Ujian JLPT adalah salah satu tes kecakapan berbahasa asing, khususnya untuk bahasa Jepang. Ujian JLPT(Japanese Language Proficiency Test) atau 日本語能力試験(nihongo nouryoku shiken)adalah sebuah ujian yang diselenggarakan oleh Japan Educational Exchanges and Services (JEES), sebuah organisasi semi pemerintahan di Jepang. Ujian ini bertujuan untuk mengukur tingkat bahasa Jepang seseorang, setidaknya dalam hal mendengarkan dan membaca.

Tingkatan Ujian JLPT telah direvisi sejak 2010, ada lima level dalam pengujiannya. N5, N4, N3, N2, dan N1. Tingkatan N5 adalah tingkatan yang termudah dan disarankan bagi para pemula. Ujian ini lebih mengarah kepada tata bahasa dalam bahasa Jepang atau lebih sering dikenal dengan bunpou (文法)ketimbang kosa kata.

Ujian ini sudah mulai diujikan di banyak negara, salah satunya di Indonesia. Ujian JLPT diadakan dua kali dalam setahun di Indonesia, yaitu pada bulan Juli dan Desember. Di Indonesia sendiri, JLPT diselenggarakan di 12 tempat  yaitu Jakarta, Bandung, Surabaya, Medan, Yogyakarta, Padang, Denpasar, Manado, Malang, Semarang, Makassar, dan Palembang.  Penyelenggara ujian ini adalah Japan Foundation bersama dengan Kedutaan Besar Jepang di Indonesia.

Pada tahun 2020 lalu, ujian JLPT di Indonesia dibatalkan karena pandemi COVID-19, baik untuk ujian pada bulan Juli maupun Desember. Sungguh sangat disayangkan, bukan? Tapi apa boleh buat, langkah tersebut diambil untuk mengurangi angka penyebaran virus. Bahkan tidak hanya di Indonesia, ujian JLPT ditiadakan di seluruh dunia pada tahun 2020 lalu.

https://www.instagram.com/p/CMlkLbuB3Qz/

Melansir laman Instagram Japan Foundation (19/3), pendaftaran JLPT tahun 2021 bulan Juli akan kembali dibuka mulai tanggal 29 Maret – 6 April 2021. Ujian akan dilaksanakan hanya di 6 kota saja, yaitu Jakarta, Bandung, Medan, Malang, Palembang, dan Manado. Meskipun begitu, ujian ini dapat dibatalkan sewaktu-waktu dan memiliki kuota peserta, berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya.

Ujian akan diselenggarakan pada hari Minggu, tanggal 4 Juli 2021. Persiapkan diri minna-san sebaik-baiknya. Untuk biaya pendaftarannya sendiri berbeda-beda sesuai tingkatan yang akan diambil. Bagi teman-teman yang tertarik untuk mengikuti ujian JLPT, silahkan untuk mendaftarkan diri pada di link berikut:

JLPT Indonesia – Japan Language Proficiency Test in Indonesia

Source:

jlpt.jp, jeducation.co.id

Author: Aditchii

Editor: Epsilon