Halo minna-san! Kembali lagi dengan artikel liputan Nippon Club. Kali ini, kami berkesempatan meliput AFA Singapore 2020 Online yang ditayangkan melalui situs web dan YouTube resmi mereka. Situasi pandemi yang sedang melanda membuat mereka memutuskan untuk mengadakan event online tanpa dipungut biaya apapun! Tanpa basa-basi, mari kita melihat keseruan AFA Singapore 2020 Online tahun ini.

Hari pertama dibuka dengan sapaan hangat dari host AFA Singapore Online 2020 yaitu Ash dan Reiko, dibalas dengan dengan meriah oleh fans di Live Chat. Mereka mengungkapkan meskipun AFA Singapore tahun ini tidak bisa digelar secara on the spot, spirit dari AFA terus ada meski itu online. Lalu, mereka mengumumkan beberapa sponsor yang sangat berjasa mendukung acara ini sehingga bisa ditayangkan secara free of charge atau gratis.

Perbincangan mereka pun berlanjut dengan membicarakan event apa saja yang akan meramaikan AFA Singapore Online hari ini. Ada acara giveaway games Guess the Anime! Competition, konten dari game SINoALICE Global, showcase merchandise dari Akiba Town Online (sebutan untuk merchandise store AFA), Kotobukiya, dan Hakken. Kemudian ada talkshow tentang Cells at Work Special Screening, showcase komputer dari Typhoon Systems, Quiz Challenge tentang Singapore bersama dengan Amaki Sally dari girl group 22/7, workshop ilustrasi online dari Artgerm, talkshow dengan cosplayer Nekota Ashu dari Jepang dan Rithe dari Singapore mengenai perjalanan kosplay mereka, dan konten khusus mengenai Paradox Live bersama seiyuu Toshiyuki Toyonaga dan Shogo Yano. Mereka pun juga membicarakan artis yang akan tampil hari ini yaitu PelleK dari WACAVA project, Burnout Syndromes, Seven Billion Dots, the peggies, 22/7, COALAMODE, halca, Tomori Kusunoki, Liyuu, Ayaka Ohasi, Yui Ninomiya, May’n, DISH//, Ryokushoku Shakai, Ami Sakaguchi, YOASOBI, SPYAIR, BLUE ENCOUNT, PELICAN FANCLUB dan FLOW. Setelah itu, Reiko dan Ash pun melanjutkan ke sesi pertama dari hari pertama AFA Singapore dengan semangat.

Sesi pertama adalah games Guess the Anime! Competition yang sangat popular pada AFA Station sebelumnya. Di sesi ini, peserta harus menebak Anime bedasarkan emoji yang ditampilkan di layar di situs web. Hadiah sesi ini adalah goodie bag berisi goods senilai 100 SGD lho! Ada 11 pertanyaan yang diberikan oleh host dan audiens sangat antusias mengikutinya.

Sesi selanjutnya adalah sesi dari SINoALICE Global yang dimulai dengan live voice acting dari Yuuko Sanpei (Pinocchio) dan Reina Ueda (Snow White) yang membaca sebuah cerita tentang latar belakang karakter mereka masing-masing. Lalu dilanjutkan dengan sesi dari Kat, Asisten Produser dari SINoALICE Global yang berbagi info tentang event yang akan berlangsung di dalam game untuk beberapa minggu ke depan yang tentunya berhubungan sekali dengan Natal. Mulai dari event guild baru, karakter dengan desain baru, hadiah dari tim SINoALICE untuk memeriahkan musim liburan ini, Kejutan tahun baru yang juga bertepatan dengan 6 bulan mulainya SINoALICE Global, dan pembahruan stage! Menarik sekali, bukan? Setelah itu, ada giveaway shikishi bertandatangan seiyuu dari SINoALICE juga lho!  Audiens sangat antusias mengikuti event ini.

Sesi pun berlanjut dengan showcase berbagai merchandise dari Akiba Town Online, online store dari AFA Shop. Mulai dari T-Shirt, stiker set, dan ada gaming chair juga lho! Keren sekali! Acara dilanjutkan dengan Special Screening dari Cells at Work bersama Ash dan Rithe. Mereka berdiskusi dan bermain game tentang film dan karakter dari Cells at Work beserta beberapa merchandise yang bisa didapatkan saat screening. Mereka juga menyediakan giveaway untuk tiket special screening  juga lho! Namun  sayangnya, special screening ini hanya ditayangkan di Singapore.

Lalu, showcase artist pertama pun akhirnya dimulai! Artist yang pertama muncul adalah PelleK (dari WACAVA project) yang menayangkan lagu covernya yang berjudul “Catch the moment” dari LiSA. Kemudian ada showcase dari Burnout Syndromes yang membawakan lagu “Phoenix” yang merupakan lagu pembuka dari Haikyuu!!: To the Top. Kemudian dari Seven Billion Dots yang memberikan kesan mereka terhadap Singapore yang kemudian dilanjutkan dengan pemutaran lagu mereka yang berjudul 『Stay With Me』yang merupakan lagu pembuka dari Granblue Fantasy The Animation 2nd Season. Dan terakhir showcase dari the peggies dimana mereka berterima kasih kepada para pendengar diseluruh dunia serta keinginan mereka untuk ke Singapore. Setelah itu dilanjutkan dengan pemutaran rekaman konser lagu yang berjudul “Centimeter”.

