Uniqlo as a company has always developed new fabrics and always trying to be innovative. The design is simple, so the fabric is important – Nicola Formichetti

Siapa yang tidak tahu dengan fashion brand yang satu ini? Ya, semua orang tentu kenal dengan brand UNIQLO. Brand asal Jepang dengan nama asli Unique Clothing Warehouse. Pakaian-pakaian UNIQLO terkenal dengan bahan bakunya yang menarik, ringan, desainnya yang elegan, simple, namun tetap fashionable. Gerai UNIQLO tersebar di seluruh dunia, tidak terkecuali di Indonesia

Salah satu gerai Uniqlo di sudut kota Spitalfields, Timur London, United Kingdom

Ada 6 kalimat yang wajib diingat oleh seluruh karyawan dan harus diucapkan setiap kali bertemu dengan pelanggan toko. Kalimat-kalimat tersebut adalah:

1.     Halo, nama saya adalah (nama). Bagaimana kabar anda hari ini?

2.     Apakah anda sudah menemukan semua yang anda perlukan?

3.     Beritahu saya jika anda membutuhkan sesuatu. Nama saya adalah (nama).

4.     Terima kasih telah menunggu.

5.     Apakah anda sudah menemukan semua yang anda perlukan?

6.     Sampai jumpa, kami harap anda datang kembali.

Ya, ada dua kalimat yang sama. Kalimat “Apakah anda sudah menemukan semua yang anda perlukan?” tertera dua kali karena kalimat tersebut wajib, bahkan sering diucapkan kepada pembeli.

Bisa dilihat dari keenam kalimat yang wajib diingat dan diucapkan oleh para karyawan, UNIQLO mengutamakan kenyamanan pembeli. Bahkan setiap baju yang telah dicoba oleh pembeli di kamar ganti, tidak boleh langsung diletakkan di pajangan. Baju-baju tersebut harus dilipat kembali oleh karyawan, bahkan tidak jarang ada yang disetrika kembali. Sungguh pelayanan yang luar biasa yah?

Di masa pandemi ini, tentu saja kita semua kesusahan karena diwajibkan untuk isolasi atau karantina mandiri. Kita semua tidak boleh keluar rumah, wajib memakai masker, wajib menjaga jarak dan berbagai aturan lain yang dibuat untuk mengurangi jumlah pertambahan kasus COVID-19.

Salah satu layanan yang baru saja diluncurkan oleh UNIQLO Indonesia. di masa pandemi ini, tepatnya pada 11 Desember 2020 lalu adalah Shop From Home. Layanan belanja berskala nasional ini dapat diakses melalui situs resmi UNIQLO Indonesia. Strategi baru UNIQLO ini diluncurkan untuk menjawab kebutuhan pembeli akan UNIQLO LifeWear. Pembeli kini tidak perlu bersusah payah untuk datang ke gerai UNIQLO karena dapat menikmati pengalaman berbelanja langsung dari rumah.

“Peluncuran layanan Shop From Home ini merupakan komitmen dan kepedulian kami dalam menghadirkan kenyamanan bagi pelanggan di seluruh Indonesia. Sementara kami secara aktif sedang dalam proses membangun platform e-commerce yang kuat, kami berharap layanan Shop From Home ini dapat menjadi solusi dalam memenuhi kebutuhan para pelanggan atas produk LifeWear,” ungkap Naoki Kamogawa, Presiden Direktur PT Fast Retailing Indonesia.

Layanan Shop From Home ini adalah layanan belanja berbasis chat yang menggunakan platform LINE. Pelanggan kini bisa mendapatkan koleksi UNIQLO LifeWear melalui layanan ini meskipun berasal dari kota-kota yang saat ini belum terdapat gerai UNIQLO. Pengiriman untuk jarak <40KM dari area toko UNIQLO akan dilakukan dengan menggunakan jasa instant kurir dan produk LifeWear akan dikirimkan pada hari yang sama. Untuk pengiriman dengan jarak >40KM dari area toko UNIQLO, pelanggan dapat memilih opsi toko UNIQLO PIM yang melayani pengiriman ke seluruh Indonesia menggunakan jasa ekspedisi.

Shop From Home menerapkan langkah-langkah kontrol kualitas yang sangat ketat. Produk LifeWear yang dikirimkan dipastikan keamanan dan dilakukan tanpa kontak. Hal ini dilakukan untuk memastikan keamanan dan kenyamanan para pelanggan. Untuk langkah-langkah berbelanja dengan layanan Shop From Home dapat diakses melalui https://www.uniqlo.com/id/store/campaign/shopfromhome/.

Source:

dewimagazine, facebook UNIQLO Indonesia Official, buzzfeed, liputan6

Author: Aditchii

Editor: Epsilon