Konnichiwa Minna-san! Kembali lagi dengan artikel liputan Nippon Club. Kali ini, kami berkesempatan untuk meliput event online yang sangat menarik, yaitu NAISHO : Toki wo Kakeru dari K3J, Unika Atma Jaya. Eits, walaupun diadakan secara online, tapi event tetap dilaksakan dengan ramai dan menarik lho guys! Penasaran apa saja konten yang ada di event virtual Naisho? Yuk, disimak artikel berikut ini.

Event Naisho dapat ditonton melalui platform streaming Youtube. Acara dimulai pukul 10.00 WIB, tetapi penonton sudah bisa menunggu dari jam 9. Sambil menunggu acara dimulai, mereka menampilkan momen-momen rindu ketika Naisho diadakan secara offline. Setelah beberapa saat, acara pun akhirnya dimulai. Acara dibuka oleh sapaan antusias dari host Naisho, yaitu Zelva dan Karin. Sebelum berlanjut ke sesi pertama dari acara, terlebih dahulu mereka menjelaskan bahwa di hari pertama penonton akan merasakan perjalanan waktu dengan penampilan-penampilan tradisional dan modern Jepang yang akan ditunjukkan oleh K3J.

Acara juga lebih dimeriahkan dengan diumumkannya kompetisi selfie untuk penonton yang sedang menonton Naisho. Kompetisi selfie ini diadakan sampai hari kedua dari Naisho. Setelah itu, ada sneak peek penampilan tarian Soran Bushi yang nantinya akan ditampilkan lagi pada sesi tarian tradisional. Akhirnya acara pun dimulai dengan sesi pertama adalah presentasi dari komunitas AMV Indonesia.

Sesi ini dibawakan oleh Gilbert dan Rezqi sebagai perwakilan dari AMV Indonesia. Sebelum menjelaskan lebih dalam, terlebih dahulu mereka menjelaskan apa itu AMV Indonesia. AMV Indonesia adalah komunitas yang mengumpulkan dan memfasilitasi orang-orang yang memiliki kemampuan dan berkeingingan untuk membuat AMV. AMV itu sendiri adalah singkatan dari Anime Music Video yang merupakan video beberapa klip tertentu dari berbagai anime yang digabungkan menjadi satu yang disesuaikan dengan lantunan musik. Selanjutnya dijelaskan berbagai style yang ada untuk membuat sebuah AMV, style-style yang ada adalah sebagai berikut :

1. Raw

Raw adalah styleyang hanya menggunakan atau menambahkan sedikit efek kedalam video. Pada styleini biasanya lebih difokuskan terhadap pemotongan dan pencocokan footage atau klip video. Kemudian efek yang biasa dimainkan atau digunakan untuk style Raw ini adalah Zoom, Blur , Slide, Flash, dan Rotation.

2. Effect (Fx)

Effect adalah style yang umumnya menggunakan efek dengan jumlah yang cukup banyak. Jadi singkatnya style ini berfokus dalam memainkan atau mengedit efek penulisan, pewarnaan dan lain-lain.

3. Multi Editor Project (MEP)

Seperti namanya, MEP adalah proyek yang dikerjakan dengan mengikutsertakan banyak editor untuk membuat suatu AMV yang besar. Biasanya suatu proyek minimal diikuti oleh 4 sampai 20 editor untuk membuat AMV, dengan deadline 1 sampai 2 bulan.

4. Music Anime Douga (MAD)

Style yang terakhir adalah MAD. MAD adalah style dalam membuat AMV yang menggunakan lagu Jepang dan berfokus terhadap Motion Graphic Aksara Jepang ( Kanji, Hiragana, dan Katakana).

Setelah menjelaskan style-style dalam pembuatan AMV, selanjutnya mereka menjelaskan unsur-unsur yang berada dalam AMV dan mempraktekkan secara singkat gambaran membuat AMV. Jika kalian ingin mencoba membuat AMV bisa kalian lakukan dengan mendownload aplikasi yang mendukung untuk membuat AMV; seperti Filmora, Adobe Premiere, dan After Effect jika kalian menggunakan PC, dan kemudian ada Kinemaster, Alight Motion, dan VN jika kalian menggunakan mobile. Jika kalian penasaran dengan AMV yang telah dibuat oleh AMV Indonesia bisa kalian cek langsung di channel youtube AMV Indonesia. Kemudian, jika kalian ingin mendalami lebih lanjut pembuatan AMV, kalian bisa join discord server milik AMV Indonesia.

