Halo minna-san! Pada artikel kali ini kita akan membahas mengenai event online hari kedua dari NAISHO. Sama seperti pada hari pertama, event hari kedua juga dilakukan melalui live streaming di Youtube. Meskipun dilaksanakan secara online, event dari NAISHO ini sangat menarik loh, yuk simak liputan event hari kedua dari NAISHO!

Acara dimulai dari jam 10 WIB namun, penonton sudah bisa memasuki ruang tunggu live streaming dari jam 9 pagi WIB. Acara diawali dengan sambutan oleh dua orang MC yaitu, Karin dan Zelva yang menjelaskan kegiatan event untuk hari kedua. Kedua MC juga mengingatkan jika hari tersebut adalah hari terakhir pengumpulan untuk lomba selfie yang submissionnya akan ditutup pada jam 12 dihari kedua acara.

Acara hari kedua adalah pengumuman pemenang lomba yang sudah diadakan sebelumnya oleh pihak NAISHO. NAISHO juga membawa banyak juri yang hebat untuk menilai dan memilih pemenang dari lomba yang diadakan tersebut. Terdapat beberapa lomba yang diadakan yaitu, Unjuk Karya Singing, Unjuk Karya Fan Art, dan Unjuk Karya Cosplay. Tentunya bukan hanya pengumuman pemenang lomba saja, namun juga ada sesi interview dan QnA bersama bintang tamu event NAISHO.

Lomba pertama dimulai dengan Unjuk Karya Singing yang dinilai oleh Okami Ken dan Nella. Dari banyaknya peserta yang mengikuti lomba ini, dipilih lima orang terbaik untuk ditunjukkan dan ditampilkan sebagai nominasi pemenang lomba. Dengan daftar sebagai berikut :

Peserta 1, Tia Nurhalisa Andika dengan lagu dari Aluto - Michi to you all

Peserta 2, dengan lagu dari Dish - Neko

Peserta 3, Vincentia Ivanka dengan lagu dari Aimer – Kachou Fuugetsu

Peserta 4, Nathanael Mellionardo dengan lagu dari BAAD – I Want To Shout I Love You (Kimi Ga Suki Da To Sakebitai)

Peserta 5, Aida dengan lagu dari Egoist – Sakase ya sakase

Semua penampilan peserta sangat bagus dan menarik, namun didalam lomba pastinya ada yang menang dan yang kalah. Dari hasil penilaian juri, ditentukanlah pemenang berikut. Juara ketiga jatuh kepada Nathanael Mellionardo, juara kedua jatuh kepada Muhamad Najmi Hanif, dan juara pertama lomba Unjuk Karya Singing ini adalah Vincentia Ivanka. Masing-masing dari pemenang lomba mendapatkan kesempatan untuk bertanya dan mendapatkan masukan dari para juri lomba tersebut.

Pada sesi tanya jawab dengan pemenang dan juri ini, semua pemenang menanyakan kenapa mereka bisa mendapatkan posisi tersebut kepada para juri. Untuk pemenang juara tiga, Okami Ken mengatakan jika Nathanael Mellionardo sangat menjiwai lagunya dan memberikan vibes yang positif terhadap penonton dan lagu itu sendiri. Nella, berpendapat jika pemenang juara tiga ini menampilkan performa yang menarik dan sangat enjoy dalam membawakan lagu tersebut.

Pemenang juara 2 merasa tidak menyangka dan sangat senang karena dapat memenangkan lomba yang diadakan pada event NAISHO. Peserta bertanya, kenapa ia bisa memenangkan lomba tersebut. Nella menjawab, hal itu dikarenakan penampilan yang nyaman, penghayatan yang baik, dan dapat menikmati lagu tersebut. Okami Ken juga memiliki kesan yang sama, lagu tersebut dibawakan dengan sepenuh hati yang pasti bisa sampai dihati pendengar.

Pemenang juara 1 mengucapkan terima kasih atas diadakannya lomba dan event tersebut. Okami Ken mengatakan jika ia sudah menyukai performance pemenang dari awal penampilan dimulai. Okami Ken berpendapat jika pemenang bisa “memiliki lagu tersebut”. Nella berpendapat bahwa dinamika dari awal masuk lagu pada penampilan Ivanka sangatlah baik. Ditambah dengan ekspresi yang baik dan tambahan gestur sebagai nilai tambah untuk penampilannya. Nella berpendapat jika Ivanka memiliki nada tinggi yang baik dan nada rendah yang sedikit berbahaya, meskipun Okami Ken tidak setuju dan menganggap nada rendahnya juga sudah sangat baik.

