Halo, minna-san! Kembali lagi dengan artikel Nippon Club. Kali ini kita akan membahas tentang salah satu produser, animator, dan sutradara anime yang terkenal karena anime produksinya yang berjudul “Kimi no Na Wa” dan “Tenki No Ko”, yaitu Makoto Shinkai. Berikut adalah profilnya, mari kita simak bersama-sama.

Makoto Shinkai lahir di Koumi, Prefektur Nagano pada tanggal 9 Februari 1973. Nama aslinya adalah Makoto Niitsu. Ia sangat menggemari dunia animasi dan manga. Sejak masih duduk di bangku sekolah, ia sudah sering menggambar karakter-karakter anime dan manga. Selain itu, ia juga gemar menulis novel.

Setelah lulus SMA, Shinkai melanjutkan pendidikannya di Universitas Chuo dan mengambil jurusan Sastra Jepang. Kemudian, ia memulai kariernya pada tahun 1994 di perusahaan video game Falcom. Selama menekuni pekerjaannya, ia tetap mengembangkan bakatnya membuat film, animasi dan manga. Namun, ia memutuskan untuk keluar dari Falcom pada tahun 2001 karena ingin fokus pada dunia animasi.

Pada tanggal 3 Februari 2003, film animasi pertamanya yang berjudul “Voice of a Distant Star” mulai rilis di bioskop-bioskop. Film ini merupakan film pendek hasil adaptasi dari salah satu karya komiknya yang sempat dimasukkan ke website Manga Zoo. Banyak masyarakat yang memberikan komentar positif tentang film tersebut. Hal ini tentunya membangkitkan semangat Shinkai untuk berkarya lebih banyak lagi. Ia kembali memproduksi film pendek berjudul “The Place Promised in Our Early Days” pada tahun 2004. Kemudian ia merilis film “5 Centimeters per Second” pada tahun 2007. “5 Centimeters per Second” merupakan movie pertamanya yang berdurasi 1 jam.

Setelah bekerja selama 7 tahun, Shinkai memutuskan untuk mengambil cuti ke London pada tahun 2008. Lalu pada tahun 2011, ia kembali ke Jepang dan merilis film animasi baru, “Children Who Chase Lost Voices from Deep Below”, yang sempat meraih penghargaan sebagai Film Kategori Terbaik pada ajang Tokyo Anime Awards 2012.

Puncak karier Shinkai adalah pada tahun 2016, dimana ia merilis film animasi “Kimi No Na Wa” yang sempat booming di seluruh dunia. Film ini sukses meraih penghasilan sekitar 20,51 miliar yen dan paling banyak mendapat penghargaan internasional. Selain karena ceritanya yang menyentuh, film ini memiliki efek visual CGI yang sangat bagus. Karya terakhirnya adalah film “Weathering with You” yang dirilis pada 2019.

Itu adalah profil singkat tentang Makoto Shinkai. Semoga bermanfaat untuk kalian semua! Jangan lupa untuk selalu menjaga kesehatan ya, minna-san! Sampai bertemu di artikel selanjutnya!

Sumber referensi : Tribunnews.com, Tirto.id, Japanesestation.com, Bacaterus.com, Jalantikus.com

Author : Trashynut

Editor : floyd