Konnichiwa minna-san! Semoga dalam pandemi ini, minna-san tetap berada di keadaan sehat. Minna-san, apakah pernah mendengar mengenai Hetalia? Atau kata APH atau HWS? Artikel ini akan membahas mengenai komunitas atau fandom yang sudah berusia 15 tahun itu.

APH (Axis Powers Hetalia), terbit dari tahun 2006 – 2013, adalah sebuah komik web Jepang yang dijadikan manga dan seri anime bergenre komedi dan historical karya Himaruya Hidekazu. Seri ini adalah sebuah interpretasi alegori dari kejadian bersejarah dunia, lebih tepatnya Perang Dunia II. Negara-negara utama yang terlibat dari Perang Dunia II diberikan personifikasi sebagai manusia diantaranya, Blok Axis yang terdiri dari Italia, Jerman, dan Jepang, kemudian Blok Sekutu yang terdiri dari Amerika Serikat, Inggris, Prancis, Rusia, dan Tiongkok. Tokoh utama dari seri ini adalah Italia, bahkan dalam judulnya sendiri, Hetalia adalah kata gabungan dari kata Hetare ( へタレ) yang berarti tidak dapat diandalkan dan kata Italia.

Sedangkan HWS (Hetalia: World Stars), terbit dari tahun 2014 – sekarang, adalah serial manga yang dijadikan serial anime ber-genre komedi dan historical karya Himaruya Hidekazu juga. Perbedaannya dengan seri APH adalah artstyle yang lebih sesuai dengan suasana komedi yang ditunjukkan Himaruya-sensei. Seri APH sudah memperkenalkan banyak negara dari benua Eropa, Asia, Australia, dan Amerika, namun dalam seri HWS akan diperkenalkan lebih banyak negara yang belum ada di seri APH seperti negara-negara dari Asia Tenggara.

Negara pertama dari Asia Tenggara yang sudah diperkenalkan di seri anime dan manga APH adalah Vietnam dan Thailand, mereka sudah diperkenalkan sejak tahun 2011. Pada bulan Mei 2021 ini, telah diperkenalkan empat negara lagi dari Asia Tenggara dalam bab 371 seri manga HWS. Mereka adalah Filipina, Singapura, Malaysia, dan negara kita, Indonesia! Berikut official art Indonesia yang dibuat oleh Himeruya-sensei.

Indonesia di personifikasi sebagai pria muda dengan rambut yang disisir ke kiri dan memiliki sepasang manik emas. Ia mengenakan seragam Polri (Polisi Republik Indonesia) berlengan pendek berwarna Khaki, di kantung kiri seragamnya terdapat bunga Anggrek Bulan, celana panjang berwarna coklat tua dan sepasang sarung tangan putih. Bunga Anggrek Bulan dipakai dalam desain karakter personifikasi negara Indonesia karena Indonesia memiliki tiga bunga kebangsaan, ketiga bunga ini dianggap mewakili karakter bangsa dan negara Indonesia. Ketiga bunga yang dimaksud antara lain, Bunga Melati Putih (Puspa Bangsa), Bunga Anggrek Bulan (Puspa Pesona) dan Bunga Padma Raksasa/Bunga Rafflesia Arnoldii (Puspa Langka).

Menurut biodata dari Himaruya-sensei, Indonesia memiliki sifat yang ramah dan santai. Ia biasanya menggunakan kalimat “Mau kemana?” sebagai pemulai percakapan, karena sifatnya yang santai, ia menjadi kaku saat pertemuan formal. Seperti kebanyakan warga Indonesia, Indonesia sendiri menyukai makanan manis. Negara Indonesia kita memiliki banyak legenda dan makhluk mistis, tapi personifikasi dari negara kita malah takut dengan kegelapan dan makhluk mistis, banyak penggemar yang merasa hal ini membuat Indonesia begitu lucu. Kalau ia berada di situasi yang membuatnya tidak nyaman, ia biasanya mengatakan, “Tidak apa-apa!”.

Minna-san tahu tidak? Sebenarnya dalam fandom Hetalia ini, Indonesia sangat ditunggu-tunggu! Banyak sekali artist dari fandom ini yang menggambar personifikasi negara Indonesia versi mereka sendiri atau membuat OC (Original Character).  Kebanyakan dari personifikasi pribadi dari Indonesia berjenis kelamin perempuan, menggunakan kebaya atau pakaian tradisional lainnya.

Bahkan ada yang sampai membuat seri komik sendiri (Doujinshi) berdasarkan personifikasi pribadi dari Indonesia mereka, ini salah satunya yang terkenal, judulnya “Maaf”. Kisahnya mengenai masa-masa penjajahan Indonesia setelah Perang Dunia II, seri komik bergenre sedih dan komedi ini dibuat oleh pengguna situs web Deviantart bernama Dinosaurusgede. Doujinshi ini juga berhasil dicetak sebagai komik hardcopy dan dijual saat Komifuro 9 berkat bantuan dua pengguna situs Deviantart lainnya, Mengky335 dan Siripikan. Bukan hanya itu, Doujinshi “Maaf” juga ditampilkan dalam acara Comic Talk, Makassar International Writers Festival.

Minna-san, demikian penjelasan mengenai fandom Hetalia, personifikasi negara Indonesia versi Himaruya Hidekazu, dan karya-karya kreatif anak bangsa dalam fandom ini. Jangan lupa untuk menjaga diri dengan makan makanan bergizi, rajin mencuci tangan dan mengurangi keluar dari tempat tinggal. Sampai jumpa di artikel selanjutnya!

Sumber: Wikipedia, Hetalia Fandom, Devianart Dinosaurusgede, Devianart Siripikan

Author: Rra

Editor: Nao