Hallo, minna-san! Pada kesempatan kali ini, Nippon Club mengadakan pelatihan yang bernama Latihan Dasar Kemimpinan Calon Pengurus atau disebut juga LDK CP. Pelatihan ini merupakan hal yang wajib diselenggarakan oleh Nippon Club dan juga wajib diikuti bagi aktivis Nippon Club untuk memenuhi syarat menjadi pengurus. Penasaran apa itu LDK CP dan bagaimana kegiatan yang dijalani para aktivis Nippon Club tersebut? Yuk mari simak artikel berikut ini.

Jadi, apa itu LDK Calon Pengurus? LDK Calon Pengurus merupakan pelatihan yang diadakan oleh kepengurusan Nippon Club untuk melatih aktivis yang akan menjadi pengurus baru untuk Nippon Club. Kegiatan LDK Pengurus ini dilakukan selama 2 hari yaitu pada tanggal 27 Juni sampai tanggal 28 Juni 2021. LDK Pengurus diikuti oleh aktivis dari Nippon Club Kemanggisan, Alam Sutera, dan juga dari Bandung. Bagaimana kegiatan LDK Calon Pengurus tersebut berjalan? mari kita simak pembahasannya berikut.

Hari Pertama

Hari pertama LDK CP dimulai dengan pemberian topik mengenai “Strategic Planning” dan juga “Keuangan Nippon Club”. Pada topik mengenai Strategic Planning dijelaskan apa itu Strategic Planning dalam organisasi dan bagaimana Strategic Planning tersebut dapat dijalankan beserta manfaat yang didapatkan dari implementasi Strategic Planning tersebut untuk Nippon Club. Setelah menjelaskan topik mengenai Strategic Planning, dilanjutkan dengan sesi live QnA dari para aktivis.

Untuk topik berikutnya dilanjutkan dengan menjelaskan topik mengenai “Keuangan Nippon Club”. Pada topik ini dijelaskan bagaimana prinsip keuangan organisasi berjalan dan juga fungsi keuangan organisasi berdasarkan prinsipnya. Pada topik ini dijelaskan juga bahwapengurus memiliki tanggung jawab untuk memegang keuangan sebaik mungkin.Kemudian Nippon Club sebagai organisasi harus melaporkan hasil laporan acara dan keuangannya kepada Student Club & Activity Center atau SCAC, sehingga dapat dibantu SCAC dengan diberi subsidi untuk kegiatan acara Nippon Club. Pada topik ini juga kita perlu menjaga kesehatan keuangan yang dimiliki Nippon Club sehingga pengeluaran dan pemasukan keuangan Nippon Club dapat terjaga. Setelah topik mengenai materi tersebut sudah disampaikan, dilanjutkan dengan sesi QnA dengan aktivis.

Hari Kedua

Untuk hari kedua LDK CP dimulai dengan memberikan pembahasan mengenai “Social Media Branding” dan “Regenerasi Kepengurusan Nippon Club”. Pada topik Social Media Branding yang dibawakan oleh Nippon Club Bandung dijelaskan apa itu branding dan bagaimana branding menjadi ikon untuk mengenali suatu produk atau suatu bentuk yang dapat dikenali seluruh orang. Pada sesi ini juga dijelaskan makna logo dari Nippon Club. Dimulai dari lingkaran Ensõ yang bermakna terus berkembang, kemudian warna biru yang dimana biasa digunakan untuk kerajinan jaman dahulu melambangkan bergerak dalam penyebaran kebudayaan Jepang. Lalu, yang terakhir adalah tulisan kaligrafi Jepang Nippon Club yang melambangkan terbentuknya Nippon Club dari kebudayaan Jepang. Setelah penyampaian topik yang telah dibahas, dilanjutkan dengan sesi QnA dengan aktivis.

Selanjutnya, kegiatan LDK CP dilanjutkan dengan topik mengenai “Regenerasi”, Regenerasi merupakan proses wajib bagi anggota organisasi untuk mengisi jabatan yang dimiliki oleh anggota generasi sebelumnya. Kegiatan regenerasi ini biasanya dilakukan pada “Minggu Cinta Nippon” agar mengetahui kualitas calon aktivis yang sesuai untuk mengisi anggota Nippon Club. Agar aktivis dapat menjadi pengurus nippon club, mahasiswa harus memenuhi syarat yang diperlukan agar dapat diterima di dalam kepengurusan Nippon Club. Pengurus yang terpilih dapat memiliki banyak manfaat dalam mempelajari soft skills dan juga hard skills yang membantu dalam kegiatan berorganisasi. Setelah penyampaian materi tentang regenerasi selesai, dilanjutkan dengan sesi QnA dan diakhiri dengan pemberian tugas untuk aktivis.

Demikian liputan LDK Calon Pengurus Nippon Club. Semoga dengan adanya pelatihan ini dapat memberikan wawasan kepada aktivis sekaligus calon pengurus masa depan nantinya. Tetap semangat dan terus menjalankan kewajibannya di Nippon Club ya!

Author: Ririe

Editor: MiwMiw