Alexander Bella,  cosplayer yang lebih akrab dipanggil Bella ini telah memiliki segudang prestasi sejak karirnya dimulai pada 2012 lalu. Berawal dari coba-coba, kini cosplay merupakan karir yang merintis namanya. Prestasinya dalam cosplay telah banyak diakui, dibuktikan dengan dirinya yang beberapa kali diundang menjadi juri di berbagai kompetisi cosplay. Hmm.. seperti apa ya cerita yang akan Bella bagikan dengan Nippon Club?

Kisah awal Bella menjadi Cosplayer

Pada tahun 2012, saat Bella masih duduk dibangku SMA dia diajak temannya untuk meng-cosplay karakter Mato Kuroi dari anime Black Rock Shooter. Alasannya hanya karena karakter tersebut terlihat mudah untuk di cosplay. Bella menyetujui ajakan tersebut meskipun saat itu tidak ada satu pun dari mereka yang berpengalaman dalam cosplay. Hanya dengan keberanian untuk memulai, Bella dan temannya memutuskan untuk mencari bahan-bahan cosplay dari facebook secara mandiri. Dari sinilah awal cerita Bella terjun ke dalam dunia cosplay.

Siapa karakter favorit Bella untuk di cosplay?

Bella memiliki 2 karakter favorit, yaitu Ganyu dari Genshin Impact dan Viper dari Valorant. Sebagai pecinta tantangan, Bella menganggap perbedaan dirinya dengan sifat Ganyu dan visual Viper membuat kedua karakter tersebut sangat menarik untuk di cosplay. Kemudian, Bella juga mengakui bahwa dia lebih suka meng-cosplay karakter dari game daripada karakter anime atau manga. Ini dikarenakan desainnya yang lebih unik dan variatif sehingga lebih mengasyikkan untuk di cosplay. Selain karakter game, dia menambahkan kalau karakter yang berpenampilan antagonis terasa lebih nyaman untuk di cosplay-nya.

Tahapan tersulit saat ingin melakukan cosplay

Bagi Bella, kostum adalah bagian yang paling sulit, terlebih karena menjahit bukanlah bidangnya. Dia terpaksa harus membeli/menyewa kostum cosplay dari orang lain maupun komisi ke temannya. Ini tentunya membutuhkan biaya ekstra dibanding membuat kostum sendiri. Kostum termurah yang pernah Bella sewa harganya tidak kurang dari 80 ribu rupiah, dan yang paling mahal hampir menyentuh 3 juta rupiah. Harga ini ditentukan dari seberapa rumit desain kostum karakter yang diinginkan. Jadi tidak heran kalau sewa kostum termahal Bella ditunjukkan untuk karakter Kadita dari game Mobile Legends Bang Bang (MLBB), yang memang memiliki kostum dan properti kompleks.

Pendapat Bella terhadap crossdressing

Mengenai crossdressing, Bella mengaku lebih nyaman untuk meng-cosplay karakter yang sesuai dengan jenis kelaminnya. Memang benar dia pernah beberapa kali meng-cosplay karakter laki-laki sebelumnya, seperti saat dia cosplay Gusion dari MLBB atau Prompto Argentum dari Final Fantasy. Tetapi itu dikarenakan dulu orang-orang disekitarnya mengatakan bahwa rupa Bella terlihat seperti laki-laki, dengan jawline tegas dan lainnya. Tapi semakin kesini, Bella merasa fisiknya sebagai perempuan agak menyusahkan untuk melakukan crossdress.

Alasan Kai’sa dari K/DA tidak di cosplay

K/DA adalah girl group musik virtual yang terispirasi dari K-Pop (Korean Pop), anggotanya terdiri dari karakter game League of Legends, yaitu Ahri, Akali, Evelynn, dan Kai’sa. Di akun instagram Bella, alexander_bella, terlihat kalau dia sudah mengcosplay semua anggota K/DA kecuali Kai’sa.  Bella kemudian menjelaskan kalau ini dikarenakan dia merasa kurang cocok dengan desain baru All Out Kai’sa, dari segi rambut sampai kostum. Meskipun begitu, jika membicarakan desain lama Pop Stars K/DA, dia mengaku sudah pernah meng-cosplay semua karakternya termasuk Kai’sa.

Event cosplay paling berkesan bagi Bella

Event paling berkesan bagi Bella terbagi di event online dan offline. Untuk event online, pilihannya adalah Clas:H x Indonesia Online Fest Vol 02. Kompetisi foto cosplay dalam event tersebut memiliki lebih dari 1500 entry. Saat itu, Bella ikut hanya sekedar iseng, tapi tak disangka-sangka fotonya berhasil terpilih sebagai Top 3 Judge’s Favorite. Juri yang memilihnya adalah cosplayer asal Jepang, Hikari Green. Bella sangat bersyukur atas kemenangan tersebut, dia mengaku sampai merasa salah tingkah saat mendengar namanya disebut juri.

Untuk event offline,  baginya yang paling berkesan adalah saat dia diundang untuk menjadi juri di Kediri. Saat itu adalah perjalanan kereta pertamanya yang menghabiskan waktu 13 jam, dari Jakarta sampai Kediri. Pegal dan lelah sudah tubuhnya dalam perjalanan. Meskipun begitu, event yang dia datangi begitu berkesan baginya. Di sana dia bertemu langsung untuk pertama kalinya dengan teman-teman online-nya dari berbagai daerah di Jawa Tengah. Mereka banyak mengobrol dan bahkan ada yang memberi Bella fanart dirinya sebagai kenang-kenangan. Berkat pertemuan itulah Bella merasa lelahnya di perjalanan terbayarkan sudah.

