Minna-san, konnichiwa! Semoga kabar minna-san semua baik ya. Dalam masa PPKM ini, meskipun tidak bisa keluar rumah, bukan berarti kita juga tidak bisa belajar. Karena pada hari Minggu,  1 Agustus 2021, Nippon Club baru saja mengadakan Talkshow belajar Cosplay bersama cosplayer-cosplayer handal lho! Kalau minna-san kelewatan, jangan khawatir. Karena di artikel ini kita akan meliput isi acaranya!

Tamu undangan dalam acara ini adalah Azwar SFX dan Ice Tea, dimana keduanya merupakan cosplayer handal yang siap membagikan ilmu cosplay mereka pada minna-san semua. Sesi pertama acara adalah berkenalan dengan tamu undangan, pertama ada Azwar SFX (ig: Azwar_sfx) yang merupakan cosplayer berumur 18 tahun asal Bekasi. Selain menjadi cosplayer, dia juga merupakan seorang freelance Make Up Artist lho! Azwar telah memulai cosplay nya sejak tahun 2018, dengan niat awal iseng karena kesukaannya pada anime dan juga make-up. Event pertamanya adalah Ennichisai dimana disana ia meng-cosplay karakter Sora dari No Game No Life. Saat itu ia tidak memiliki banyak kenalan, tapi karena ia semakin aktif dalam dunia cosplay ia pun menjadi semakin dikenal hingga seperti sekarang.

Lalu tamu undangan kedua kita yaitu Ice Tea (ig: icetea_cos), seorang cosplayer asal Lombok. Ice Tea telah memasuki dunia cosplay selama 6 tahun, namun ia sempat vakum selama 2 tahun. Awal ia masuk ke dunia cosplay dikarenakan ajakan temannya dalam komunitas Jejepangan, dimana ternyata kegiatan tersebut dirasa cocok untuknya karena dia merasa bisa bebas menjadi siapa saja. Awal cosplay ia biasanya memilih karakter berpenampilan simpel seperti Ayano dari Mekakucity Actor, yang menggunakan seragam sekolah. Dulu saat awal cosplay, Ice Tea mengatakan bahwa ada kesulitan dalam finansialnya sehingga untuk meng-cosplay karakter simpel saja ia harus menabung dulu sampai 6 bulan. Namun, untungnya lingkungan sekitarnya suportif, sehingga ia pun terus termotivasi untuk tetap melakukan cosplay sampai saat ini meski bukan sebagai pekerjaan utamanya.

Kegiatan selanjutnya mulai kedalam sesi tanya jawab, dimana peserta terdengar sangat aktif. Pada sesi tanya jawab ini, Azwar SFX dan Ice Teamenjawab dengan antusias, detail, dan sangat terperinci. Contohnya ketika menjelaskan kriteria cosplay yang baik dan benar. Azwar SFX dan Ice Tea menyatakan bahwa memakai wig dan cosplay pun sudah baik dan benar, tapi berbeda dengan profesional, dimana harus belajar make-up, aksesoris, dan pembawaan karakter agar cosplay menjadi lebih alami.

Berbagai saran juga disampaikan oleh Azwar SFX dan Ice Tea, terutama untuk berhadapan dengan komentar buruk netizen, dimana sebaiknya komentar buruk tersebut diabaikan. Kemudian mereka juga menambahkan jika lebih baik waktu digunakan sebaik-baiknya untuk meningkatkan kemampuan daripada menanggapi komentar buruk. Nah, tidak hanya komentar buruk yang harus dihadapi seorang cosplayer, tapi forum jual-beli costum yang buruk, yang dimana berisi penipuan. Azwar SFX dan Ice Tea pun menyarankan untuk membeli perlengkapan cosplay di tempat yang direkomendasikan teman.

Sekian dari kemeriahan acara Talkshow kali ini. Mempelajari cosplay langsung dari ahlinya, tentunya sangat menyenangkan. Jangan khawatir apabila tidak berkesempatan untuk ikut Talkshow kali ini, nantikan Talkshow berikutnya dari Nippon Club, dan sampai jumpa di artikel selanjutnya!

Author: Nao & Epsilon

Editor: MiwMiw