Halo minna-san, gimana nih kabarnya? Semoga sehat selalu ya. Pada artikel kali ini kita akan membahas mengenai dua karakter yang akan rilis di Genshin Impact pada update 2.3 ini. Sebelumnya kita mendapatkan kejutan dari Mihoyo berupa dua bannerlimited secara bersamaan, untuk karakter Albedo dan Eula. Pada banner fase kedua pada update kali ini kita kedatangan dua karakter baru yaitu Itto dan Gorou.

Namun sebelum kita memulai, disclaimer jika pada artikel ini kita hanya akan membahas mengenai kedua karakter ini dalam perspektif meta saja. Data akan berdasarkan informasi officialdari mihoyo dan bukan leak. Kita akan membahas seberapa penting kedua karakter ini untuk akun minna-san. Disisi lain, karakter yang minna-san gacha tidak harus meta atau overpowered, minna-san bebas untuk meng-gacha karakter yang disukai. Artikel ini tidak dibuat untuk melarang minna-sangacha karakter manapun dengan alasan apapun, artikel ini hanya dibuat untuk kepentingan hiburan dan antusias meta pada Genshin Impact.

Karakter yang pertama akan kita bahas adalah Gorou, karakter bintang 4 yang sudah bisa kita coba pada hangout eventnya. Gorou adalah karakter supportuntuk karakter geo dan karakter yang scaling dengan defense. Dengan kemampuan yang dimiliki, Gorou merupakan karakter yang sangat baik dan bahkan overpower dalam memenuhi perannya. Gorou bisa disebut sebagai Bennett kedua untuk karakter geo, terutama yang scalingdengan stat defense.

Pada skillnya, Gorou akan memberikan tambahan defense, resistensi terhadap gangguan dan geo damage bonus untuk anggota party. Buff ini bergantung pada jumlah karakter geo yang ada didalam party. Sedangkan, elemental burstnya fokus untuk sedikit damage, memberikan buff seperti pada skillnya, dan menyerap elementalshard disekitar karakter. Seluruh skill pasif dan constellationnya juga berorientasi untuk memberikan buff tambahan dan bahkan sedikit heal.

Secara keseluruhan Gorou adalah karakter yang memiliki potensi yang sangat baik untuk bersaing dalam meta Genshin Impact kedepannya. Namun, perlu diingat meskipun Gorou terlihat sangat menjanjikan, seluruh skillGorou sangat berorientasi pada karakter yang scaling dengan defense. Diluar dari hal-hal tersebut, Gorou akan menjadi kurang bernilai untuk akun minna-san. Jika minna-san tidak menggunakan karakter seperti Itto, Albedo, dan C6 Noelle, Gorou tidak akan memiliki valueyang sama.

Lalu untuk yang kedua kita akan membahas Itto, bintang utama dari update2.3 kali ini. Semenjak pengumuman karakternya, Itto sudah mendapatkan sangat banyak perhatian dan harapan dari para pemain Genshin Impact. Kita belum bisa melihat damage nyata yang dimiliki Itto karena belum ada test run ataupun cara lain dimana kita bisa melihat damagenya Itto. Sedangkan Itto adalah karakter DPS(Damage Per Second) yang valuenya akan tergantung pada jumlah damagenya bisa ia miliki.

Meski begitu, kita tetap bisa menilai Itto berdasarkan informasi skill yang sudah ada dari Hoyolab. Terutama karena meta tidak hanya berkutat pada damage semata. Meskipun Itto terlihat menjanjikan sebagai karakter DPS, elemen geo yang dimiliki Itto adalah elemen yang dinilai paling lemah dan jauh dari kata meta. Elemental reaction geo tidak memberikan damage sama sekali dan tidak juga membantu dalam combat systemnya. Geo resonances juga hanya bagus karena kita memiliki Zhongli dan bukan karena elemen geoadalah elemen yang meta.

Dari sini, bisa kita lihat jika ada sangat banyak hal yang harus diperhatikan sebelum memutuskan untuk ngegacha karakter Itto. Itto sendiri akan menjadi karakter yang sangat sederhana dalam hal gameplay, Itto hanya merupakan gabungan dari Noelle dan Razor, hal ini berarti damageItto akan menjadi hal yang sangat penting karena tidak ada hal lain seperti supportyang bisa dilakukan oleh Itto. Itto juga kelihatan akan memiliki masalah dalam energy recharge.

Selain itu, Itto juga adalah karakter yang sangat “mahal”, karena Itto membutuhkan Gorou dan Albedo atau Zhongli untuk mencapai puncak kemampuannya. Itto juga membutuhkan artefak baru di domain yang sangat tidak efisien karena dipasangkan dengan artefak healer, sedangkan kita mungkin membutuhkan 8-14 set dari artefak tersebut. Itto akan sangat bergantung pada team mono geo dengan 3 karakter geo didalam team. Hal ini akan menjadi masalah ketika kita menghadapi monster dengan elemental shieldyang kuat seperti didalam spiral abyss.

Author : Floyd

Editor :Rra

Source : https://www.hoyolab.com/article/1580566