannya dalam sebuah kereta. Ada seorang Hashira Api yang juga turut serta bersama mereka, Kyojuro Rengoku. Mereka ditugaskan untuk menyelidiki kejadian misterius yang terjadi di suatu kereta. Dalam kereta tersebut telah bersembunyi Enmu, anggota terakhir dari Lower Moon, sekaligus bawahan langsung dari Muzan Kibutsuji. Bagimanakah kelanjutan ceritanya? Satu hal yang pasti, akan ada pertempuran berdarah-darah yang sangat seru!

Cerita ini diadaptasi dari Arc Mugen Train pada manga Kimetsu no Yaiba (chapter 54-59). Manga karya Koyoharu Gatouge ini telah tamat setelah 205 chapter. Tankobon atau volume terakhir yang ke-23 pada 4 Desember 2020. Oricon sendiri mengatakan bahwa manga ini adalah manga terlaris dalam periode November 2018 hingga November 2019. Serial ini tercatat sebagai manga pertama yang berhasil menggeser One Piece, juara bertahan manga terlaris selama 12 tahun.

Dilansir dari laman kantor berita Antara. Managing Director Odex, Peter Goh, memastikan bahwa film ini akan dirilis di Indonesia pada awal tahun depan. Sesi pemutaran untuk para penggemar khusus (fans screening) akan dimulai pada tanggal 19 Desember 2020 mendatang. Sedangkan pemutaran untuk khalayak umum akan dimulai pada awal tahun 2021.

Emu dan Tanjiro

Pemutaran film Kimetsu no Yaiba ini rencananya akan dilaksanakan oleh jaringan bioskop CGV Cinema, Cinepolis, Platinum dan New Star. Menurut informasi yang beredar, situs penjualan tiket online di Jepang sempat mengalami kerusakan atau down di masa awal pembelian tiket film ini. Rusaknya website penjualan tiket ini dikarenakan oleh membludaknya pemesanan tiket oleh para penggemar. Kira-kira, apakah hal yang sama juga akan terjadi di Indonesia?

Penayangan film Kimetsu no Yaiba sebentar lagi akan dimulai. Minna-san, siapkan dirimu, siapkan hatimu, siapkan uangmu, dan siapkan waktumu! Siapkah minna-san untuk berpetualang bersama Tanjiro dan kawan-kawannya di dalam kereta misterius?

Source:

Kabarlumajang, Wikipedia Kimetsu no Yaiba movie, BBC.com, Tirto.id Kimetsu no Yaiba

Author: Aditchii

Editor: Epsilon