Konnichiwa minna-san! Bertemu lagi dengan artikel Nippon Club. Di masa pandemi ini, selain hari-hari kalian dipenuhi dengan kesibukan, kalian tentu juga ingin menghabiskan waktu kalian dengan menghibur diri bukan? Banyak dari kalian yang pasti menghabiskan waktunya dengan membaca manga, tapi merasa bosan karena manganya sudah kalian tamatkan. Nah, berikut ini adalah beberapa manga genre romance/comedyrekomendasi yang mungkin belum kalian baca.

1.) Koi Shita no de, Haishin Shite Mita

Status: Ongoing

Genres: Comedy, Romance, School

Authors: Azuma Tama (Art & Story)

Sinopsis:

Yuu Inuzuka tidak dapat berteman karena wajahnya yang terlihat kejam dan canggung. Tetapi karena pendaftarannya ke sekolah menengah, ia memiliki kesempatan untuk masuk ke asrama. Namun, itu adalah rumah berbagi antara 6 orang, 3 perempuan dan 3 laki-laki yang penuh dengan rahasia?!

Manga ini saya rekomendasikan karena menariknya cerita dimana Inuzuka memiliki hobi di masa lalu yang sangat berdampak terhadap kehidupannya, sehingga membuat dia meninggalkan hobinya tersebut. Ketika di SMA, Inuzuka memutuskan untuk tinggal di asrama dan berkeinginan untuk menghilangkan kejelekkan yang dia miliki. Ketika di asrama, dia bertemu dengan orang-orang asrama yang menyambutnya dengan hangat, salah satunya adalah seorang perempuan  lemah lembut dan berwibawa bernama Arisugawa yang merupakan anggota OSIS.

Nantinya, hal mengejutkan akan diketahui oleh Inuzuka, yaitu Arisugawa memiliki sisi lain bernama Usagidon yang merupakan seorang streamer, dan streamer adalah masa lalu yang dijauhkan oleh Inuzuka. Alhasil Arisugawa menjadikannya Partner in Crime karena telah mengatahui rahasianya. Cerita pun berlanjut dengan Inuzuka yang mengetahui rahasia teman-teman se-asramanya. Bagaimana cara Inuzuka akan melindungi rahasia mereka?

Inuzuka Mengetahui Rahasia Arisugawa

2.) Sono Bisque Doll Wa Koi Wo Suru

Status: Ongoing

Genres: Romance, School, Slice of Life, Seinen

Authors: Fukuda Shinichi (Art & Story)

Sinopsis:

Trauma oleh insiden masa kecil dengan seorang teman yang mengecualikan kecintaannya pada boneka tradisional, harapan pengrajin boneka Wakana Gojou melewati hari-harinya sebagai penyendiri, menemukan pelipur lara di ruang keluarga di sekolah menengahnya. Bagi Wakana, orang-orang seperti Marin Kitagawa, seorang gadis yang cantik, praktis dan trendi yang selalu dikelilingi oleh banyak teman adalah alien dari dunia lain. Tetapi ketika Marin yang ceria—tidak pernah malu—melihat Wakana menjahit, suatu hari sepulang sekolah, dia menerobos masuk dengan tujuan mengikat teman sekelasnya yang pendiam ke dalam hobi rahasianya, yaitu cosplay! Akankah hati Wakana yang terluka mampu menangani invasi dari alien seksi ini?!

Nah, untuk manga ini menariknya adalah bisa memberikan feel nostalgia dengan art stylenya yang seperti manga lawas. Tidak hanya itu, manga ini akan dipenuhi dengan "wholesomeness" dari kedekatan Gojou dan Marin . Selain itu, kalian juga bisa mendapatkan pengetahuan mengenai cosplay yang cukup detail dan kalian akan terpukau dengan visual dan rincinya penampilan yang digambarkan ketika Marin sedang bercosplay dan begitu juga dengan cosplayer lainnya. Jadi, manga ini sangat cocok bagi kalian yang menyukai romance sekaligus cosplay!

Salah Satu Visual Marin Ketika bercosplay

3.) Kubo-san wa Boku (Mobu) wo Yurusanai

Status: Ongoing

Genres: Comedy, Romance, School, Seinen

Authors: Yukimori Nene (Art & Story)

Sinopsis:

Siswa sekolah menengah Junta Shiraishi memiliki tujuan sederhana, yaitu untuk menjalani masa muda yang memuaskan. Namun, mencapai tujuan ini tampaknya lebih sulit dari yang diharapkan, karena semua orang di sekitarnya sering gagal memperhatikannya karena kurangnya kehadirannya. Faktanya, ketidakhadiran Shiraishi sangat parah sehingga orang-orang mengira tempat duduknya di kelas selalu kosong, dan secara keliru menganggap bahwa dia sering bolos sekolah. Bahkan ada rumor aneh yang menyebar di kelas, mengklaim bahwa mereka yang berhasil melihat Shiraishi akan diberkati dengan keberuntungan untuk hari itu.