Sesi berikutnya adalah giliran komunitas Shogi Indonesia untuk mempresentasikan komunitas mereka. Komunitas ini didirikan pada tahun 2007 di Semarang dan awalnya berfokus pada permainan-permainan strategi Jepang. Seiring berjalannya waktu, komunitas ini menjadi lebih besar dan mulai menfokuskan ke Shogi dan bertujuan untuk menyebarkan Shogi ke seluruh penjuru nusantara. Pada tahun 2018, Shogi Indonesia secara resmi diakui oleh Japan Shogi Association sebagai salah satu cabang resmi yang ada di Indonesia. Komunitas ini membahas segala hal yang berhubungan dengan Shogi dan melakukan permainan secara offline dan online. Namun, karena Shogi Indonesia sudah meluas ke penjuru nusantara, akhirnya lebih sering melakukan permainan secara online.

Seiring melakukan permainan shogi, mereka mulai sering mengikuti turnamen nasional. Tidak hanya turnamen nasional, mereka juga mengikuti turnamen internasional dan bersaing dengan kompetitor-kompetitor dari negara lain. Bagi kalian yang berminat dan ingin mendalami permainan Shogi, kalian bisa mengunjugi dan mengkontak mereka melalui kontak info dan social media mereka sebagai berikut :

Facebook Fanpage: Shogi Indonesia

Instagram: @shogi_id

WhatsApp: 082299501935

Email : shogindonesia@gmail.com

Berikutnya adalah komunitas yang terbilang sudah sangat meluas dengan banyak pemainnya, yaitu Komunitas osu! Indonesia. Bagi yang belum tahu, osu! adalah Rhythm Game gratis yang dibuat oleh kreator asal Autralia, yaitu Peppy atau bernama asli Dean Herbert. Permainan osu! ini memiliki sistem yang dimana para kreator bisa membuat level dengan lagu yang mereka inginkan dan memasukkannya ke osu!. Jadi didalam osu! ini terdapat banyak lagu Jepang, Barat, Indonesia, dan lain-lainnya yang dibuat oleh banyak kreator dari berbagai negara.

Komunitas osu! Indonesia sendiri adalah komunitas yang telah berdiri sejak tahun 2009 yang didirikan oleh Hakeru. Awalnya komunitas ini tidak memiliki tujuan tertentu, seiring waktunya berjalan mereka mengikuti dan membuat berbagai turnamen nasional yang akhirnya osu! menjadi lebih tersebar luas di Indonesia dan sekarang komunitas osu! Indonesia memiliki lebih dari 350 ribu member yang aktif. Hebatnya, osu! Indonesia menjadi komunitas pertama yang menyelenggarakan turnamen osu! dengan skala yang cukup besar yang bahkan dari pihak osu!-nya sendiri belum pernah melakukan hal tersebut. Hal itu membuat pihak dari osu! terkejut bahwa game mereka bisa dibuat turnamen dengan skala yang besar seperti itu.

Hebat sekali bukan komunitas yang satu ini, mungkin banyak dari kalian yang tidak menyangkan bahwa rhthym game yang sudah tidak asing lagi di seluruh dunia ini memiliki sejarah yang besar di Indonesia yang bahkan membuat Indonesia dikenal secara internasional. Jika kalian ingin mendalami osu! lebih dalam dan bahkan ingin mencoba membuat level kalian sendiri, kalian bisa langsung mengunjungi Discord, Facebook, dan channel Youtube dari osu! Indonesia.

Nah, berikutnya adalah komunitas yang cocok bagi kalian yang tertarik dengan seni tari tradisional Jepang nih guys! Sesi berikutnya adalah giliran dari ASOBU UNSADA untuk mempresentasikan komunitas mereka. ASOBU UNSADA adalah sebuah klub yang berdiri di bawah naungan Hijansa atau Himpunan Mahasiswa Bahasa dan Kebudayaan Jepang di Universitas Darma Persada yang dijadikan wadah untuk menambah pengetahuan mahasiswa dalam bidang tarian tradisional Jepang. ASOBU ini dibentuk pada tanggal 10 April 2009, dan awalnya bernama Nihon Buyou Club (NBC).

