Konnichiwa minna-san, semoga minna-san tetap berada dalam keadaan sehat. Selama pandemi ini, kita diharuskan untuk tetap berada di rumah, pastinya itu sangat membosankan, bukan? Salah satu cara untuk mengurangi rasa bosan adalah menemukan hobi baru, salah satu kegiatan yang bisa dicoba adalah belajar membuat animasi. Software MikuMikuDance atau MMD biasanya digunakan oleh animator pemula karena mudah dimengerti dan gratis. Mari simak artikel ini untuk tahu lebih banyak mengenai software MMD!

MMD atau MikuMikuDance adalah sebuah software animasi gratis yang membiarkan pengguna menganimasi video animasi 3D (Tiga Dimensi). Awalnya software ini digunakan untuk membuat video karakter Vocaloid, Hatsune Miku. Vocaloid adalah software produksi Yamaha Corporation yang dapat menghasilkan suara manusia. Ada banyak jenis Vocaloid, Hatsune Miku adalah Vocaloid paling terkenal di dunia.

MMD dibuat dan diprogram oleh Yu Higuchi (Higuchi M) dan mendapatkan banyak pembaharuan sejak dirilis. Software ini dijadikan bagian dari VOCALOID Promotion Video Project (VPVP). Objek 3D yang bisa digunakan dalam software MMD adalah model 3D, model 3D bisa dalam bentuk manusia, hewan, objek, latar tempat dan makhluk fiktif (peri, putri duyung, dll.). Pengguna bisa mengunggah model 3D ke dalam sebuah ruang virtual dan bisa digerakan atau di animasi dengan bebas.

Untuk membuat animasi model 3D, bagian tubuhnya bisa digerakkan berdasarkan tulang yang sudah disiapkan model dan ekspresi wajah juga bisa diganti secara manual. Namun, pengguna juga bisa mengunggah motion data kepada model 3D-nya. Ada dua jenis motion data, yang pertama adalah motion data untuk sebuah pose, dimana dalam satu file motion data berisi kumpulan data setiap tulang model 3D dalam satu frame saja, format file jenis motion data ini adalah .vpd (Vocaloid Pose Data). Yang kedua adalah motion data untuk sebuah animasi, dimana dalam satu file motion data berisi kumpulan data setiap tulang model 3D dalam banyak frame dan membentuk sebuah animasi, format file jenis motion data ini adalah .vmd (Vocaloid Motion Data).

Bukan hanya motion data yang bisa diunggah dalam software MMD, pengguna juga dapat mengunggah MME (MikuMikuEffect) untuk memberikan efek kepada model 3D agar dapat mendukung suasana yang sudah disiapkan. MME tidak dapat diunggah secara langsung, sehingga, pengguna harus memasukan plugin MME kedalam folder software MMD terlebih dahulu. Contoh dari MME adalah AutoLuminous dan Manga Shader, AutoLuminous adalah sebuah efek yang dapat membuat bagian spesifik dari model 3D bersinar. Manga Shader adalah sebuah efek yang dapat membuat model 3D memiliki shading yang mirip seperti efek manga. Jika sudah disiapkan pose atau animasi dan efek, pengguna bisa menambahkan musik dalam format file .wav (Waveform Audio File), dan karya akhirnya bisa diekspor menjadi format file video .avi (Audio Video Interleave).

Saat mengunduh software MMD, pengguna sudah diberikan beberapa model 3D termasuk karakter, latar belakang, motion data dan aksesoris. Bukan hanya itu, pengguna juga bisa menggunakan model 3D yang dibuat oleh penggemar atau fan made, model-model 3D fan made dapat ditemukan di situs web seperti Deviantart. Banyak sekali penggemar yang membuat model 3D sendiri menggunakan software 3D modeling seperti, Blender atau Metasequoia untuk membuat model dan pemetaan permukaan objek 3D-nya (UV Mapping). Setelah selesai dibuat, model 3D-nya dikonversi agar cocok dengan software MMD dengan menggunakan software PMD Editor atau software yang lebih terkini, PMX Editor. Masing-masing dari software ini menghasilkan format file .pmd (Polygon Model Data) dan .pmx (Polygon Model Extended).

Jika minna-san tertarik untuk membuat model 3D MMD sendiri, bisa kok! Di dalam situs web Deviantart bukan hanya ada model 3D yang sudah menjadi satu produk, juga ada bagian-bagian tertentu yang dapat digabungkan untuk dapat dijadikan model 3D kustomisasi. Contohnya seperti jenis wajah, gaya rambut, bentuk tubuh, pakaian, aksesoris, objek, dan tekstur. Dengan menggunakan software seperti Blender, PMX editor, Adobe Photoshop dan MMD sendiri, minna-san dapat membuat model 3D sendiri. Namun, jangan lupa untuk mencantumkan nama penciptanya dalam file ReadMe yang berisi daftar pustaka.

3D Model Karya: MijumaruNr1, stayfriends, Nasihe-C, UnluckyCandyFox, maunkid, dan KhrisMx dari situs web Deviantart.

Pada tanggal 26 Mei 2011, beberapa software alternatif untuk MMD muncul, seperti MMM atau MikuMikuMoving. MMM sering dianggap sebagai “pengganti” MMD karena dapat mendukung format file yang berbeda dari MMD, mendukung tampilan dari Oculus Rift, desain UI (User Interface) atau desain tampilan software, dan dapat mendukung aplikasi Blender. Setelah beberapa pembaharuan, akhirnya pada tanggal 1 Juni 2013, MMD dapat mendukung model 3D .pmx yang lebih canggih. Pada tanggal 10 Desember 2019, MMD versi terkini, versi 9.32 dirilis.

Minna-san, demikian penjelasan mengenai software MikuMikuDance, fiturnya, software pendukungnya, dan fakta-fakta unik mengenai software ini. Jika minna-san tertarik untuk mempelajari atau membuat karya menggunakan software ini, minna-san bisa mengunduhnya di learnmmd.com. Jangan lupa untuk menjaga diri dengan makan makanan bergizi, rajin mencuci tangan, dan mengurangi aktivitas di luar tempat tinggal. Sampai jumpa di artikel selanjutnya!

Sumber: Wikipedia, Learn MMD, Purple Rage, Deviantart

Penulis: Rra

Editor: Rika