Acara dilanjutkan dengan review oleh Rithe tentang PC Eksklusif yang dirakit oleh Typhoon Systems untuk AFA tahun ini yang keren dan unik! Juga ada beberapa review lain dari beberapa pengguna dan pembuat dari PC ini juga. Selanjutnya ada Singapore Quiz Challenge bersama Amaki Sally dari girl group 22/7, dimana Amaki Sally akan menebak berbagai hal seputar singapura bersama audiens. Acara dimulai dengan sedikit talk show mengenai pengalaman menariknya selama di Singapura yang dilanjutkan acara utama. Disediakan 4 pilihan dan jika benar Sally akan mendapatkan poin. Jika Sally mendapatkan minimal 5 poin, Sally bisa mendapatkan sesuatu yang dibuat di Singapura. Sally juga bisa mendapatkan bantuan untuk mengurangi jumlah pilihan dan menanyakan jawaban ke MC yang hanya bisa dipakai sekali. Selain Sally, audiens juga sangat antusias menjawab pertanyaan yang ditampilkan di layar. Sally mendapatkan 8 poin benar, jadi tentu saja ia berhak mendapatkan hadiahnya yaitu bento Chicken Rice. Namun sayangnya, Sally tidak bisa mendapatkannya karena kondisi yang tidak memungkinkan. Sayang sekali ya.

Sesi berikutnya dilanjutkan dengan showcase artist yang kedua yaitu 22/7 yang menampilkan single mereka yakni “ Kaze wa fuiteruka “. Kemudian dilanjutkan dengan COALAMODE yang memberikan impresi mereka tentang singapura yang kemudian dilanjutkan dengan pemutaran lagu yang berjudul “ Kachofugetsu “ . Selanjutnya ada showcase dari halca mengenai pendapatnya tentang singapura yang kemudian dilanjutkan dengan pemutaran lagu berjudul “ Kokuhaku bungee jump”. Kemudian diakhiri dengan showcase dari Tomori Kusunoki yang memberikan kesan mereka terhadap singapura dan diakhiri dengan pemutaran lagu berjudul “Hamidashimono”.

Sesi berikutnya adalah tentang tutorial face construction dari Artgerm, seorang artist, designer, illustrator, concept artist, creative director terkenal yang juga co-founder dari Imaginary Friends, sebuah studio illustrasi terkenal yang membuat berbagai desain untuk banyak industri film dan game di seluruh dunia. Ilustrasinya di deviantart sudah dilihat oleh lebih dari 50 juta kali dan 1 juta followers di sosial media. Ia juga sering muncul di TV, radio, dan berita juga lho! Dalam sesi ini, Artgerm berbagi tips dan trik dan menjawab berbagai pertanyaan dari audiens tentang cara mengkonstruksi wajah.

Lalu ada showcase artiste ketiga pun dimulai. Diawali dengan pesan dari Liyuu yang sangat ingin mengunjungi Singapore meskipun sebelumnya ia pernah datang sebagai cosplayer dan penampilan lagunya yang berjudul “Carpe Diem”. Lalu dilanjutkan dengan seiyuu dan artiste Ayaka Ohashi yang mengatakan bahwa ia merasakan kecintaan dan kebahagiaan fans Singapura dengan anime dan game dalam kunjungannya kesana beserta lagunya “START DASH”. Lalu ada Yui Ninomiya dengan  “Tsuranuite Yuutsu”, opening dari anime yang ia mainkan yang berjudul “Peter’s Grill and the Philosopher’s Time.” dimana lagunya sendiri mempunyai kesan keren dan “rock”. Artiste terahkir yang tampil pada sesi ini adalah May’n, langganan AFA Singapore yang tidak bisa tampil tahun ini karena kondisi yang tidak mendukung. Uniknya, May’n menampilkan tiga cuplikan lagu berbeda dari 3 album yang berbeda yaitu “I’m alright”, ”Sing of Dreams” dan “Syunmu”.

Acara berikutnya adalah kisah perjalanan di dunia cosplay bersama cosplayer Nekota Ashu dari Jepang dan Rithe dari Singapura. Pada sesi ini, Rithe bercosplay sebagai Gawr Gura dari Hololive EN dan Nekota Ashu bercosplay sebagai Kagami Sumika dari Muv-Luv. Di sesi ini para cosplayer akan menceritakan perjalanan mereka di dunia cosplay selama ini dan impresi mereka selama menjadi cosplayer.

Setelah itu Akiba Town Online kembali untuk mempromosikan merchandise dari AFA berupa LiSA merchandise, Gundam run dan juga Mask A raid dari AFA. Kemudian juga dilanjutkan dengan showcase dari produk Kotobukiya dimana mereka mempromosikan produk dari Kotobukiya berupa figure dari karakter anime. Dari Hakken! Online juga tidak lupa mempromosikan produk yang mereka miliki.

