Halo, minna-san! Kembali lagi dengan artikel dari Nippon Club. Hari ini kita akan membahas sebuah pulau yang dihuni oleh banyak binatang. Pada topik kali ini kita tidak akan membahas pulau yang ada di Jepang loh, melainkan kita akan membahas sebuah pulau yang ada di negeri kita yang tercinta ini yaitu Indonesia. Pulau ini juga pernah masuk ke dalam 7 Keajaiban Dunia lho minna! Dari situ kalian pasti sudah mengetahui hal yang akan kita bahas, yuk langsung saja ke topik artikelnya.

Topik yang akan kita bahas kali ini adalah Taman Nasional Pulau Komodo. Taman Nasional Pulau Komodo atau disebut juga Pulau Komodo merupakan sebuah pulau di Indonesia yang berada di Kab. Manggarai, Flores, Nusa Tenggara Timur yang terkenal memiliki banyak populasi Komodo (Varanus komodoensis). Selain dikenal karena banyaknya jumlah populasi komodo di sana, Pulau Komodo dikenal juga sebagai objek wisata bagi pengunjung yang ingin melihat wujud Komodo secara langsung. Selain Komodo, Pulau Komodo juga memiliki berbagai spesies satwa seperti burung, rusa, kerbau dan banyak hewan lainnya yang mendiami Pulau Komodo tersebut.

Sejarah ditemukannya Pulau Komodo ini bermula pada tahun 1910, ketika seorang Letnan dari Belanda bernama Steyn Van Hens Broek membuktikan adanya sebuah kadal raksasa seperti naga di pulau tersebut. Pada tahun 1912, peneliti menemukan keberadaan asli Komodo yang berada di Pulau Komodo tersebut. Seiring waktu dengan ditemukannya pulau komodo tersebut, pada tahun 1980, Taman Nasional Komodo resmi dibentuk untuk melindungi habitat asli dari Komodo tersebut.

Selain terkenal dengan destinasi wisata untuk melihat habitat komodo, Pulau komodo juga memiliki keindahan lainnya yang juga menjadi daya tarik wisatawan untuk dikunjungi seperti Pink Beach. Pink Beach ini terbilang unik karena seperti namanya, warna pasir pantai tersebut berwarna merah muda. Dengan keunikan dan keindahan dari warna pantai tersebut, Pink Beach dapat menarik minat wisatawan untuk melihat keindahan pantai tersebut.

Sebelum kita mengunjungi Pulau Komodo tersebut, alangkah baiknya kita mematuhi peraturan yang telah ditetapkan oleh pemandu Pulau Komodo atau Ranger tersebut. Peraturan tersebut seperti wajib berjalan di belakang Ranger, jangan melakukan gerakan yang bersifat mendadak seperti berlari, hingga larangan kepada pengunjung yang sedang “datang bulan” untuk mengunjungi Pulau Komodo. Wisatawan juga tidak dianjurkan untuk mengunjungi Taman Nasional Komodo tersebut ketika musim hujan karena rute pendakian yang licin. Tidak lupa juga larangan membuang sampah sembarangan agar ekosistem Pulau Komodo tetap terjaga.

Sekian tentang artikel mengenai Pulau Komodo ini, semoga dari pembahasan artikel ini dapat menambah wawasan mengenai Pulau Komodo dan juga dapat dijadikan referensi Anda untuk dijadikan destinasi wisata berikutnya. Terima kasih dan sampai jumpa di artikel berikutnya.

Sumber Referensi : gotravela, idntimes

Author : Ririe
Editor  : MiwMiw