Mihoyo selaku developer dari game bertema open-world RPG, Genshin Impact melakukan livestream di Youtube pada 22 Januari 2021 kemarin. Isi dari livestream tersebut tidak lain adalah mengenai update 1.3 dan bocorannya. Update kali ini mungkin menjadi update yang paling ditunggu oleh para player sejauh ini, bahkan sebelum bocoran dari Mihoyo. Hal ini karena hype terhadap salah satu karakter yang akan keluar pada update 1.3 ini, siapa lagi kalau bukan Xiao.

Xiao telah mendapat banyak perhatian dari para player semenjak story Liyue keluar pada update 1.1. Xiao mendapatkan lebih banyak perhatian lagi ketika leaks karakternya beredar di Youtube. Selain Xiao, ada karakter lainnya yang menarik perhatian para player yaitu HuTao dikarenakan pengisi suaranya adalah Rie Takahashi. Kedua karakter ini disambut dengan sangat baik oleh para player meskipun informasi tentang mereka masih terbatas dan simpang siur.

Kali ini kita akan membahas garis besar dari livestream Mihoyo kemarin. Kita semua pasti penasaran apakah kedua karakter tersebut, Xiao dan HuTao akan keluar pada update 1.3 ini atau tidak. Kita juga konten apa saja yang akan disediakan pada update kali ini. Namun perlu diingat meskipun pembahasan ini didasarkan pada informasi resmi dari Mihoyo, bukan berarti  tidak akan terjadi perubahan.

Konten pertama yang akan tersedia pada update kali ini adalah event Lantern Rite Festival. Pada event ini kita akan mendapatkan story dan quest untuk memburu monster Geovishap berjenis baru disekitar Liyue dan mengklaim berbagai hadiah.

Konten kedua dan yang paling ditunggu adalah kehadiran trailer dan gameplay Xiao pada livestream Mihoyo.Gameplay dan trailer yang ditayangkan oleh Mihoyo tidak begitu jauh dari berbagai bocoran yang sudah beredar. Namun yang disayangkan adalah beberapa nerf yang diterima oleh Xiao. Seperti pada story Liyue, Xiao adalah salah satu dari Adeptus Liyue, bawahan dari Rex Lapis.

Xiao adalah pengguna polearm dengan vision anemo. Voice actor Jepang dari Xiao adalah Yoshitsugu Matsuoka. Beberapa dari kita mungkin mengenalnya sebagai voice actor dari berbagai anime seperti Kirito dari Sword Art Online, Soma dari Shokugeki no Soma, dan Inosuke dari Demon Slayer. Xiao akan menjadi banner pertama yang datang pada update 1.3.

Banner kedua yang akan datang adalah Keqing. Ya, banner Keqing yang berarti berita buruk bagi para fans Hutao, karena seperti yang kita tahu pada satu kali update Genshin Impact hanya akan ada dua banner dan dua karakter bintang 5. Pada livestream kemarin, Hutao memang tidak disebutkan sama sekali dan justru banner Keqing disebutkan sebagai banner kedua. Beberapa fans berspekulasi hal ini dikarenakan adanya tahun baru China dan pada tahun baru China hal-hal yang berbau penguburan dinilai akan membawa hal buruk. Hutao yang notabene memiliki tema pemakaman sebagai tema karakternya, dinilai akan ikut membawa hal buruk juga.

Meskipun mengecewakan, kita sebagai player hanya bisa menerimanya dan mengambil sisi positif dari pengunduran perilisan Hutao. Apalagi bagi para pemain Free To Play, kita diberikan lebih banyak waktu untuk menabung primogem. Konten ketiga yang akan muncul pada update 1.3 adalah minigame tower defense bernama “Theater Mechanicus”. Minigame ini mirip seperti board game, dimana player bisa membeli tower defense dan mengalahkan monster.

Event Lantern Rite Festival dan story quest Xiao.

Xiao akan mendapatkan story quest yang bisa dibuka para player pada adventure rank 32.  Pada event Lantern Rite Festival, akan fokus pada karakter Xiao ini juga. Story event Lantern Rite Festival akan terbuka bagi para player yang telah mencapai adventure rank 23. Bagi para player yang belum mencapai adventure rank 23 disarankan untuk menaikan level sebelum event berakhir. Ketika event ini berakhir, story dari event Lantern Rite Festival tidak akan bisa dilihat lagi.

Event Lantern Rite Festival bisa dikatakan sebagai tahun baru China versi Liyue. Selain berfokus pada Xiao, player akan bisa menikmati cinematic scene dan hype dari tahun baru China didalam game Genshin Impact. Pada event ini juga player akan mendapatkan bounty untuk memburu monster vishaps jenis baru dan menerima 10 Intertwined Fatedan kurang lebih 1600 primogem sepanjang event berlangsung.

Selain event dengan total 20 wish tersebut, para player akan bisa memilih 1 dari 6 karakter dari Liyue. Karakter-karakter tersebut adalah Xiangling, Xinyan, Beidou, Ningguang, Xingqiu, dan Chongyun. Setelah event Lantern Rite Festival berakhir, berbagai event lainnya yang juga akan ikut menghibur para player. Salah satunya adalah “leyline overflow” dimana para player bisa menerima hadiah dua kali lipat dari leyline maksimal 3 kali sehari.

Perubahan yang akan datang pada update 1.3

Perubahan yang dibawa oleh Genshin Impact kali ini adalah kabar bahagia bagi para player Zhongli. Pada update 1.3 ini, Zhongli akan mendapatkan berbagai buff dan penyesuaian karakter. Perubahan dan buff ini dikarenakan banyaknya playeryang kecewa dengan kemunculan Zhongli pada Bulan Desember kemarin.

Buff yang akan didapatkan oleh Zhongli terbilang sangat banyak, beberapa diantaranya adalah plunging attack damage akan meningkat 1.39 % dari HP maksimal Zhongli. Elemental skill damage meningkat 1.9 % dari HP maksimal Zhongli. Efek hold dari elemental skill juga akan memunculkan stone stele selama jumlah maksimal stele belum tercapai dan juga resistansi terhadap gangguan pada elemental skill akan naik secara drastis.

Buff terakhir dan yang paling parah adalah, hold efek (Jade Shield) dari elemental skill akan mengurangi resistansi elemental dan physical musuh dalam area. Selain buff untuk Zhongli, perubahan lainnya yang akan datang adalah, arsip untuk mahluk hidup di dalam game. Dimana player akan bisa melihat monster dan hewan apa saja yang sudah ditemukan di dalam game. Perubahan yang terakhir adalah munculnya item bernama “Dust Of Azoth” yang dapat mengubah elemen item ascension yang berasal dari elite boss.

Sekian untuk artikel bocoran update 1.3 Genshin Impact kali ini. Untuk informasi yang lebih rinci, kalian bisa menonton livestream resmi dari Mihoyo di Youtube ataupun menunggu update 1.3 yang direncanakan datang pada tanggal 2 atau 3 Februari 2021. Yonde Kurete Arigato Gozaimasu!

Author             : Floyd

Editor              : Aditchii