Showcase artiste yang ditunggu-tunggu pun dimulai dari DISH// dimana member DISH// memberikan pesan terima kasih kepada penonton yang telah mendengarkan lagu mereka dan keinginan mereka untuk mengunjungi Singapore nantinya.  Setelah itu, DISH// memperlihatkan rekaman konser yang telah dilakukan oleh mereka sebelumnya. Kemudian dilanjutkan dengan showcase dari Ryokuoushoku Shakai. mereka menceritakan pengalaman mereka selama berada di Singapore dan impresi mereka tentang Singapore. Sesi dilanjutkan dengan showcase dari Ami Sakaguchi yang memperkenalkan dirinya dan juga keinginan Ami Sakaguchi untuk mengunjungi Singapore. Pada sesi ini juga, Ami Sakaguchi memperkenalkan lagu barunya yang berjudul “Central” sebagai ending theme dari anime Boruto. Selanjutnya ada showcase dari YOASOBI yang diawali dengan pesan terima kasih kepada seluruh pendengar di seluruh dunia yang dilanjutkan dengan impresi-nya tentang Singapore. Pada sesi ini juga YOASOBI menampilkan lagu mereka yang pasti sudah tidak asing lagi di kuping kalian, yaitu “ Yoru ni Kakeru “.

Setelah showcase artist yang luarbiasa, acara dilanjutkan dengan special talkshow dari Paradox Live bersama Toshiyuki Toyonaga dan Shogo Yano. Paradox Live merupakan projek Hip-Hop hasil kolaborasi dari AVEX dengan GCrest yang memulai debutnya pada tanggal 2 februari tahun 2020 lalu. Menceritakan tentang masa depan dimana gerakan musik baru yaitu “Phantom Live” mendapatkan popularitas dari para anak muda. Para grup yang terdiri dari BAE, The Cat Whiskers, cozmez dan AKYR diundang ke dalam musik festival yang misterius, yaitu “ Paradox Live “. Pada sesi ini keduanya memperkenalkan peran mereka dari karakter yang mereka mainkan di Paradox Live. Dimulai dari Toshiyuki Toyonaga yang memerankan Nayuta Yatonokami dari cozmez. Pada unit cozmez diceritakan memiliki anggota berupa saudara kembar identik yakni Nayuta Yatonokami dan Kanata Yatonokami. Kemampuan unik yang dimiliki oleh cozmez adalah hip-hop nya yang dalam dan juga terkesan dark. Selanjutnya perkenalan peran karakter dari Shogo Yano yang memerankan Reo Maruyana dari grup Akan Yatsura atau AKYR. Akan Yatsura merupakan gangster beranggotakan lima orang yang menyanyikan lagu dengan lirik yang energik. Reo Maruyana memilkiki catchphrase nya sendiri yang berarti “ seorang rapper dengan ledakan emosi yang menjiwai “, dimana karakter tersebut merupakan seorang anak muda yang energik dan juga bersemangat dan dia juga orang yang sangat dekat dengan keluarga dan temannya. Setelah itu, mereka juga menjelaskan konsep dari desain karakter mereka masing-masing, sekaligus dengan menampilkan MV dari masing-masing grup dan juga memberikan impresi mereka terhadap MV tersebut.

Kemudian acara hari ini pun diselesaikan dengan sesi artiste showcase terahkir yang dimulai dari SPYAIR yang memgucapkan terima kasih kepada seluruh pendengar di seluruh dunia yang telah mendengarkan musiknya. Setelah itu, ditayangkan rekaman dari event yang bernama “JUST LIKE THIS“. Kemudian dilanjutkan dengan showcase dari BLUE ENCOUNT yang memberikan pendapatnya tentang keinginan untuk melakukan pertunjukan di Singapore, yang kemudian dilanjutkan dengan pemutaran lagu yang berjudul “Polaris” yang merupakan lagu pembuka dari seri Boku no Hero Academia season keempat. Artiste showcase selanjutnya adalah dari PELICAN FANCLUB yang memulai dengan pengenalan PELICAN FANCLUB dan impresi mereka tentang Singapore. Setelah itu dilanjutkan dengan pemutaran lagu yang berjudul “Desire”. Artiste showcase terahkir adalah FLOW yang memberikan impresi mereka tentang Singapore dan pengalaman mereka selama disana yang kemudian dilanjutkan dengan pemutaran rekaman dari Anime Shibari Returns dengan lagu mereka yang berjudul “「 Sign」”.

Terima kasih kepada pihak AFA karena menghadirkan event AFA Singapore Online 2020 yang sungguh meriah di suasana yang masih pandemi ini. Terima kasih juga kepada host-host dan guest star yang telah meramaikan hari pertama dari AFA Singapore Online 2020 ini. Sekian liputan dari kami, terima kasih sudah meluangkan waktu untuk membaca dan stay safe minna. Sampai jumpa lagi di artikel liputan Nippon Club yang berikutnya!

Penulis : TLC & Ririe

Editor : MiwMiw