Hai Minna-san! Semoga kabar kalian semua baik ya. Di artikel kali ini kita akan membahas grup J-Pop, Yoasobi. Mungkin nama ini tidak asing bagi minna-san yang menyukai J-Pop, karena memang pada tahun 2020 lalu grup ini tiba-tiba mendapat banyak lampu sorot di dunia permusikan Jepang. Jadi, siapa sebenarnya YOASOBI ini?

Ikura dan Ayase

Yoasobi merupakan grup J-Pop duo dibawah agensi Sony Music Entertaiment. Anggotanya yaitu Ayase (bukan nama sebenarnya) sebagai Produser dan Ikura atau Rira Ikuta sebagai Vokalis, mereka debut pada tahun 2019. Keduanya bukanlah orang baru dalam industri musik Jepang. Ayase sebelumnya bekerja sebagai salah satu produser musik untuk Idola Virtual  bersuara sintesis yang lebih dikenal sebagai Vocaloid. Sementara itu untuk Ikura, masih dalam bidang yang sama, ia merupakan penyanyi yang telah merilis 2 album yaitu Rerise pada 2017 dan Jukebox pada 2019. Awal nama Ikura banyak dikenali dikarenakan ia merupakan salah satu anggota dari Plusonica, yaitu suatu channel Youtube berisikan kumpulan artist yang seringkali meng-cover lagu Jepang.

Lagu-lagu yang dirilis Yoasobi begitu khas karena isinya seperti bercerita namun dengan menggunakan lagu. Seperti lagu pertama dan tersukses mereka yaitu Yoru ni Kakeru, kisahnya diambil dari novel Thanatos no Yuwaku karya Mayo Hoshino yang bercerita tentang pasangan yang bunuh diri bersama. Menariknya, kalau minna-san tidak menguasai bahasa Jepang, mungkin akan terkejut dengan makna tersebut karena lagunya dibawakan dengan melodi yang  menyenangkan. Lagu-lagu yang mereka rilis setelahnya pun diangkat dari beragam cerita pendek yang dirilis pada website Monogatary milik Sony Music  Entertaiment.

Meskipun debut pada tahun 2019, nama YOASOBI baru banyak dikenali banyak orang pada tahun 2020. Lagu Yoru ni Kakeru yang rilis pada November 2019, baru meraih banyak audiens pada pertengahan tahun 2020. Ini dikarenakan lagunya berkembang perlahan dalam Youtube. Selain itu juga pada Mei 2020, di channel THE FIRST TAKE, diunggah video Ikura yang menyanyikan lagu Yoru ni Kakeru dalam satu kali perekaman langsung, yang tentu membuat talenta nya begitu bersinar dan menarik perhatian banyak orang. Video yang sekarang sudah mendapat lebih dari 80 juta views itu hanya memerlukan beberapa minggu setelah rilis hingga membuat nama Yoasobi populer seperti sekarang.

Cover Single Yoasobi

Hingga saat ini, Yoasobi telah merilis 8 lagu single. Yoru ni Kakeru pada 2019, Ano Yume o Nazotte, Halzion, Tabun, Gunjou, dan Encore pada 2020. Kemudian terdapat Kaibutsu dan Yasashii Yuusei pada 2021. Lagu yang dirilis pada 2020 dan 2019 telah digabungkan ke dalam satu album yang diberi judul The Bookpada tanggal 6 Januari 2021. Selain itu, untuk lagu Kaibutsu dan Yasashii Yuusei, keduanya dijadikan lagu pembuka dan penutup untuk anime Beastars Season 2 yang sedang tayang musim ini.

Bagaimana minna-san? Apa kalian jadi tertarik dengan grup duo yang satu ini? Jika iya, harap berhati-hati karena lagu mereka bisa menjadi sangat adiktif untuk didengarkan. Sekian dari artikel kali ini, sehat selalu ya minna-san. Sampai jumpa di artikel lainnya!

Author: Nao

Editor: Rra

Source:

How YOASOBI Became 2020's Breakout Japanese Act With 'Racing Into The Night' – OTAQUEST

Mengenal Grup Musik Yoasobi – Pers Mahasiswa Media Pijar | Pelita Insan Terpelajar