Halo minna-san! Kembali lagi dengan artikel liputan Nippon Club. Pada artikel kali ini kita masih membahas kemeriahan dari event GJUI 27. Kali ini, GJUI 27 telah memasuki puncaknya di hari ketiga yang dilaksanakan pada tanggal 22 Agustus 2021. Yuk, kita simak keseruan dari GJUI 27 hari ketiga!

Berbeda dengan GJUI 27 hari pertama dan kedua yang menggunakan zoom sebagai platform acara, hari ketiga GJUI 27 dilaksanakan dengan menggunakan platform goplay. Sehingga, para pengunjung baru bisa mengakses GJUI 27 dengan membeli tiket mereka melalui Loket.com dengan harga Rp. 15.000,00 untuk satu tiketnya. Waktu pelaksanaan GJUI 27 juga berbeda dengan dua hari lainnya, yakni dimulai dari pukul 13.00-21.00 WIB.

Hari ketiga GJUI 27 dimulai dengan pembukaan bersama tiga maskot GJUI 27 yang dikenal sebagai “MuGenChi”, Mutsuki, Genta, dan Chiaki. Ketiga maskot ini akan menjadi MC dan menemani kita di hari ketiga GJUI 27 kali ini. Beberapa kegiatan yang akan dilakukan pada hari ketiga GJUI 27 adalah Talkshow dengan Vtuber, NoBar Pemenang Band Competition GJUI 27, Guest Star Performance: LuSca dan Kohi Sekai, dan DJ Performance: Ota Groove.

Sebelum menuju acara pertama, MuGenChi melakukan pembukaan dengan membuka obrolan seputar GJUI 27 hari pertama dan kedua, dan obrolan seputar kesukaan dan hobi masing-masing dari maskot GJUI 27. Selanjutnya, sebelum acara talkshow dimulai para maskot memperlihatkan kita sebuah video orkestra pertama dan tertua dari mahasiswa UI yang selalu melakukan penampilan di setiap GJUI 27, yaitu Otsuya yang membawakan lagu instrumen menggunakan violin dan piano.

Pada acara talkshowbersama Vtuber, sesi ini ditemani dengan dua maskot GJUI 27 (Chiaki dan Mutsuki) dengan dua guest star Vtuber yang sudah dikenal banyak oleh orang-orang, yaitu Andi Adinata dan Kanna Tamachi. Tidak hanya menonton talkshow, para pengunjung juga bisa berkomunikasi langsung dengan para Vtuber dengan menggunakan fitur live chat yang disediakan oleh goplay. Pada sesi ini, acara talkshow dibuka dengan perkenalan masing-masing Vtuber dimulai dari Andi Adinata yang merupakan Vtuber asal Bogor yang memiliki hobi untuk bermain game dan menyanyi. Selanjutnya, perkenalan dari Kanna Tamachi memperkenalkan diri sebagai wujud dari ras anjing asal Bali, yaitu Kintamani. Kanna Tamachi juga menjelaskan dirinya senang menonton video mukbang dan senang melakukan streaming bermain game.

Kemudian acara talkshowberlanjut dengan pertanyaan anime kesukaan yang dijawab Andi dengan Naruto dan Kanna menjawab Cardcaptor Sakura. Pertanyaan berikutnya adalah pertanyaan karakter apa yang ingin diperankan oleh para Vtuber, Kanna menjawab karakter Yukihira Souma (Shougeki no Soma) karena karakternya yang bisa memasak dan Andi menjawab karakter Doraemon (Doraemon) karena karakternya bisa melakukan apa saja. Selanjutnya adalah pertanyaan pelajaran bahasa asing yang ingin dipelajari, Andi menjawab bahasa Perancis dan bahasa Jepang, sementara Kanna menjawab bahasa Korea. Masih banyak perbincangan yang dilakukan di sesi talkshow ini, salah satunya adalah kegiatan sehari-hari dan konten yang dilakukan oleh Andi dan Kanna, tidak lupa juga diselingi dengan percakapan kedua Vtuber bersama para penonton GJUI 27.

Setelah acara talkshow selesai, acara GJUI 27 dilanjutkan dengan Pemenang Band Competition GJUI 27 bersama maskot Genta, Chiaki, dan guest star Vtuber Andi. Acara ini memperlihatkan dua buah cuplikan video cover lagu Jepang dari masing-masing tim yang memenangkan Band Competition GJUI 27 dari juara 1 hingga juara 3. Dimulai dari tim yang memenangkan juara 3, yaitu tim NBS yang melakukan cover lagu Back-On. Cuplikan video pertama menampilkan lagu Chain dari Back-On yang merupakan lagu opening dari anime Air Gear dan langsung dilanjutkan ke lagu keduanya Strike Back dari Back-On yang merupakan lagu opening ke-16 anime Fairy Tail.

Dilanjutkan dengan tim yang memenangkan juara 2, yaitu dari tim NAP Project yang menampilkan cover lagu Ultraman Medley dan lagu Gurenge dari LiSA. Lagu pertamanya adalah lagu Ultraman Medley yang merupakan gabungan beberapa lagu serial Ultraman. Selanjutnya, lagu kedua yang mereka tampilkan adalah lagu Gurenge yang merupakan opening anime yang sempat trending di tahun 2019, Kimetsu no Yaiba. Kemudian dilanjutkan dengan tim yang memenangkan juara 1, yaitu dari tim Gacha yang melakukan cover lagu Soldier Dream dari Saint Shinwa dan lagu Kimi Ga Suki Da To Sakebitai dari BAAD. Lagu pertamanya yang berjudul Kimi Ga Suki Da To adalah lagu opening anime Slam Dunk dan lagu keduanya adalah Soldier Dream yang merupakan lagu opening dari anime lawas Saint Seiya.

