Halo, minna-san! Kembali lagi dengan artikel dari Nippon Club. Kali ini kita akan membahas rekomendasi kuliner yang rasanya sudah sangat dikenal bagi banyak orang. Pada artikel ini, kita tidak akan membahas kuliner dari jepang loh, melainkan akan membahas makanan khas Indonesia yang tentu banyak dari kalian pasti sudah pernah mencobanya. Penasaran apa saja kulinernya ? Yuk disimak artikelnya.

Manusia merupakan makhluk yang diciptakan beragam agar kita dapat saling mengenal keberagaman tersebut. Dari stiulah, terciptalah suatu budaya yang beragam di seluruh dunia. Negara Indonesia dengan keberagamannya tentu memiliki ciri khasnya sendiri, yaitu kaya akan budaya yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia. Salah satu budaya yang sering kita temukan adalah kulinernya yang merupakan makanan khas dari berbagai daerah di Indonesia.

Seperti halnya negara jepang yang terus melestarikan makanan khas mereka hingga terkenal di seluruh dunia, Indonesia juga tetap menjaga kelestarian dari makanan khas mereka sehingga tetap ada hingga sekarang dan juga terkenal di seluruh dunia. Pernasaran dengan kuliner khas Indonesia apa saja yang rasanya sudah dikenal mendunia? Berikut ini adalah kuliner khas Indonesia yang sudah dikenal dunia :

1. Bakso

Siapa yang belum pernah mencoba daging bulat yang lezat bernama bakso ini? Bakso merupakan makanan khas Indonesia yang dibuat dengan daging yang dibentuk bulat yang kemudian direbus. Biasanya bakso dicampur dengan kuah yang sudah dibumbui, dan dilengkapi dengan pangsit, bihun, mie, dan tambahan lainnya yang membuat rasa bakso tersebut menjadi sangat lezat hingga dikenal oleh berbagai negara. Berbagai negara seperti Tiongkok mengakui kelezatan dari bakso khas Indonesia tersebut.

2. Tempe

Siapa sangka bahwa tempe sudah dikenal hingga negara lain seperti Jepang. Makanan khas Indonesia yang terbuat dari fermentasi kacang kedelai ini tentu dapat memikat banyak orang untuk mencobanya. Tempe merupakan salah satu makanan khas Indonesia yang sudah ada sejak berabad-abad silam.

3. Rendang

Siapa yang tidak mengenal rendang ? Makanan khas Indonesia yang berasal dari minangkabau ini pernah masuk ke dalam daftar 50 Most Delicious Food, dengan daging sapi sebagai bahan utamanya. Untuk membuat rendang ini sangatlah tidak mudah, diperlukan waktu 4 jam untuk memasak daging rendang yang sudah dicampur dengan rempah-rempah, kemudian daging rendang harus ditunggu hingga bumbu yang dimasukkan ke dalam daging rendang sudah mengering. Rendang biasanya dapat ditemukan di berbagai tempat seperti restoran padang.

4. Nasi Goreng

Setiap negara pasti memiliki ciri khas nasi goreng tersendiri, namun untuk nasi goreng khas Indonesia memiliki cita rasa khas yang unik karena menggunakan berbagai bumbu yang dimasukan sehingga rasa nasi goreng tersebut sangatlah khas. Seperti nasi goreng pada umumnya, nasi goreng khas Indonesia dibuat dengan menggunakan nasi sebagai bahan utama dengan bahan-bahan yang diperlukan untuk dimasak. Cita rasa nasi goreng ini sudah terkenal hingga menjadi salah satu makanan favorit Presiden Amerika Serikat ke-44 yaitu Barrack Obama.

5. Sate

Makanan khas Indonesia yang satu ini tentu sangat dikenal oleh masyarakat Indonesia yaitu sate. Terdapat dua sate khas daerah yang umumnya terkenal di Indonesia yaitu Sate Padang dengan bumbu pedasnya dan Sate Madura dengan bumbu kacangnya yang manis. Proses pembuatan sate dilakukan dengan memotong bagian daging hingga kecil yang kemudian ditusuk dengan tusukan lidi yang kemudian dibakar dengan ditambahkan bumbu seperti kecap.

Sekian artikel tentang makanan khas Indonesia yang mendunia dan juga tidak kalah dari makanan Jepang terkait kelezatannya. Tentunya makanan khas Indonesia ini membantu menyebarkan kebudayaan Indonesia agar tetap terlestarikan dan juga terkenal hingga mancanegara. Terima kasih sudah meluangkan waktu untuk membaca dan sampai jumpa di artikel berikutnya ya minna-san!

Sumber : Indonesiabaik.id, makanan oleh-oleh, IDN TIMES

Author : Ririe

Editor : MiwMiw