Setelah pengumuman pemenang, acara dilanjutkan dengan sesi QnA oleh MC dengan Okami Ken dan Nella. Dari sesi QnA tersebut kita mengetahui jika Okami Ken sudah mulai karir bermusiknya dari tahun 2015, dengan cover pertama yaitu lagu Unravel. Namun cover tersebut dihapus karena Okami Ken merasa tidak PD dengan cover tersebut. Okami Ken melanjutkan karirnya dengan mengcover lagu-lagu dari Vocaloid dan lagu lain yang disukainya. Dari tahun 2018 Okami Ken juga manggung bersama Nanairo Symphony.

Sedangkan Nella memulai karirnya dari tahun 2018 dengan bergabung dengan teater musikal Jepang. Nella juga pernah menjadi juri seiyuu di event Fuwajuku pada tahun 2020. Nella merasa jika itu adalah pengalaman yang sangat menyenangkan, selain itu ia juga belajar dan sharing mengenai banyak hal dalam event tersebut.

Selain pertanyaan dari MC, ada juga beberapa pertanyaan dari live chat pada stream di Youtube. Salah satu pertanyaan berisi mengenai cover lagu tokusatsu yang pernah dibawakan oleh Okami Ken. Okami Ken mengatakan jika ia secara tidak sengaja mendengarkan salah satu lagu tokusatsu dan ingin menyanyikan lagu tersebut. Pertanyaan selanjutnya adalah mengenai apakah Okami Ken dan Nella pernah mengikuti kursus menyanyi atau tidak. Nella mengaku jika dirinya tidak pernah mengikuti kursus apapun, namun dari kelompok teater Enjukunya ia sering latihan vokal. Latihan biasanya dimulai dari 6 bulan sebelum penampilannya.

Setelah acara pertama, dilanjutkan dengan istirahat selama setengah jam, dimulai dari jam 11.30 – 12.00. Lalu dilanjutkan dengan pengumuman pemenang lomba fan art dengan juri selanjutnya yang tentunya sangat keren dan sudah berpengalaman. Juri untuk lomba fan art adalah Auwi dan Ellenic, Auwi memiliki pengalaman mengajarkan art di Nippon Club dan Ellenic adalah penulis webtoon. Sebelum pengumuman pemenang, semua submission ditunjukkan dan dipilih beberapa honorable mention sebelum pemenang disebutkan.

Juara ketiga adalah art dengan judul, Streetwear Fashion oleh Nurmei Tri Rezeki. Kedua juri berpendapat jika artnya memiliki vibes yang baik dan effort yang diberikan sangat terlihat jelas dari hasil gambarnya. Desain dan detail dari karakter dinilai sangat baik dan menarik perhatian kedua juri. Peraih juara 3 juga menanyakan cara untuk mengatasi artblock yang sangat sering ia hadapi dalam membuat karya. Juri berpendapat jika salah satu cara untuk mengatasinya adalah dengan mencari inspirasi dari art lain yang menarik dan istirahat dengan cukup.

Juara kedua dengan judul Traditionally Trendy karya dari peserta Yvonne. Menurut para juri, gambar dari Yvonne sangat berfokus pada karakter dan penggunaan style yang menarik. Kedua juri juga memberikan semangat untuknya agar lebih percaya diri dengan hasil karyanya sendiri. Juara pertama dengan judul Making Origami yang dibuat oleh Riizame. Kedua juri lagi-lagi memiliki pendapat yang sama yaitu jika art dari Riizame memiliki detail karakter dan background yang sangat baik dan sudah ada pada level bisa dijual.

Setelah pengumuman dan sedikit sesi QnA dengan juri lomba fan art, dilanjutkan dengan pengumuman pemenang lomba cosplay. Tentunya dengan juri yang berbeda lagi dan tidak kalah keren dan berpengalamannya dengan juri-juri sebelumnya. Juri pada lomba cosplay adalah Risa dan Namikaze, pada acara tersebut Risa menggunakan cosplay karakter Lisa dan Namikaze mengcosplay karakter Jean, kedua karakter tersebut berasal dari game Genshin Impact. Seperti sebelumnya, submission yang sudah sampai kepada staff NAISHO ditampilkan dalam bentuk video.