Sejauh ini, satu-satunya orang yang menyadari keberadaannya adalah Nagisa Kubo, gadis yang duduk di sebelahnya. Sayangnya, Kubo suka menggodanya setiap hari dan sering menempatkannya dalam situasi yang belum pernah terjadi sebelumnya. Namun, karena kejenakaan Kubo terus melibatkan Shiraishi yang enggan, dia mungkin segera menemukan bahwa masa mudanya mungkin tidak lagi membosankan seperti yang dia pikirkan sebelumnya.

Untuk manga ini, saya hanya bisa bilang “Wholesome”. Kalian akan disajikan sebuah suasana nyaman ketika melihat Shiraishi dan Nagisa yang saling berbicang dan kepolosan mereka dalam melakukan sesuatu yang belum pernah mereka coba. Seiring berjalannya cerita, tidak hanya Nagisa, nantinya Shiraishi juga akan mendapatkan teman baru yang membuatnya bisa merasakan hal baru dan membuat hidupnya tidak terasa hampa. Bahkan, teman-temannya juga merasa nyaman jika melihat Shiraishi dan Nagisa sedang berduaan karena aura “wholesomeness” yang mereka berikan.

4.) Subete no Jinrui o hakai suru. Sorera wa saisei dekinai

Status: Ongoing

Genres: Game, Romance, School, Shounen

Authors: Yokota Takuma (Art), Ise Katsura (Story)

Sinopsis :

Saat itu tahun 1998. Hajime Kanou adalah seorang siswa SMP yang terpesona dengan permainan kartu koleksi Magic: The Gathering atau singkatnya “Magic”, dan ia suka memainkannya dengan teman-teman sekelasnya setiap hari selama istirahat. Kelompoknya yang berisik sering menarik perhatian Emi Sawatari, siswa papan atas yang mencaci maki kelompok Hajime karena membawa permainan seperti itu ke sekolah. Hajime melihat Emi sebagai saingan yang memproklamirkan dirinya sendiri dan menantangnya untuk pertempuran akademis, yang sering mengakibatkan kekalahannya.

Suatu hari, Hajime berkunjung ke toko kartu yang berspesialisasi dalam Sihir. Sangat mengejutkan, dia tidak hanya menemukan Emi di dalam, tetapi dia juga menemukan bahwa dia adalah pemain Magic terbaik yang tak terkalahkan di toko. Pertemuan ini memicu perubahan lambat tapi pasti dalam hubungan mereka melalui berbagai duel Magic. Dengan pergantian milenium semakin dekat, kisah dua pemuda dimulai.

Untuk manga ini menurut saya menarik dikarenakan selain menceritakan romance dari Kanou dan Emi, manga ini juga fokus menceritakan perjalanan Kanou untuk menjadi yang terbaik dalam Trading Card Game pertama di dunia, yaitu Magic : The Gathering. Awalnya saya tidak begitu tertarik dengan manga ini, tetapi saya dikejutkan dan dibuat tertarik dengan perkataan Emi kepada Kanou ketika mereka menjadi dekat untuk pertama kalinya. Alhasil, seiring membaca manganya, saya pun menjadi pembaca tetap.

Tidak hanya Kanou dan Emi, karakter lainnya pada manga ini juga dibuat dengan menarik dan memiliki sifat uniknya masing-masing. Hal itu membuat saya nyaman untuk terus membacanya sampai sekarang. Jadi, manga ini cocok untuk kalian yang menyukai Romance sekaligus Trading Card Game!

5.) Fuufu Ijou, Koibito Miman

Status: Ongoing

Genres: Comedy, Romance, School, Seinen

Authors: Kanamaru Yuuki (Story & Art)

Sinopsis :

Yakuin Jirou, siswa kelas tiga di sekolah menengah, dipaksa untuk tinggal bersama seorang gadis bernama Akari di bawah kursus yang disebut "Praktis Pasangan." Agar mereka bisa dipasangkan dengan minat romantis mereka sendiri, mereka akan bertindak sebagai pasangan yang sudah menikah...?!

Menariknya dari manga ini adalah sistem sekolah yang dimana ketika sudah menyentuh kelas 3 harus melalui praktik kehidupan rumah tangga dengan orang yang dipilih secara random dari sekolah. Sialnya, Jirou yang terbilang cukup pendiam harus dipasangkan dengan salah satu gyaru atau cewek gaul, yaitu Akari, pasangan yang sangat buruk bukan? Seiring cerita berjalan, yang tadinya mereka berdua ingin cepat-cepat berpisah dan ingin dipasangkan dengan orang yang mereka inginkan, menjadi kesulitan dan bimbang untuk melepaskan diri dari satu sama lain.

Cukup sampai disini terlebih dahulu untuk manga-manga yang saya rekomendasikan. Semoga list manga kalian bisa bertambah dan bisa menemani waktu kosong kalian. Sampai jumpa di artikel berikutnya!

Author : MiwMiw

Editor : Rika

Sumber Referensi : myanimelist, mangabat