Minna-san apa kabar! Di artikel kali ini, kita akan meliput tentang kegiatan AFA Singapore Online 2020 Hari Kedua yang dilaksanakan pada tanggal 6 Desember kemarin.  Sayang sekali karena situasi pandemi saat ini, acara AFA tidak bisa dilaksanakan secara offline seperti tahun-tahun sebelumnya, beberapa artis hanya dapat menampilkan video klip lagu mereka disertai dengan pesan-pesan singkat untuk para penggemar. Eits, tapi jangan khawatir! Acara AFA tahun ini tetap seru lho, simak sampai akhir yuk untuk tau keseruannya.

Di acara pertama, kita diajak untuk bermain bersama V-tuber (Virtual Youtuber) Hololive asal Indonesia yaitu Moona Hoshinova! Untuk yang belum tau, Moona merupakan salah satu dari V-tuber Hololive Indonesia yang pertama lho. Ia debut di tahun ini, tepatnya pada tanggal 11 April 2020 lalu. Permainan yang dimainkan adalah tebak judul anime bedasarkan foto lokasi di Jepang yang digunakan dalam anime tersebut. Oh iya, di permainan ini untuk dapat bepartisipasi, minna-san harus menonton melalui website resmi afa dan memberi komentar. Jika jawaban minna-san benar, kemungkinan bisa dapat hadiah giveaway lho.

Setelah itu acara dilanjutkan dengan wawancara eksklusif mengenai “Violet Evergarden The Movie” yang telah tayang pada 18 September lalu di Jepang, bersama direktur Taichi Ishidate dan komposer musik Evan Call. Diakhir wawancara singkat ini, mereka berpesan kalau saat menonton harus diperhatikan bahwa Movie ini merupakan final atau klimaks dari serial Violet Evergarden, dan akan ada banyak pesan yang bisa diambil. Karena movie ini sendiri belum tayang di Indonesia, jadi nantikan ya minna-san!

Bagi minna-san yang senang mengoleksi merchendise berbau anime, ada wawancara bersama general manager Hakken, yaitu perusahaan baru yang menyediakan berbagai merchendise anime berlisensi seperti figurin karakter anime berukuran asli. Hakken ini bisa diakses secara online dan sebentar lagi mereka juga akan membuka toko secara offline lho di Plaza Singapore.

Berikutnya ada Aimu Sora, seorang v-tuber dari Cybird dengan acara “Sora’s Senpai Club” yang juga biasa ia lakukan di channel youtube-nya, dimana kali ini merupakan edisi spesial dan ditemani dengan May’n. May’n (bernama asli Mei Nakabayashi) merupakan penyanyi terkenal dari negeri sakura yang sudah tampil di AFA Singapore sejak pertama kali diadakan pada 2008 lho. Karena itu acara “Sora’s Senpai Club” ini banyak membahas tentang pengalaman-pengalaman May’n sebagai penyanyi, terlebih tahun ini merupakan peringatan ke 15 tahunnya ia bekerja di bidang entertaiment.

Acara semakin meriah dengan sesi showcase artitste dengan artis-artis Jepang yang sudah tidak asing lagi di kalangan para penggemar anime. Sesi ini dibuka oleh Shiena Shinizawa, vokalis dalam grup musik EXiNA yang memberikan ceritanya pada saat berkunjung di Singapore. Vokalis EXiNA ini juga berharap ia dapat bertemu dengan penggemarnya sambil menyanyikan lagu bersama, selanjutnya sesi EXiNA ditutup dengan menampilkan video konser mereka yang diadakan beberapa tahun sebelumnya dengan lagu “Period”, dilanjutkan dengan penyanyi Anly yang menampilkan MV-nya yang berjudul “Kara no Kokoro”, Lozareena dengan lagu “Martionate”, dan Reona yang menampilkan MV opening SAO Alicitazion “Anima”.

Acara showcase artiste ini diselingi dengan acara interview para seiyuu yang mengisi suara dalam permainan online SINoAlice. Dimulai dari seiyuu Mao Ichimichi yang memberikan kesannya dalam memerankan Alice, ia merasa Alice yang ia perankan memiliki perasaan untuk terus hidup. Dilanjutkan dengan seiyuu Uchida Maaya yang memberikan kesan peran Gretel yang ia mainkan adalah sosok adik perempuan yang selalu memanggil “onii-chan” setiap saat, ia juga menambahkan ia menyukai karakter Gretel yang lebih ke tomboyish. Selanjutnya ada seiyuu Reina Ueda yang memerankan karakter Snow White, Reina-san memberi kesan Snow White adalah sosok yang sangat menegakkan keadilan dan memiliki perasaan yang rapuh. Acara interview ini ditutup dengan para seiyuu yang mempromosikan SINoAlice.

Sesi showcase artiste dilanjutkan kembali setelah beberapa promosi dilakukan. Acara dibuka dengan menampilkan artis yang sudah sangat dikenal penggemar Anime SAO, Eir Aoi. Eir Aoi memulai sesinya dengan memberikan kesannya pada pengunjung AFA Singaopore tahun sebelumnya yang dapat menyanyikan lagunya dengan sangat baik, sesi Eir Aoi diakhiri dengan menampilkan video konsernya dengan lagu “I will” yang merupakan OST Anime SAO Acitilization. Selanjutnya ada ASCA yang menampilan lagu “Howling”. Dilanjutkan dengan Miki Sato, dengan menampilkan konsernya dengan lagu “Na Mo Nai Hana” yang merupakan OST Anime Mahouka season 2. Pada sesi akhir showcase artiste ditampilkan dengan penyanyi yang sudah sangat dikenal penggemar Anime, LiSA. Pada sesi showcase artiste ini LiSA memberikan kesan dan pesan kepada para penggemarnya dan ditutup dengan menampilkan musiknya yang sedang naik daun saat ini, lagu yang menjadi OST Movie Kimetsu no Yaiba:Mugen no Train, yaitu “Homura”.

Sesi berikutnya dilanjutkan dengan sesi interview bersama Kaname-san, seorang cosplayer yang berasal dari Jepang. Tidak hanya interview, sesi dengan Kaname-san juga melakukan permainan dengan MC berupa tebak-tebakan nama tempat dengan melihat koordinat pada peta negara Singapore. Kaname-san harus dapat menebak nama tempat yang ditunjuk oleh MC secara tepat. Acara AFA Singapore 2020 ini, ditutup dengan sesi Party with Kaito Soji and Asaka. Pada sesi ini Kaito Soji dan Asaka memberikan kesan dan komentar mereka pada video konser yang dilakukan beberapa artis yang menyanyikan OST Anime.

Terima kasih kepada pihak AFA yang telah menyelenggarakan event AFA Singapore Online 2020 ini dengan meriah meskipun kita hanya dapat melakukannya secara online. Terima kasih juga kepada para MC, dan para bintang tamu yang telah menyempatkan diri menghadiri event AFA ini. Minna-san! Bisa dibayangkan bukan keseruan AFA Singapore Online 2020 ini? Semoga kita dapat menikmati event AFA selanjutnya secara offline setelah pandemi ini selesai ya. . . Sekian artikel liputan yang kami berikan, sampai jumpa di artikel berikutnya!

Penulis : Rika & Nao

Editor : MiwMiw