Awalnya, klub ini ingin berfokus terhadap berbagai tarian tradisonal Jepang. Namun, seiring waktu mereka lebih fokus terhadap tarian Yosakoi Soran dan akhirnya pada Februari 2015, mereka mengubah nama klub menjadi Yosakoi Soran Bu (ASOBU). Yosakoi sendiri diambil dari kata Yo dari kata Yoru (Malam), Sa (Ajakan), dan Koi (Datang), sehingga digabung menjadi Yosakoi yang memiliki arti “Datanglah Malam ini”. Yosakoi sendiri terbagi menjadi 2, ada yang berasal dari Kochi bernama Yosakoi dan dari Hokkaido bernama Yosakoi Soran, dan aliran yang diikuti oleh ASOBU adalah Yosakoi Soran dari Hokkaido.

Tarian Yosakoi Soran ini memiliki ciri khas yang dimana dibawakan dengan gerakan yang bersemangat, contoh tariannya adalah Soran Bushi. Tarian Soran Bushi menggambarkan ombak laut dengan nelayan yang menarik-narik tali dengan mengangkat barang di pundaknya. Tarian ini merupakan tarian yang pertama kali diajarkan dan wajib dihafal oleh anggota yang baru bergabung dengan ASOBU. Selain Soran Bushi, mereka juga melakukan tarian lainnya seperti Kizuna yang dimana setiap tarian itu memiliki alat pendukungnya masing-masing yang digunakan ketika melakukan tarian. Hebatnya mereka membuat kostum mereka sendiri untuk tarian yang akan mereka lakukan lho minna! Jika kalian penasaran lebih lanjut mengenai aktivitas mereka, kalian bisa mengikuti channel Youtube dan Instagram dari ASOBU UNSADA.

Berikutnya adalah sesi Special Benkyou atau pembelajaran khusus dari Ibu Indah. Di sesi ini kita akan diperlihatkan cara-cara membuat boneka Jepang Washi Ningyou dan tata cara melakukan Chanoyu atau upacara minum teh dari Jepang. Kedua pembelajaran ini dilakukan oleh Bu Indah dengan sangat jelas, rinci, dan elegan. Seperti dalam pembuatan Washi Ningyou dipraktikkan oleh Bu Indah dengan perlahan dan juga pasti, seperti pemilihan bahan, cara memotong dan melipat origami, menghias , dan lain-lain hingga selesai pembuatan Washi Ningyou. Begitu juga dengan mempraktikkan Chanoyu, Bu Indah memperlihatkan tata cara dari menyajikan teh, membuat teh, meminum teh, dan merapikan peralatan teh dengan sangat elegan, sehingga membuat penonton merasa sejuk dan tentram melihatnya.

Selesailah kita dengan sesi belajar di hari pertama ini, berikutnya adalah waktunya untuk sesi hiburan! Sesi hiburan dimulai dengan tampilnya guest star pertama di hari pertama Naisho, yaitu grup idol lokal yang telah debut dari tahun 2015 dan terus berkembang sampai sekarang, mereka adalah Hira Dazzle. Hira Dazzle ini memiliki arti “Berlian yang Bersinar”, jadi mereka memiliki keinginan untuk menjadi seperti berlian yang kuat, teguh, berkualitas, tetapi tetap terlihat indah untuk dipandang.

Sesi dibuka dengan kita diperlihatkan video penampilan dari Hira Dazzle yang membawakan lagu Senbonzakura dan lagu orisinil pertama mereka yang berjudul Look At Me. Setelah menampilkan video, dilanjutkan ke sesi QnA dengan para member dari Hira Dazzle. Banyak sekali pertanyaan-pertanyaan yang bermunculan dari penonton dan juga dari host.

Dari sekian banyak pertanyaan yang bermunculan, salah satu yang menarik adalah pertanyaan mengenai kegiatan dan latihan mereka selama pandemi ini. Hira Dazzle menjelaskan bahwa selama pandemi ini tentu mereka mengalami kesulitan untuk bertemu di studio untuk melakukan latihan dance dan bernyanyi, ketika membuat video penampilan mereka juga kesulitan untuk membuatnya. Namun, mereka menjelaskan bahwa karena sudah mendapat kesempatan untuk tampil di event dan demi fansyang telah menunggu mereka, mereka bersemangat untuk memberikan penampilan yang maksimal walaupun pada akhirnya harus ada 1 anggota yang tidak bisa ikut dikarenakan keadaan yang tidak mendukung. Hasilnya usaha mereka terbayar karena mendapatkan reaksi yang meriah dari penonton dan mendapatkan banyak fans baru.

