Artikel ini berisi opini dari penulis

Siapa sih yang tidak suka jalan-jalan? Apalagi jalan-jalan ke luar negeri. Terkadang kita menemui kendala ketika mengurus persiapan untuk bepergian ke luar negeri. Surat tes kesehatan, paspor, surat izin, pasfoto, dan visa adalah beberapa hal yang perlu disiapkan untuk bepergian ke luar negeri. Mengurus visa perjalanan adalah salah satu kegiatan dengan durasi yang sangat lama, bahkan tidak jarang ada yang visanya ditolak.

Tahukah minna-san bahwa paspor Jepang adalah paspor terkuat di dunia? Paspor Jepang menawarkan mobilitas tertinggi dan memungkinkan pemegangnya untuk bepergian ke 191 negara tanpa perlu mengurus visa. Jepang telah menduduki posisi terkuat paspor seluruh dunia selama tiga tahun berturut-turut menurut Indeks Henley. Indeks Paspor Henley sendiri pertama kali diluncurkan pada tahun 2006. Mereka adalah salah satu peringkat terdepan dari dokumen perjalanan negara, yang menentukan kekuatannya berdasarkan jumlah tujuan yang dapat dikunjungi pemegang paspor tanpa visa atau dengan mendapatkan visa pada saat kedatangan.

Peringkat 10 besar tahun ini adalah sebagai berikut:

  1. Jepang—191
  2. Singapura—190
  3. Jerman dan Korea selatan—189
  4. Finlandia, Italia, Luksemburg, dan Spanyol—188
  5. Austria dan Denmark—187
  6. Perancis, Irlandia, Belanda, Portugal, dan Swedia—186
  7. Belgia, Selandia Baru, Norwegia, Swiss, Inggris, dan Amerika Serikat—185
  8. Australia, Republik Ceko, Yunani, dan Malta—184
  9. Kanada—183
  10. Hongaria—182

Alasan dari mengapa Jepang bisa menempati posisi pertama dapat dikaitkan dengan banyak hal. Pertama adalah orang Jepang yang terbiasa untuk kembali ke negara asal mereka karena rasa cinta tanah air yang kuat. Kedua adalah rasa cinta akan kebudayaan sendiri yang sangat kuat, sehingga tinggal di luar negeri akan membuat mereka tidak merasa nyaman.

Hal yang terakhir dan mungkin bersifat sensitif adalah Pemerintah Jepang telah banyak memberikan bantuan ke negara-negara berkembang sejak akhir tahun 70-an hingga saat ini. Hal tersebut membuat Jepang memiliki hubungan yang baik dengan banyak negara. Berbeda dengan beberapa negara, Jepang tidak memiliki masalah hubungan apapun dengan negara-negara di bagian Timur Tengah.

Dengan adanya beberapa poin di atas, orang Jepang dipercaya untuk kembali ke negara asalnya, daripada tinggal secara ilegal. Oleh karena itu, kantor urusan luar negeri memberikan akses bebas visa ke negara mereka kepada Jepang. Wah sungguh beruntung ya, bagi para pemegang paspor Jepang!

Tentu saja ada beberapa faktor lain selain beberapa hal di atas yang mempengaruhi peringkat Jepang saat ini. Semenjak pandemi COVID-19 menyerang pada tahun 2020 lalu, beberapa negara telah membatasi arus masuk dan keluar wisatawan ke dalam negara mereka. Hal tersebut juga bisa dikaitkan dengan menurunnya angka bebas visa.

Minna-san, sekian untuk pembahasan artikel terkait paspor Jepang kali ini. Semoga pandemi COVID-19 ini segera berakhir agar keadaan bisa kembali normal dan kita bisa bepergian ke luar negeri kembali tanpa ada masalah. Jangan lupa menerapkan protokol Kesehatan dimanapun minna-san berada yah. Sampai jumpa di artikel selanjutnya!

Source:

economictimes.indiatimes.com, hk.asiatatler.com, quora

Author: Aditchii

Editor: Epsilon