Kendala tidak terduga saat melakukan kegiatan cosplay

Salah besar kalau minna-san menebak kendalanya ada pada kostum maupun fotografer. Bella berkata kendala paling berat justru datang dari luar, yaitu serangan nyamuk. Saat itu sore menjelang malam dan Bella tengah melakukan video shoot cosplay di Hutan Taman Kota Tangerang untuk kebutuhan lomba. Selama proses pembuatan video, kaki Bella yang mengenakan legging hitam menjadi santapan nyamuk disana. Stres akan sakit yang dia rasakan saat itu membuatnya melakukan persiapan lebih saat harus melakukan rekaman lagi di tempat yang sama pada waktu berbeda. Lotion anti-nyamuk dia gunakan, namun ternyata itu masih tidak mempan bagi nyamuk disana. Akhirnya, Bella hanya bisa pasrah menahan rasa gatal dan sakit akibat nyamuk selama rekaman.

Hobi apa yang Bella miliki selain melakukan cosplay ?

Bella dengan tegas mengatakan make up. Nah! Kalau kalian yang belum tahu, Bella juga merupakan seorang Make Up Artist (MUA). Selama ini dia mengembangkan kemampuan make up-nya secara otodidak lho. Namun, sekarang Bella sedang menabung untuk kursus karena dia butuh sertifikat agar tidak dikatakan sebagai self claimed MUA. Menurut Bella, dalam make up banyak tantangan yang harus dia hadapi, apalagi menyesuaikan make up dengan karakter cosplay. Karena itu dia harus selalu belajar dan berkembang, menjadikan make up hal menarik baginya. Selain itu Bella suka bermusik, meski sekarang dia merasa kemampuan bermusiknya agak kaku karena jarang dilakukan. Terakhir, dia juga suka gaming yang mana awalnya diajak oleh teman dan justru menjadi ketagihan hingga sekarang.

Cara Bella menanggapi komentar buruk di media sosial

Bella mengaku dirinya tidak menyukai orang-orang yang sering berbicara tanpa memikirkan perasaan orang lain. Dia mengatakan dirinya hanya akan menghapus atau memblokir komentar buruk yang dia terima di akun media sosialnya. Namun, bila sudah merasa jengkel dia biasanya meng-upload sebuah reels di akun instagram-nya atau mengganti bio instagram-nya untuk melawan orang-orang yang berkomentar buruk padanya. Bella juga menceritakan pengalaman buruknya dimana ada seseorang yang sampai meneror hingga mengancam dirinya di game sampai instagram-nya. Hal ini berlangsung sampai 4 bulan, hampir saja Bella melibatkan pihak berwajib karena teror yang tidak kunjung usai.

Kesulitan dalam membuat konten secara online

Bella mengaku ingin membuat lebih banyak konten video cosplay seperti cosplayer lain, khususnya untuk diunggah ke akun tiktok-nya 4lexabellss. Namun, karena kurangnya pengalaman Bella dalam mengedit video, untuk mewujudkan keinginannya dia harus mengeluarkan uang ekstra untuk membayar jasa edit efek visual video. Selain itu, Bella yang sebelum pandemi ini membuka jasa komisi make up harus mengubahnya menjadi online. Itupun bukan lagi berbentuk komisi, melainkan menjadi les privat make up online berdasarkan permintaan pelanggan dengan menggunakan fitur video call.

Motivasi Bella untuk terus melakukan cosplay

Bella mengatakan cosplay adalah suatu hobi yang ia jalani. Menurutnya, dalam menjalani hal yang dia suka haruslah ada perkembangan. Secara pribadi, dia tidak suka untuk terjebak di  satu tempat begitu saja. Bella ingin selalu bisa berkarya dan belajar untuk selalu membuat dirinya berkembang menjadi lebih baik lagi dari sebelumnya.

Tips dan saran dari Bella untuk cosplayer pemula

Bella yang sudah menjadi cosplayer selama 9 tahun memberikan tips untuk tidak melakukan cosplay secara terburu-buru apalagi sampai dibawa stres. Baginya, cosplay harus dijalani dengan hati yang senang tanpa dijadikan masalah yang dapat membuat kita tidak dapat menikmati cosplay itu sendiri. Dia juga menambahkan pengalaman cosplay dirinya, berawal dari cosplay simpel sampai berkembang hingga cosplay menjadi karirnya saat ini. Selain itu, Bella juga memberikan tipsuntuk menabung secara perlahan untuk biaya cosplay dan melakukan cosplay sebagai sesuatu hal yang menyenangkan dan memuaskan.

Pesan untuk semua penggemar Bella

Secara pribadi daripada penggemar, Bella lebih nyaman memanggilnya dengan teman, karena mereka semua spesial baginya. Sehingga, banyak sekali pesan yang mengharapkan semua penggemarnya untuk tetap menjaga kesehatan fisik maupun mental dengan menjaga pola hidup. Dia juga memberikan semangat bagi para penggemarnya dalam menjalani kehidupan apalagi dimasa sulit seperti sekarang. Untuk mengakhiri pesannya, Bella mengucapkan terima kasih atas semua dukungan yang telah diberikan padanya selama ini.

“Untuk teman-teman semua, stay safe dan stay healthy! Jangan banyak stress maupun begadang. Tetap semangat dalam apapun yang kalian lakukan meski mendapat kesulitan apalagi di masa pandemi ini, jangan pernah putus asa!”

Penulis : Nao

Pewawancara : Rra & Rika

Editor : Rra