Konnichiwa minna-san! Semoga kabar kalian semua baik ya. Tanpa basa-basi lagi, di artikel kali ini kita akan membahas tentang nama yang akhir-akhir ini ramai dalam komunitas penggemar anime nih. Fairouz Ai, kira-kira siapa dia dan kenapa nama dia banyak dibicarakan ya?

Fairouz Ai (ファイルーズ あい atau آي فيروز) merupakan pengisi suara sekaligus penyanyi kelahiran 1993. Fairouz memiliki darah campuran Mesir-Jepang. Ia lahir di Mesir dan tinggal disana hingga lulus Sekolah Dasar, setelah itu Fairouz pindah ke Jepang. Selama ia tinggal di Mesir, ia sudah diajarkan untuk fasih kedua bahasa negeri asal orangtuanya. Sehingga, ketika ia pindah ke Jepang ia tidak mengalami kesulitan berkomunikasi sebab dirinya bisa berbahasa Jepang dan Mesir.

Saat duduk di bangku SMA, Fairouz merupakan penggemar dari serial Jojo Bizzare Adventure. Ia bahkan sampai mengikuti sesi online bersama temannya dimana ia membaca salah satu bagian dari manga Jojo Bizzare Adventuresecara keras, disana ia menuai komentar positif atas kemampuanya. Sejak saat itu, Fairouz mulai bermimpi untuk menjadi pengisi suara. Lebih tepatnya, ia ingin menjadi pengisi suara dari “Foo Fighter” yang merupakan karakter antagonis sekaligus pendukung dari manga Stone Ocean.

Ketika lulus dari Sekolah Menengah Atas, Fairouz tidak langsung mengejar impiannya menjadi pengisi suara. Alasannya ialah orangtuanya yang tidak merestui impiannya tersebut. Alhasil, Fairouz memasuki sekolah desain grafis sebelum akhirnya menjadi asisten dokter gigi selama setahun. Saat ia bekerja, sebenarnya ia tengah mengumpulkan uang untuk membiayai dirinya sendiri masuk ke sekolah pelatihan pengisian suara.

Begitu lulus dari sekolah pengisian suara, Fairouz direkrut oleh agensi bakat Pro-Fit. Ia menjalankan debutnya pada tahun 2019, peran pertama yang menjadi debut karir pengisi suaranya adalah penduduk tidak bernama dalam animeOne Punch Man Season 2. Masih ditahun yang sama, ia menyanyikan lagu Onegai Muscle yang dijadikan lagu pembuka untuk anime Danberu Nan-Kiro Moteru?. Dalam anime itu juga, ia mengisi suara untuk karakter utamanya yaitu Hibiki Sakura. Masih banyak lagi karakter lain yang ia mainkan, seperti Emily Orange dalam projek multimedia Kandagawa Jet girls, Eripiyo dari anime  Oshi ga Budōkan Ittekuretara Shinu, dan berbagai karakter anime lainnya.

Kemampuannya dalam mengisi suara sudah tidak diragukan lagi. Pada tahun 2020 lalu, Fairouz berhasil mendapatkan penghargaan dalam Seiyu Awards ke-14 dalam kategori Aktris Pendatang Terbaik atas perannya sebagai Hibiki Sakura. Dari sini sudah terlihat kalau impian Fairouz mulai tercapai, tapi ini belum bagian terbaiknya. Pada 4 April 2021 pengunguman serial legendaris Jojo Bizzare Adventure bagian ke-6, Stone Ocean akan mendapatkan adaptasi. Ini merupakan serial Jojo pertama yang memiliki pemeran utama perempuan, yaitu Jolyne Cujoh. Nah, sudah dikabarkan nih siapa pengisi suara bagi Jolyne, coba tebak siapa? Fairouz Ai!

Karena inilah nama Fairouz Ai menjadi perbincangan, Fairouz yang menjadi pengisi suara karakter dari serial kesukaannya tentu menuai banyak reaksi positif. Banyak orang yang menyelamati Fairouz dan beropini jika Fairouz merupakan orang yang tepat dan berhak mendapatkan peran tersebut. Sekian minna-san dari artikel kali ini, semoga mimpi kalian semua tercapai ya seperti Fairouz Ai. Sampai jumpa di artikel berikutnya!

Source :

theweek.in, wikipedia.org/Ai_Fairouz, jojowiki/Ai_Fairouz

Author :           Nao

Editor   :           Rika