Twice dan K-pop, banyak dari kalian pasti sudah tidak asing lagi dengan kedua kata ini. Bagi para penyukanya, idol asal Korea Selatan seperti Twice sudah menjadi hobi dan ikon tersendiri. Nah, kali ini kita akan memperkenalkan adik dari Twice yang berasal dari Jepang nih. Namanya adalah “NiziU” yang semua anggotanya adalah orang Jepang.

NiziU adalah girlband yang terbentuk dalam naungan JYP Entertaiment, agensi yang sama dengan Twice. NiziU terbentuk melalui audisi bertema survivalyang ditayangkan di TV Jepang dan Youtube, bernama Nizi project. Penayangan audisi ini dibagi menjadi 2 season, dimana season pertama menayangkan audisi para calon trainee. Sementara, season kedua menayangkan pelatihan  para trainee selama 6 bulan.

NiziU melakukan pradebut pada 30 Juni 2020 untuk wilayah Jepang dan 1 Juli 2020 secara internasional. Bersamaan dengan pradebut tersebut, NiziU mengeluarkan mini album dengan judul “Make You Happy”. Mereka pun debut secara resmi pada tanggal 2 Desember 2020 dengan single berjudul “Step and a Step”.

Setelah kita mengenal NiziU secara umum, sekarang kita akan berkenalan dengan semua anggotanya satu persatu.

1. Yamaguchi Mako, atau biasa dipanggil Mako lahir pada 4 Juni 2001, bergabung dengan JYP pada Februari 2017. Dia mempunyai official color (warna official dari JYP Ent.) berupa warna merah.

2. Hanabashi Rio atau Rio lahir pada 4 Februari 2002, di perfektur Aichi, Nagoya. Rio diberikan official colorberwarna indigo.

3. Kasumura Maya atau Maya lahir pada 8 April 2002, di perfektur Ishikawa, Hakusan. Maya memiliki official color berwarna orange.

4. Oke Riku, kelahiran 26 Oktober 2002, di Kyoto, Jepang. Riku bisa berbicara dengan dialek Kansai dan memiliki official color berwarna hijau.

5. Arai Ayaka atau Ayaka lahir pada 20 Juni 2003, di Tokyo, Jepang. Ayaka di drop out dari sekolahnya untuk bisa mengikuti Nizi Project. Official color Ayaka adalah ungu.

6. Ogoh Mayuka, gadis kelahiran 13 November 2003. di perfektur Kyoto, Jepang. Mayuka pergi ke sekolah  yang sama dengan Momo dari Twice. Official color Mayuka adalah kuning.

7. Yokoi Rima, atau Rima lahir pada 26 Maret 2004. Sama seperti Ayaka, Rima juga di DO dari sekolahnya untuk mengikuti Nizi Project. Official colornya adalah warna teal.

8. Suzuni Miihi, lahir pada 12 Agustus 2004, di Kyoto, Jepang. Miihi menjadi trainee bersama Mako dan Rima. Official color Miihi adalah biru.

9. Nina Makino Hillman, lahir pada 27 Februari 2005, di Washington, USA. Ayahnya adalah orang Amerika dan Ibunya adalah orang Jepang. Nina memiliki official color yaitu warna magenta.

NiziU secara keseluruhan memang sangat mirip dengan kakaknya yakni Twice, mulai dari konsep, genre musik, dan lainnya. Bahkan jumlah anggotanya pun sama loh, yaitu 9 orang. NiziU memang tidak bisa disebut sebagai girlbandyang sepenuhnya berasal dari Jepang meskipun seluruh anggotanya adalah orang Jepang. Kenapa? Tentunya karena NiziU berada dibawah naungan JYP Entertaiment yang berasal dari Korea Selatan.

Meskipun terhitung sebagai girlband asal Korea Selatan, NiziU tetap membawakan lagunya dalam bahasa Jepang. NiziU juga tetap berkarir dan berkompetisi di dunia musik Jepang. Oleh sebab itu, kita tidak akan menemukan NiziU pada acara promosi musik di Korea Selatan. Keunikan inilah yang menjadi daya saing terbesar dari NiziU dibanding dengan girlband atau idol yang lainnya.

Bersamaan dengan debutnya, NiziU menerima sambutan yang baik dan dengan cepat menarik banyak fans. Namun, tidak bisa dipungkiri jika NiziU sangat atau bahkan terlalu mirip dengan kakaknya Twice. Tentunya JYP Entertaimentjuga ingin melangkah secara aman karena NiziU adalah project pertama dalam usaha “go international” mereka. Kita hanya bisa berharap untuk kedepannya, NiziU akan menemukan ciri tersendiri yang akan memperjelas perbedaannya dengan Twice kakaknya.

Sekian untuk artikel mengenai NiziU, adiknya dari Twicekali ini. Semoga artikel ini bisa memperluas pengetahuan kita semua. Yonde Kurete Arigato Gozaimasu!

Sumber : kprofiles, Wikipedia

Author : Floyd

Editor : TLC