Konnichiwa Minna-san. あけましておめでとうございます みんなさん!Selamat Tahun Baru 2021!! Tidak terasa, kita sudah menginjak tahun yang baru. Semoga tahun 2021 kita semua menjadi pribadi yang lebih baik. Apakah Minna-san memiliki hobi makan? Kali ini kita akan membahas tentang salah satu kebiasaan unik Orang Jepang pada tahun baru yaitu makan dan terus makan sepanjang waktu.

Orang Jepang percaya bahwa memasak menggunakan tungku selama tiga hari pertama di tahun yang baru akan membawa nasib buruk. Oleh karena itu, mereka mempersiapkan makanan untuk tahun baru beberapa hari sebelumnya. Nama makanan tahun baru Orang Jepang dikenal dengan sebutan Osechi Ryouri (お節料理). Tradisi menyediakan dan memakan Osechi dimulai sejak periode Heian (794-1185) dan tetap ada hingga saat ini.

Osechi biasanya disimpan dalam kotak tiga tingkat yang disebut Jubako (受箱). Ketiga tingkat kotak itu berisi makanan dengan jenis yang berbeda-beda. Osechi pada awalnya hanya berisi sayuran yang direbus dengan cuka. Namun seiring perkembangan zaman yang semakin modern, berbagai jenis makanan mulai ditambahkan. Saat ini dalam satu set Osechiterdapat setidaknya dua puluh satu jenis makanan. Setiap jenis makanan di dalam Osechi memiliki makna.

Ke dua puluh satu jenis makanan tersebut adalah:

  1. Sweet Rolled Omelet (Datemaki) 伊達巻
  2. Candied Chestnut and Sweet Potatoes (Kuri Kinton) 栗きんとん
  3. Candied Sardines (Tazukuri) 田作り
  4. Sweet Black Soybeans (Kuromame) 黒豆
  5. Herring Roe (Kazunoko) 数の子
  6. Daikon and Carrot Salad (Namasu) 紅白なます
  7. Pickled Chrysantemum Turnip (Kikka Kabu) 菊花かぶ
  8. Pickled Lotus Root (Su Renkon) 酢れんこん
  9. Pounded Burdock Root with Sesame Sauce (Tataki Gobo) たたきごぼう
  10. Simmerred Chicken and Vegetables (Chikuzenni) 筑前煮
  11. Instant Pot Nishime (Nishime)煮しめ
  12. Simmered Shrimp (Ebi no Umani) えびのうま煮
  13. Salmon Kombu Roll (Kobumaki) 鮭の昆布巻き
  14. Yellowtail Teriyaki (Buri no Teriyaki) ぶりの照り焼き
  15. Decorative Fish Cakes (Kamaboko) かまぼこ飾り切り
  16. Kamaboko Fish Cake with Salmon Roe (Kamaboko Ikura no Se) 蒲鉾いくらのせ
  17. Kanto-style Ozoni (New Year’s Soup) 関東風お雑煮
  18. Kansai-style Ozoni(New Year’s Soup)関西風お雑煮
  19. Fresh Homemade Mochi (Mochi)お餅の作り方
  20. Japanese Rice Cake (Mochi) お餅各種
  21. Sweet Red Bean Paste (Anko) 餡子

Berbagai jenis makanan tersebut dipercaya dapat mendatangkan nasib baik, kesehatan, umur panjang, kekayaan, kebahagiaan bahkan jodoh. Bahan-bahan yang digunakan untuk membuat Osechi pun sangat beragam, yaitu; beras ketan, beras, kacang merah, ikan salmon, ayam, mustard Jepang, bayam, daun shiso, telur ikan salmon, fish-cake, udang, akar teratai, telur dan lain-lain. Pembuatan Osechi di setiap rumah ketika tahun baru masih terkenal hingga saat ini. Namun karena waktu pembuatannya yang lama dan prosesnya yang rumit, tidak sedikit juga keluarga yang membeli Osechi di department store walaupun harganya mahal.

Salah satu kebiasaan lain Orang Jepang ketika tahun baru adalah meminum sake. Sake yang diminum ketika tahun baru terbilang “spesial”. Nama sake tersebut adalah Toso-Sake (屠蘇酒). Toso terbuat dari akar-akar tanaman herbal yang diramu dengan rempah-rempah. Meminum Toso dipercaya oleh Orang Jepang dapat membersihkan diri dari segala nasib buruk yang tersisa dari tahun sebelumnya.

Tradisi meminum Toso juga dipercaya dapat mendatangkan kesehatan yang baik serta umur panjang. Ritual meminum Toso dilakukan pada tanggal 1 Januari pagi hari oleh seluruh anggota keluarga. Piring untuk meminum Tosoagak berbeda dengan piring sake pada umumnya. Piring Toso terdiri dari piring sake yang ditumpuk menjadi tiga.

Sekian untuk artikel kali ini. Sekali lagi, Selamat Tahun Baru 2021 Minna san! Mohon bantuannya di tahun yang baru ini. Sampai jumpa di artikel Nippon Club selanjutnya!!

Source: theculturetrip, justonecookbook,  tokyoweekender,  sake-world,

Author: Aditchii

Editor: NvM