Halo minna-san, kembali lagi di liputan Nippon Club. Kali ini kami berkesempatan untuk meliput debut dari sebuah program yang baru saja disiarkan secara langsung pada tanggal 6 maret kemarin, yaitu AFA Station TV. Penasaran dengan bagaimana program yang mereka sajikan? yuk disimak artikelnya.

Acara ini dibawakan oleh seseorang yang tidak asing lagi bagi penonton AFA Station, yaitu Reiko.Reiko memulai acara dengan menyampaikan topik-topik headline yang akan dibahas pada AFA Station TV kali ini, dan topik headline pertama yang akan disampaikan adalah “Apa itu AFA STATION TV”. Reiko menjelaskan bahwa AFA Station TV merupakan siaran bulanan dari AFA yang memberikan topik bulanan tentang dunia kultur pop Jepang dan juga berfungsi sebagai tempat pemasaran produk pop kultur Jepang.

Selanjutnya Reiko memberikan topik tentang anime yang akan keluar di bulan april beserta hari keluarnya. Beberapa anime yang akan tayang bulan April nanti berupa My Hero Academia Season 5, Zombie Land Saga Revenge, dan juga Bakuten!!. Selain itu ada beberapa anime yang belum memiliki jadwal keluar yang pasti kapan akan diluncurkan. Topik selanjutnya menjelaskan perilisan film dari anime yang akan tayang di bioskop mulai dari Natsume Yujin-cho hingga Fate Grand Order the Movie : Divine Realm of the Round Table “Camelot”.

Selanjutnya, topik yang akan dibahas adalah tentang informasi di dunia game yang menjelaskan promo bulanan yang akan didapat dari langganan Playstation Plus. Bagi pengguna Playstation 4 bisa mendapatkan game gratis berupa Final Fantasy VII Remake, Farpoint, dan Knack II sedangkan untuk pengguna Playstation 5 bisa mendapatkan Maquette secara gratis. Setelah itu, dilanjutkan dengan topik berita dari dunia musik J-pop dimana SPYAIR dan Ikimonogakari merilis album mereka di akhir bulan, hingga berita dimana LiSA akan melakukan konser melalui media streaming dan Hinatazaka46 yang juga akan melakukan konser ulang tahun keduanya melalui media streaming.

Topik selanjutnya adalah informasi mengenaiproduk merchandise yang dijual pada AFASHOP. Produk yang dipromosikan kali ini salah satunya berupa sebuah plushies dari Tsukumo yang berkolaborasi dengan agensi Virtual Youtuber yaitu Hololive. Setelah menyampaikan produk merchandise apa saja yang dijual di AFASHOP, sampailah kita pada akhir headline yang dimana ada hal menarik yang akan disampaikan di akhir headline. Pada sesi akhir dari headline ini,kita diberikan pesan video oleh Agency for Cultural Affairs dari pemerintahan Jepang bersama dengan Direktorat Jendral Kekayaan Intelektual Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia dan juga dari Content Overseas Distribution Association untuk selalu menjaga dan menghormati hak cipta dari karya yang dibuat. Pada video yang disampaikan juga memiliki teks berbahasa Indonesia agar para penonton dari Indonesia dapat memahami isi video tersebut.

Setelah penyampaian headline yang dilakukan oleh Reiko, program selanjutnya dilanjutkan dengan Artiste of the month yang dibawakan oleh Goofy dan juga Ash. Bagian ini dimulai dengan sambutan dari sebuah band yang sudah tidak asing bagi kalian yang suka dengan lagu Blue Bird, yaitu Ikimonogakari. Pada bagian ini, Ikimonogakari diberikan berbagai pertanyaan mengenai dirinya mulai dari pengenalan hingga pesan untuk para penggemarnya di seluruh dunia. Sesi pengenalan dari ikimonogakari ini diakhiri dengan pemutaran preview dari lagunya yang berjudul WHO?. Artiste of the month berikutnya adalah penyanyi yang sudah sering menyanyikan lagu untuk banyak anime yaitu LiSA. Sama seperti Ikimonogakari, LiSA diberi berbagai pertanyaan yang kemudian dijawab olehnya. Pada akhir sesi, LiSA mempromosikan konser terbarunya juga yang akan dimulai pada tanggal 14 Maret tahun 2021 nanti.

Progam berikutnya dilanjutkan dengan pembahasan mengenai event Anime Japan 2021 yang akan diselenggarakan secara online nantinya. Pada program ini dijelaskan berbagai detail dari event Anime Japan 2021 nanti seperti tanggal acaranya yang dimulai pada tanggal 27 Maret dan 28 Maret dan juga harga tiket untuk setiap tanggal tersebut sebesar 3,200 yen dan untuk pembelian tiket 2 pada tanggal tersebut dikenakan biaya sebesar 6,100 yen. Anime Japan 2021 ini akan dibagi menjadi tiga stage utama yaitu Red Stage, Blue Stage, dan Green Stage dengan satu stage tambahan yaitu Studio stage.

Untuk sesi terakhir dibawakan oleh Ash yang ditemani dengan dua tamu yang merupakan seorang Virtual Youtuber dari Nijisanji ID, yaitu Bonnivier Pranaja dan Hana Macchia. Pada sesi ini, Hana dan Bonnivier diuji pengetahuannya dengan berbagai referensi anime yang mereka kenal melalui berbagai gambar di dunia nyata yang pernah direferensikan ke dalam suatu anime. Pada sesi ini juga diperkenalkan berbagai tempat menarik di Jepang yang cocok dijadikan destinasi wisata. Sesi ini diakhiri dengan pengenalan Nijisanji ID dan juga layanan untuk mempromosikan melawan pembajakan.

Terima kasih kepada staff yang sudah menyajikan program baru yang bernama AFA Station TV ini kepada kita. Semoga dengan adanya program AFA Station TV ini di setiap bulannya, bisa membuat orang-orang mendapatkan informasi mengenai dunia kultur pop Jepang lebih jauh lagi. Sekian artikel liputan mengenai AFA Station TV, semoga dapat menghibur minna-san!

Author : Ririe
Editor  : MiwMiw