Halo minna-san! Bagaimana kabarnya? Semoga minna-san tetap sehat. Di masa pandemi seperti ini, pasti minna-sanpernah merasa bosan, apalagi ditemani dengan acara-acara di TV yang itu-itu saja. Nah, ada kabar baik nih buat minna-san yang ingin mencoba hal baru, minna-san bisa mencoba tes kepibadian diri sendiri menggunakan metode MBTI! Nah, apa itu tes MBTI? Kira-kira seseru apa sih tes ini? Yuk baca artikel ini hingga akhir!

Sebelum membaca artikel ini, alangkah baiknya jika minna-san memahami tentang MBTI terlebih dahulu. MBTI adalah salah satu tes psikologi yang paling terkenal,  MBTI atau the Myers-Briggs Personality Test adalah tes kepribadian berisi pertanyaan-pertanyaan terhadap preferensi seseorang di empat domain berbeda. Nah, dari penilaian keempat domain ini, minna-san akan dikelompokkan dalam satu dari 16 tipe kepribadian yang tersedia. Dari pengelompokkan tersebut, minna-san diharapkan dapat lebih mudah untuk memahami kesukaan, ketidaksukaan, kekurangan, kelebihan, jenis karir yang cocok untuk dipilih, serta kecocokan dengan orang lain di sekitar minna-san!

MBTI pertama kali dikembangkan oleh seorang wanita bernama Katherine Cook Briggs dan putrinya, Isabell Briggs Myers, pada tahun 1940-an. Katherine dan Isabell sebelumnya memang sangat tertarik dengan sebuah jurnal tipologi kepribadian yang diciptakan oleh Carl Jung dan mereka mulai mengadakan berbagai riset. Hingga saat ini, tes MBTI masih terus dikembangkan.

Awalnya, mungkin minna-san akan merasa bingung terhadap tes MBTI yang hasilnya diwakili dengan empat abjad ini. Jadi, empat abjad inilah yang nantinya akan mewakili kepribadian minna-san loh! Berikut penjelasan mengenai huruf abjad pada tes MBTI.

1.          Extraversion (E) dan Introversion (I)

Apakah minna-san pernah mendengar kata ekstrovert dan introvert? Menurut teori tipe psikologi yang dibuat oleh Carl Jung, pembagian ekstrovert dan introvert merujuk kepada bagaimana manusia berinteraksi dengan manusia lainnya. Seorang ekstrovert(E) biasanya lebih sering mengikuti kegiatan yang terdiri dari interaksi sosial yang intens dan merasa bersemangat saat menghabiskan waktu bersama orang lain. Di lain sisi, seorang introvert(I) lebih senang dengan interaksi yang dalam dan intim bersama sedikit orang, serta merasa lebih bertenaga ketika menghabiskan waktu secara personal. Kira-kira minna-san termasuk Ekstrovert atau Introvert nih?

2.          Sensing (S) - Intuition (N)

Semua orang memiliki cara tersendiri untuk mempelajari sesuatu. Nah, huruf abjad S atau N di urutan kedua ini, kira-kira akan menggambarkan hal tersebut. Seseorang yang mengandalkan sensing(S) atau inderanya biasanya lebih senang melibatkan dirinya dengan pengalaman baru dan tertarik untuk langsung terjun di bidang tersebut, pemikiran mereka biasanya lebih praktis dan realistis. Berikutnya, bagi orang-orang yang mengandalkan intuition(N) akan lebih sering menghabiskan waktu mereka untuk berpikir atau berimajinasi secara abstrak, mereka lebih suka merenungkan suatu masalah terlebih dahulu, sebelum terjun langsung pada masalah tersebut.

3.          Thinking (T) - Feeling (F)

Inilah salah satu elemen yang paling ditunggu oleh penggemar tes MBTI, yaitu salah satu elemen yang kira-kira akan menggambarkan cara minna-san mempertimbangkan dan memutuskan sesuatu. Tipe seorang pemikir atau thinking(T) biasanya suka mengambil keputusan dengan data-data empiris, teori yang bersifat objektif, teruji, mereka memutuskan sesuatu berdasarkan fakta tanpa memikirkan sekitar mereka terlebih dahulu. Kemudian tipe seorang yang mengandalkan perasaan mereka atau feeling(F) akan mempertimbangkan sesuatu dengan mengutamakan orang lain di sekitar mereka, mereka cenderung lebih mengutamakan emosi diri mereka sendiri atau orang lain tanpa mereka sadari.

4.          Judging (J) - Preserving (P)

Kedua huruf terakhir ini adalah elemen terakhir dalam tes MBTI dan menggambarkan tentang bagaimana cara minna-san menangani hal-hal yang terjadi di dunia luar. Orang-orang yang suka menilai sesuatu atau judging(J) umumnya lebih teguh kepada pendirian diri sendiri. Tidak mudah bagi mereka untuk berkompromi dengan hal-hal tertentu yang mereka nilai tidak sesuai dengan mereka. Kemudian, bagi orang-orang yang lebih suka melestarikan sebuah ide baru atau preserving(P) akan lebih fleksibel dan mampu beradaptasi dengan hal baru, terutama hal-hal yang tidak pernah mereka pikirkan sebelumnya.

Demikian sedikit penjelasan mengenai abjad-abjad yang menjadi elemen tes MBTI ini. Jika minna-san sudah mengerti dan tertarik pada tes ini, minna-san bisa mengambil tes ini secara gratis di ponsel minna-san loh! Tunggu apa lagi? Yuk kenali diri minna-san lebih dalam lagi dengan meluangkan waktu minna-san kurang lebih 12 menit saja di https://www.16personalities.com/id/tes-kepribadian!

Bagaimana minna-san?Sudah mencoba tesnya? Setelah menyelesaikan tes MBTI, minna-san akan disuguhkan beberapa tokoh-tokoh terkenal yang memiliki kepribadian yang sama dengan minna-san loh! Tak terkecuali tokoh-tokoh terkenal di film sekalipun!

Tahukah minna-san bahwa minna-san juga bisa mengetahui kepribadian karakter  anime, manga, dan film kesukaan minna-san secara gratis dan mudah? Minna-san bahkan bisa mengenal karakter kesukaan minna-san lebih dalam tanpa menunggu informasi secara resmi. Minna-san bisa mengunjungi link https://www.personality-database.com/category/8/Anime-Manga/mbti-personality-type dan menuliskan judul anime, manga atau film yang minna-san ingin tuju.

Setelah minna-san mencoba mencari karakter kesukaan minna-san, hal yang sangat menyenangkan seringkali terjadi jika karakter tersebut ternyata memiliki kepribadian yang sama dengan minna-san! Misalnya, minna-san mendapatkan hasil INTP pada kuisioner MBTI, berarti minna-san kira-kira akan memiliki pemikiran dan sifat yang sama seperti karakter-karakter anime berikut ini:

Wah! Tunggu apa lagi minna-san? Yuk coba kuisioner ini untuk menghilangkan kebosanan minna-san! Semoga kuisioner ini dapat membantu minna-san untuk megenal diri minna-san lebih dalam, sampai jumpa di artikel berikutnya!

Sources:

satupersen.net,  ketik.unpad.ac.id, 16personalities.com, personality-database.com

Penulis: Epsilon

Editor: Aditchii