Masih dengan sesi yang sama, setelah cuplikan video selesai diputar akan ada sesi komentar dari guest star Andi. Andi mengatakan bahwa dirinya menyukai cover dari lagu Ultraman Medley oleh tim NAP Project karena aransemen musiknya yang baik dan lagunya membawa nostalgia. Dengan demikian, sesi NoBar Band Competition GJUI 27 pun berakhir, selamat bagi para tim yang memenangkan lomba!

Sesi berikutnya adalah sesi penampilan guest star dari girl group LuSca. LuSca adalah sebuah idol group lokal yang berasal dari kota Bandung, grup ini memiliki konsep akulturasi dari Indonesia dan Jepang sehingga, beberapa lagu mereka ada yang menggunakan campuran bahasa Jepang dan Indonesia. Saat ini grup LuSca memiliki 6 member. Pada sesi ini, peampilan mereka dilakukan dengan cara menampilkan beberapa cuplikan video musik. Beberapa cuplikan video musik orisinil mereka yang ditampilkan Scarlet Melody (new verse), Semua Hanya Untukmu, Di Sini Di Khatulistiwa, dan yang untuk yang memakai video cover adalah Hitori De Ikiraresou dan Kiminandakara. Tidak hanya menampilkan video musik dan cover, LuSca juga melakukan sesi obrolan berupa video rekaman para member LuSca yang saling bertanya mengenai idol grup lokal ini.

Ookami Ken (Kiri) dan Rei Anggara (Kanan)

Di tengah-tengah sesi penampilan LuSca, GJUI 27 juga menampilkan dua guest star tambahan yang tak kalah menarik, yaitu Ookami Ken dan REi Agara. Pada penampilan Ookami Ken, penyanyi yang memiliki suara vokal kuat ini menyanyikan dua buah lagu dengan bahasa Indonesia dan bahasa Jepang. Diawali dengan lagu Jalani Hidupmu, sebuah lagu orisinil Ookami Ken, lalu dilanjutkan dengan lagu Light My Fire - Kotoko. Tidak hanya Ookami Ken yang melakukan cover lagu, Rei Agara juga melakukan penampilan dengan cover lagu Kaikai Kitan - Eve dari opening anime yang terkenal tahun ini Jujutsu Kaisen dan lagu Yoru ni Kakeru - YOASOBI.

Selanjutnya, acara GJUI 27 dilanjutkan dengan peampilan dari Kohi Sekai. Kohi Sekai merupakan girl group asal Jogjakarta, Kohi Sekai sendiri memiliki arti “Dunia Kopi”. Grup ini beranggotakan 3 orang yang juga memilki nama kopi masing-masing, yaitu Kopi Ekspresso - Chintya, Kopi Latte - Dea, dan Kopi Macchiato - Faatin. Mereka semua siap memberi semangat dan energi bagi penonton GJUI selayaknya secangkir kopi. Dalam acara ini mereka membawakan lagu orisinil mereka Sambut Hari Ini dan Dear Friends. Mereka juga menyanyikan 4 lagu cover, yaitu Heart Sunglasses dari 26Jino Masquerade, Melon Sodadari Yumemiru Adolesence, Kimi nandakara dari Task have Fun, dan Yoake Brand New Days dari Babyraids Japan.

Setelah itu dilakukan istirahat panjang sekitar satu setengah jam, selama itu juga MuGenChi, atau MC hari ini mengisi kekosongan dengan trivia-trivia tentang Jepang. Dari asal-usul Samurai, Ninja, pentas Kabuki, hingga alat musik tradisional Jepang. Begitu istirahat selesai, MuGenChi memberikan penutup dan bersiap ke acara terakhir yang paling ditunggu, yaitu DJ dengan Octa Groove.

Lazurite (Kanan), Yurumination (Kiri), dan Kazusa (Bawah)

Ota Groove merupakan sebuah Anisong DJ crew yang berbasis di Indonesia. Pada hari ketiga GJUI27 ini mereka melakukan penampilan dari 3 anggotanya, yaitu Kazusa, Yurumination, dan Lazurite. Ketiganya menunjukkan penampilan dengan berbagai lagu Jepang yang sudah dimodifikasi, meski sama-sama lagu Jepang, style mereka berbeda sehingga masing-masing memiliki gaya khas tersendiri. Lagu-lagu yang dibawakan berupa opening maupun ending anime, lagu orisinil vtuber seperti Hololive, maupun lagu dari berbagai artis Jepang lainnya. Meskipun acara DJ ini dilakukan secara online dan saat malam hari, penonton tetap bersemangat berkat penampilan hebat mereka.

Begitulah akhir dari acara GJUI 27 di tahun 2021 yang dipenuhi semangat! Terimaksih untuk para staff dan guest star GJUI 27 yang telah mengadakan dan memeriahkan acara ini meski disaat pandemi sekalipun. Bagi minna-san yang tidak berkesempatan mengikuti acara ini, jangan bersedih dan nantikan acara GJUI berikutnya ya! Sampai jumpa lagi.

Author: Rika & Nao

Editor: MiwMiw