Konnichiwa, minna! Bagaimana kabarnya? Kali ini saya ingin menyampaikan kepada kalian tentang inovasi terbaru Jepang. Apa inovasi itu? Mari langsung saja kita terjun ke topiknya.

Jepang merupakan negara yang terkenal akan kemajuan teknologinya. Teknologi Jepang bervariasi, unik, dan menarik, seperti robot Asimo atau Shinkansen yang cepat dan canggih. Sekarang dari Prefektur Tokushima, Jepang akan memperkuat image-nya sebagai negara teknologi dengan mengeluarkan bus pertama yang bisa berjalan di atas rel kereta dan di jalan aspal.

DMV(Dual Mode Vehicle) merupakan inovasi terbaru dari Jepang ini, dikembangkan oleh Asa Seaside Railway Corp di Prefektur Tokushima. Kendaraan ini merupakan mobil minibus yang dimodifikasi dengan ban tambahan dibawah kendaraannya agar dapat naik ke rel kereta sekaligus digunakan di jalan biasa. Dengan menekan satu tombol, DMV dapat berubah dari minibus biasa menjadi kereta minibus dalam 15 detik.

Saat dalam mode kereta, DMV ini dapat mencapai kecepatan 30 kmph menggunakan enam ban, yang termasuk dua ban karet dibelakang dan dua pasang ban besi di bagian depan dan belakang bus. Bus ini juga dapat menghemat konsumsi bahan bakar dan biaya perawatan karena bobotnya yang lebih ringan daripada kereta biasa.

Pemerintah Prefektur Tokushima berharap DMV akan menarik para turis dan mendorong ekonomi lokal. Selain itu, Pemerintah Prefektur Tokushima juga berharap DMV dapat mempermudah transportasi warga setempat karena menjadi tidak perlu ganti dari bus ke kereta lagi. Ditambah lagi, DMV ini diharapkan dapat membantu ketika terjadi bencana alam, karena dapat menggunakan jalur kereta apabila jalan umumnya tertutup.

DMV direncanakan untuk beroperasi pada Tokyo Olympic 2020 lalu. Namun, saat itu DMV masih belum lulus uji keamanan oleh Kementerian Transportasi. Tetapi, jangan khawatir karena saat ini DMV telah lulus uji keamanan dan telah diberi lampu hijau untuk beroperasi.

Bagaimana pendapat kalian? Apakah DMV ini akan berhasil mendorong ekonomi lokal Prefektur Tokushima atau akankah DMV jatuh dan menjadi sejarah gelap bagi Prefektur Tokushima. Itu saja untuk artikel kali ini. Terima kasih telah membacanya dan sampai jumpa di artikel berikutnya, Mata ne~.

Author : 59ducks

Editor : Floyd

Source:https://english.kyodonews.net/news/2021/11/ccad96867e04-japan-to-get-worlds-1st-operational-bus-train-dual-mode-vehicle.html

thumbnail: https://www.japanstation.com/worlds-first-dual-mode-vehicle-dmv-railway-tracks-roads-tokushima/

Gambar 1: https://www.japanstation.com/worlds-first-dual-mode-vehicle-dmv-railway-tracks-roads-tokushima/

Gambar 2: https://www.asahi.com/ajw/articles/14055442