Halo, minna-san! Bagaimana kabarnya? Semoga kita semua selalu dalam keadaan sehat. Kali ini kita akan membahas tentang 5 tempat wisata yang wajib dikunjungi ketika berlibur ke Jepang.

Jepang adalah salah satu negara maju yang menjadi destinasi liburan favorit banyak wisatawan dari berbagai belahan dunia, termasuk dari Indonesia. Jepang dikenal dengan teknologinya yang canggih, alamnya yang indah, masyarakatnya yang disiplin dan teratur, serta budaya pop culture-nya yang sangat populer dan banyak digemari, terutama kartunnya yang dikenal dengan istilah anime.

Selain hal-hal yang disebutkan di atas, Jepang juga dikenal karena memiliki tempat wisata yang sangat beragam dan menarik. Beberapa dari tempat wisata itu memiliki sejarah yang unik. Berikut ini adalah 5 dari tempat-tempat wisata di Jepang yang direkomendasikan untuk kalian kunjungi beserta keunikan dan keindahannya masing-masing.

1. Gunung Fuji

Gunung Fuji merupakan salah satu destinasi wisata alam yang paling populer di Jepang. Berlokasi di Pulau Honshu, yaitu pulau yang terletak di antara dua prefektur (provinsi di Jepang), yaitu Prefektur Shizuoka dan Yamanashi. Tempat ini sangat digemari terutama oleh para pendaki gunung.

Gunung ini memiliki ketinggian sekitar 3.776 meter di atas permukaan laut (mdpl) dan masuk ke dalam salah satu situs warisan budaya UNESCO. Di sekitar gunung ini, terdapat beberapa kuil dan penginapan serta taman bunga sakura yang indah. Bunga sakura di lereng Gunung Fuji ini biasanya mekar sekitar pertengahan April sampai dengan akhir Mei. Pada periode tersebut, para wisatawan dapat berjalan-jalan mendaki Gunung Fuji sambil menikmati pemandangan bunga sakura. Para wisatawan juga menjadikan Gunung Fuji sebagai tempat melepas lelah setelah berbulan-bulan berada di dalam hiruk-pikuk lingkungan perkotaan.

2. Istana Himeji

Salah satu destinasi wisata bersejarah yang juga memiliki pemandangan yang indah adalah Istana Himeji. Letaknya adalah di kota Himeji, Prefektur Hyogo. Istana ini juga dikenal dengan nama “Kastil Bangau Putih” karena bangunannya berwarna putih dan bentuknya terlihat seperti bangau. Terdapat beberapa spot yang menarik di sekitar kastil ini yang bisa digunakan untuk berfoto ria.

Istana Himeji pertama kali berdiri pada tahun 1346 dan dibangun oleh Akamatsu Sadanori, samurai pada zaman Istana Utara-Istana Selatan. Seiring berjalannya waktu, istana ini mengalami beberapa renovasi dan perbaikan sehingga penampilannya menjadi semakin cantik. Keunikan dari istana ini adalah dinding dan atapnya tidak mudah terbakar. Pada tahun 1993, Istana Himeji ditetapkan sebagai salah satu warisan budaya UNESCO.

Selain berfoto di sekitar istana ini, para wisatawan yang berkunjung juga mengikuti berbagai event yang diadakan setiap tahunnya. Event-event tersebut biasanya berhubungan dengan 4 musim di Jepang, yaitu Hanami (acara melihat bunga sakura di musim semi), Momiji (acara musim gugur), Himeji Yukata Festival (acara musim panas), Hirosaki Castle Snow Lantern Festival (acara musim dingin).

3. Tokyo Skytree

Bangunan Tokyo Skytree dibangun pada tahun 2008 dan menjadi simbol baru kota Tokyo hingga sekarang. Lokasinya di kota Sumida, Tokyo. Menara ini dijuluki sebagai menara tertinggi di Jepang dan berfungsi sebagai pemancar sinyal televisi sejak zaman Showa. Di dalam menara Tokyo Skytree terdapat berbagai tempat dan fasilitas yang menarik untuk dilihat, seperti Tokyo Solamachi, Tembo Galleria, Akuariu Sumida, dan lain-lain. Kita juga bisa melihat pemandangan kota Tokyo dari atas menara ini.

Sebelum ada Tokyo Skytree, sudah ada menara pemancar sinyal televisi dan radio pendahulunya, yaitu Tokyo Tower, yang dibangun pada tahun 1958. Pada waktu itu banyak terdapat gedung-gedung pencakar langit yang memenuhi Tokyo sehingga penyebaran sinyal dari Tokyo Tower terganggu. Oleh karena itu, masyarakat meminta agar dibangun menara pemancar sinyal yang lebih tinggi sehingga berdirilah Tokyo Skytree yang memiliki ketinggian 600 meter. Selain tinggi, menara Tokyo Skytree ini juga sangat efektif untuk penyebaran sinyal di era digital sekarang.

4. Tokyo Disneyland

Siapa sih, yang tidak mengenal Disneyland? Ya, tempat hiburan dan permainan yang terkenal di seantero dunia dan bertemakan kartun produksi Walt Disney ini juga terdapat di Tokyo, tepatnya berlokasi di kota Urayasu, Prefektur Chiba. Disneyland merupakan tempat hiburan terbesar di dunia yang sangat digemari, baik oleh anak-anak maupun orang dewasa.

Selain menyediakan berbagai wahana permainan dan fasilitas untuk berfoto ria dengan para karakter Disney, Tokyo Disneyland juga menyediakan atraksi-atraksi yang menarik untuk ditonton, seperti Jungle Cruise, Pirates of Caribbean, Big Thunder Mountain, dan lain-lain. Di sini para pengunjung juga bisa berkunjung ke Tokyo Disneysea, dimana di dalamnya terdapat berbagai pertunjukan atraksi dan wahana permainan air. Tokyo Disneyland adalah tempat bermain paling direkomendasikan untuk kalian yang akan pergi berlibur ke Jepang.

5. FujiQ Highland

FujiQ Highland adalah tempat bermain yang terletak di Prefektur Yamanashi. Tempat ini bisa dibilang unik karena berada di sekitar kaki Gunung Fuji. Walaupun tidak sepopuler Tokyo Disneyland, namun tempat ini juga menarik karena memiliki berbagai wahana permainan yang menantang.

Wahana yang paling terkenal di FujiQ Highland adalah roller coaster. Berbagai macam roller coaster yang tersedia antara lain Dododonpa, Takabisha, Fujiyama: King of Coasters, dan Eejanaika. Namun, roller coaster bukanlah satu-satunya tipe permainan yang ada di sini. Ada juga area bermain anak-anak Thomas Land dan Gaspard & Lisa, Cool Jappaan, rumah hantu The Super Scary Labyrinth of Fear, dan masih banyak lagi. Untuk kalian yang ingin menikmati taman bermain dengan pemandangan alam gunung di Jepang, FujiQ Highland adalah tempat yang tepat.

Itulah 5 tempat wisata yang indah, menarik, unik, dan direkomendasikan untuk kalian kunjungi ketika berlibur ke Jepang. Manakah yang paling kalian suka?

Sumber referensi : Wikipedia, Traveloka.com, Idntimes.com, Matcha-jp.com, Antaranews.com, Thegate12.com, Infojepang.net, Travel.kompas.com, Tiket.com, Japanesestation.com

Author : Trashynut

Editor : floyd