Mereka sangat bangga karena bisa menampilkan hasil yang bagus karena mereka telah berlatih untuk menyempurnakan gerakan mereka selama sebulan lho minna! Hebat dan sungguh memotivasi sekali  grup idol Hira Dazzle ini. Bagi kalian yang menyukai idol, penasaran bagaimana penampilan, dan ingin mendukung mereka, kalian bisa mengeceknya di channel Youtube Hira Dazzle dan nantikan penampilan mereka yang akan datang.

Berikutnya adalah giliran Baby Metal Surabaya untuk bersinar! Seperti Hira Dazzle, terlebih dahulu mereka menayangkan video penampilan mereka. Bagi kalian yang menyukai Baby Metal pasti telah mengharapkan lagu-lagu hebat mereka yang akan membuat kalian melakukan headbang bukan? Nah, lagu pertama yang mereka bawakan adalah Megitsune yang dibawakan dengan campuran musik heavy metal dan musik tradisional Jepang. Lagu selanjutnya adalah Headbanger yang dibawakan dengan vokal yang melankolis dan instrumen yang terbilang intens. Masih ada 3 lagu lagi, tetapi sebelum itu akan ada QnA terlebih dahulu.

Seperti sebelumnya, komentar Youtube dibanjiri oleh banyak pertanyaan dan juga permintaan encore. Host pun meminta penonton untuk bersabar, kalau langsung semuanya nanti keseruannya langsung habis. Dari banyaknya pertanyaan, salah satu yang menarik adalah bagaimana Baby Metal Surabaya terbentuk. Mereka menjelaskan kalau awalnya mereka hanya sekedar fans Baby Metal yang bertemu di komunitas fans Baby Metal di Surabaya, kemudian seiring waktunya berjalan mereka tertarik untuk membuat dance cover dari Baby Metal itu sendiri dan akhirnya terbentuklah Baby Metal Surabaya.

Kemudian berlanjut ke mengenai latihan rutin mereka. Mereka menjelaskan bahwa Baby Metal Surabaya itu melakukan latihan atau persiapan tergantung dengan jadwal konser yang akan ada, biasanya mereka latihan selama 2 minggu sebelum berlangsungnya konser. Namun lamanya latihan mereka juga tergantung dengan lagu yang dibawakan, kalau lagu yang dibawakan itu baru, kemungkinan akan lebih lama karena mereka harus memikirkan konsep atau gerakan tarian yang akan dibawakan dari makna lagu. Mereka juga menceritakan pengalaman debut mereka di salah satu mall di Surabaya, saat itu mereka takut tidak akan ada yang tahu tentang Baby Metal, karena pada saat itu kebetulan Baby Metal yang asli vakum selama 2 tahun. Ternyata tidak seperti yang mereka bayangkan, banyak yang mengenal mereka dan hal itu membuat mereka ingin sekali untuk tampil di stage lagi.

Hal berikutnya adalah mengenai bagaimana bisa sebuah grup idol yang dibawakan dengan vibes heavy metal bisa menjadi seterkenal ini? Menurut mereka, idol itu kan biasanya digambaran orang merupakan grup perempuan yang membawakan lagu dengan kawaii atau imut. Tentunya dengan munculnya sebuah grup idol yang membawakan lagu dengan gabungan kawaii dan metal akan membuat orang penasaran dengan kombinasi yang unik tersebut, dan ternyata sangat mengagumkan dan membawa musik ke era yang baru.

Setelah itu, hal yang ditunggu-tunggu telah kembali, yaitu video penampilan mereka. Lagu-lagu yang mereka bawakan adalah Doki Doki☆Morning, Night Night Burn, dan YAVA!. Demikian penampilan dari Baby Metal Surabaya, kalau kalian ingin terus mendukung dan melihat penampilan mereka, kalian bisa mengikuti sosial media mereka, yaitu Instagram, Facebook, Twitter dan channel Youtube dari Baby Metal Surabaya.

Selesai sudah event Naisho untuk hari pertama ini, tidak terasa waktu menyenangkan terlewat begitu saja. Namun, dari waktu yang menyenangkan tersebut kita bisa mendapatkan banyak ilmu dan juga hiburan yang sangat seru. Terima kasih banyak kepada pihak Naisho dan juga guest star atas hari pertamanya ini, sampai jumpa pada artikel liputan berikutnya!

Author: MiwMiw

Editor: TLC