Tanpa basa-basi lagi, berikut adalah para pemenang lomba cosplay NAISHO tahun 2021. Juara ketiga jatuh kepada Yuuki B dengan cosplay Katsushika Hokusai dari Fate/Grand Order. Menurut Risa, kostumnya memiliki detail yang baik dan sangat menarik. Lalu menurut Namikaze, cosplay yang dilakukan sangat on-point dengan karakter. Juara kedua adalah dari peserta bernama Ray dengan cosplay sebagai Sukuna dari Jujutsu Kaisen. Menurut Risa, Ray bisa membawakan karakter Sukuna dengan baik dan memberikan vibes yang tepat. Disisi lain menurut Namikaze, konsep video menunjukkan itu adalah karakter dari Sukuna.

Juara pertama lomba cosplay diberikan kepada Chiyuki Ryuu dengan cosplay karakter Nezuko dari anime Kimetsu No Yaiba. Menurut Risa, effort, detail karakter dan hasil video sangat baik. Namikaze menambahkan jika, story dan pengeditan video memberikan nilai tambah yang sangat baik. Setelah pengumuman para pemenang terdapat sesi QnA singkat dengan para juri, salah satu pertanyaan menanyakan mengenai cara menghadapi rasa gugup ketika cosplay. Menurut Namikaze, nervous pada saat tampil di acara cosplay itu pasti ada, dan Namikaze juga merasakannya. Begitu juga dengan Risa, ia merasakan banyak rasa nervous dan kejutan saat pertama kali melakukan cosplay.

Acara selanjutnya adalah penampilan dari Hyakushiki dan interview dengan para anggotanya. Hyakushiki beranggotakan lima orang yaitu Reza, Edo, Adit, Yofi, Welly, dan Kezia. Pada penampilannya, Hyakushiki membawakan tiga lagu coveryaitu,  Gumi - Kokoronashi, Creepy Nuts - Katsute Tensai Datta Oretachi dan lagu ketiga, Blend A - Bon Appetit S. Dari sesi QnA, kita dapat mengetahui bahwa Hyakushiki mulai dibentuk pada 28 Juni 2006. Pembentukan Hyakushiki ini bermula dari teman satu sekolah memiliki hobi yang sama. Hyakushiki ingin membawakan musik tanpa terlalu dipengaruhi oleh lagu asli dan ingin enjoydengan lagu yang dibawakan. Pengalaman berkesan yang dimiliki oleh Hyakushiki adalah pada event manggung pertama mereka karena merupakan pengalaman baru.

Sesi terakhir pada event NAISHO adalah penampilan dan sesi interview bersama Okami Ken dan REi Agara. Berikut adalah daftar dari lagu cover yang dibawakan oleh Okami Ken dan REi Agara.

Pembuka acara,

- Lagu pertama oleh Okami Ken dan Adhiew berjudul Tokyo Summer Session dari HoneyWorks.

- Lagu kedua oleh REi Agara berjudul Kaibutsu dari Yoasobi.

Pertengahan acara,

- Lagu ketiga oleh REi Agara berjudul Wherever You Are dari ONE OK ROCK.

- Lagu keempat oleh Okami Ken, Renegades dari ONE OK ROCK.

Pengakhir acara,

- Lagu kelima oleh Okami Ken, No Pain No Game dari Nano.

- Lagu keenam oleh REi Agara, Kaikai Kitan dari Eve.

Sekian liputan kami pada kemeriahan pada event hari kedua NAISHO yang diadakan secara online pada tanggal 31 Juli sampai 1 Agustus 2021. Sangat menyenangkan rasanya melihat berbagai penampilan dan hasil karya dari para peserta lomba. Begitu juga dengan penampilan dari para bintang tamu yang diundang pada event NAISHO. Bagi yang kelewatan event hari kedua NAISHO, bisa menonton arsip live stream pada kanal Youtube NAISHO UAJ. Yonde Kurete Arigatou Gozaimasu!

Author: Floyd

Editor: Ririe