Halo minna-san! Bagaimana kabarnya? Semoga minna-san tetap sehat. Artikel kali ini akan membahas tentang Utaite yang sangat terkenal yaitu Eve! Tapi, sebelum itu, apakah minna-san sudah tahu apa arti dari Utaite? Yup, Utaite adalah sebuah istilah bagi seseorang yang melakukan cover pada lagu Vocaloid, Anisong, lagu game atau J-pop di Nico Nico Douga dengan kategori utattemita. Utaite juga sering disebut dengan Nico Nico Douga Singer / Nico Singer (Nico Singer). Karya Eve yang sedang booming sekarang yaitu lagu buatannya yang dijadikan opening anime Jujutsu Kaisen, yang telah ditonton lebih dari 63 juta tayangan dalam waktu singkat di YouTube. Penasaran apa saja info-info menarik tentang Eve? Yuk, simak artikel kali ini!

Eve (い ぶ), seorang pria yang dikenal sebagai Keitora (け い と ら) dan Kurowa (ク ロ わ) yaitu seorang utayang dikenal dengan suaranya yang khas bernada tinggi dan kekanak-kanakan, selain itu, nadanya juga agak sengau dengan pembawaan yang lembut. Suara Eve biasanya digambarkan seperti shota-like atau "cute". Namun, Eve sendiri juga bisa bernyanyi dengan teknik bernyanyi yang lebih kasar, seperti yang terlihat di bagian cover "Headphone Actor" Nv.gif. Eve biasanya beryanyi dengan suara mid-range yang lebih dalam, tetapi ia cenderung mengganti jangkauan nadanya ke jangkauan nada yang sedikit lebih tinggi bila diperlukan, seperti di cover-nya pada lagu "Nakimushi Robot" Nv.gif.

Eve pertama kali mengunggah cover lagunya pada bulan April 2009 saat ia berusia 13 tahun, namun cover pertamanya sebagai "Eve", "TRAGIC BOY" Nv.gif, diunggah pada Oktober 2009. Sebelum menggunakan nama “Eve”, awalnya ia menggunakan dua nama yang berbeda yaitu Kurowa dan Keitora, sebelum akhirnya menetapkan namanya sebagai “Eve” hingga saat ini. Sebagian besar sampulnya dari tahun 2009 telah dihapus dari tontonan publik atau disetel secara pribadi, hal itu tentunya terdengar agak ganjil.

Meskipun Eve sendiri lebih sering menyanyikan lagu-lagu Vocaloid dari berbagai genre, dia juga dikenal sebagai penggemar indie dan folk rock. Eve beberapa kali meng-cover lagu-lagu dari band Galileo Galilei dan RADWIMPS. Selain meng-cover lagu, Eve sendiri adalah salah satu penyanyi utama atau mantan vokalis band indieJepang, yaitu Einie, bersama Natsushiro Takaaki. Dia juga membuat lagu dan menulis lirik untuk band. Selain berperan dalam bidang vokal, Eve juga pandai memainkan gitar akustik dan beberapa kali mengiringi nyanyiannya dengan aransemen akustiknya sendiri. Contohnya adalah saat ia melakukan cover dari lagu RADWIMPS "37458" Nv.gif. Selain itu ia juga pernah berperan sebagai gitaris tambahan di beberapa lagu Eine.

Nah, membahas tentang talenta Eve, tidak hanya  berbakat menulis lagu dan melakukan cover saja, tapi Eve pernah berpartisipasi dalam beberapa acara sejak debutnya. Ia pernah tampil di sejumlah besar majalah utaite-sentris, Utattemita no Hon dan 2.5 Song MATE. Eve juga pernah bekerja sebagai seiyuu tamu di anime Mecha-Ude. Dia juga pernah menjadi seorang cameo sebagai teman sekelas salah satu tokoh protagonis. Eve juga dikenal sebagai pencipta manga Kara no Kioku yang sedang berlangsung, ia  menampilkan beberapa karakter dari MV-nya seperti Tobi, Noppo, dan Hitotsume. Eve adalah seorang pria yang multitalenta bukan?

Beberapa lagu yang direkomendasikan untuk minna-san yaitu:

1.     “Leo”- Smile (2020)

2.     “Baumkuchen End” - Smile (2020)

3.     “Outsider” - Otogi (2019)

4.     “Bokura Mada Underground” - Otogi (2019)

5.     “Rabbit Gray” - OFFICIAL NUMBER (2019)

6.     “Ano Ko Secret” - Bunka (2017)

7.     “Kokoro Yoho” – Smile (2020)

8.     “Raison D’etre” – Smile (2020)

9.     “Yamiyo” – Smile (2020)

10.  “Oki ni Mesu mama” – Bunka (2017)

11.  “Dramaturgy” – Bunka (2017)

12.   “Inochi no Tabekata” – Smile (2020)

13.  “Last Dance” – Otogi (2019)

14.  “Nonsense Bungaku” – Bunka (2017)

15.  “Tokyo Ghetto” – Otogi (2019)

Demikian artikel kali ini minna-san, semoga artikel ini bisa menghibur minna-san saat mengisi kebosanan pada masa pandemi ini.

Source:

youtube, https://en.wikipedia.org/wiki/Eve_(Japanese_singer)#Music_videos, utaite

Penulis: Epsilon

Editor: Aditchii