Konnichiwa minna-san, semoga minna-san tetap berada dalam keadaan sehat. Kabar gembira bagi pemain dan penggemar Ensemble Stars!! karena sebentar lagi game berbasis rhythm ini akan mendapatkan adaptasi dalam Bahasa Inggris. Mari simak artikel ini untuk mendapatkan informasi lebih mengenai kabar baik ini!

Sebelumnya, Ensemble Stars! merupakan sebuah game yang dikembangkan oleh Cascalia Studio dan dirilis oleh Happy Elements K.K. Game ini merupakan spin-off dari game lainnya Happy Elements yaitu, Ensemble Girls! Pada awal rilis, yakni tahun 2015, Ensemble Stars! merupakan game simulasi kehidupan dan gacha game yang bisa diunduh lewat Google Play Store dan App Store. Namun, pada tanggal 9 Maret 2020, Ensemble Stars! merubah citranya menjadi rhythm game dengan judul Ensemble Stars!! Music. Game simulasi kehidupan sebelumnya masih berjalan dengan judul Ensemble Stars! Basic.

Icon Ensemble Stars!! Basic dan Music

Ensamble Stars!! Music menyediakan permainan rhythm dengan lebih dari 100 lagu orisinill, 4 tingkat kesulitan, video musik 3D yang berkualitas, cerita yang menarik, mengumpulkan kartu playable characters melalui gacha, bermain lagu bersama dengan teman, dll. Terdapat 49 Playable Character atau karakter yang bisa dimainkan pemain di Ensemble Stars!! Music. Masing-masing karakter ini berada di idol unit mereka sendiri, jumlah idol unit yang sesuai dengan cerita asli Ensemble Stars!! ada 15, terdapat juga idol unit shuffle (acak) yang berjumlah 6 unit.

Awalnya, game Ensamble Stars!! baik Music atau Basic hanya tersedia dalam bahasa Jepang, dan hanya bisa diunduh melalui QooApp atau TapTap, yang merupakan 3rd party downloader application. Memang ada server bahasa lain untuk Ensamble Stars!! Music yaitu server Bahasa Mandarin Tradisional, Bahasa Mandarin Sederhana, dan Bahasa Korea. Namun, pada tanggal 24 Desember 2021, akun Twitter Official dari Ensemble Stars!! Music mengumumkan bahwa pre-register untuk server Bahasa Inggris, EN dan US sudah dimulai. Server EN adalah server untuk negara Kanada, Inggris dan Australia sedangkan server US adalah server untuk negara Amerika Serikat.

Sekarang, terdapat lebih dari 9000 calon pemain yang sudah pre-register melewati official website Ensemble Stars!! Music. Dalam masa pre-register ini, calon pemain diberikan target jumlah pemain yang pre-register pada server Bahasa Inggris. Target paling banyak adalah 200.000 orang pemain, setiap bertambahnya calon pemain, pre-register gift yang akan diberikan saat server ini dirilis akan semakin banyak. Untuk target paling kecil, yaitu 8000 pemain saja sudah mendapatkan 350 diamonds, yang cukup untuk 10 kali gacha di dalam game. Sedangkan untuk target paling banyak, 200.000 pemain akan mendapatkan 1750 diamonds dan satu kartu orisinil.

Banyak pemain yang menunggu kehadiran server berbahasa Inggris ini, akhirnya pemain-pemain tidak perlu bergantung lagi pada terjemahan cerita dari penggemar lain. Pada server Bahasa Jepang Ensemble Stars!! Music sudah ada 5 bab cerita utama yang sudah tamat, setiap bab nya terdiri dari 40-100 sub bab, cerita event, cerita karakter,dll. Sekarang sudah ditambah dengan Story Arc baru yaitu SS Arc. Dengan konten sebanyak itu, akan lebih mudah untuk dimengerti dengan Bahasa Inggris bagi pemain yang tidak berbahasa Jepang. Apalagi cerita yang disediakan sangat menarik, sangat disayangkan jika dibiarkan begitu saja.

Bagaimana minna-san? Jika tertarik untuk mengenali dan memainkan rhythm game ini, minna-san bisa melakukan pre-register untuk server EN atau US agar bisa mendapatkan hadiah yang banyak dengan konten berbahasa inggris. Cara melakukan pre-registernya cukup mudah, minna-san dapat mengunjungi Official Website, menekan tombol pre-register, memasukan alamat email dan kode verifikasi pada kolom yang tersedia. Semudah itu saja minna-san sudah terdaftar pada calon pemain server yang dipilih.

Minna-san, demikian perkenalan dan penjelasan mengenai sejarah, fitur, server, dan fakta-fakta mengenai game ini. Jangan lupa untuk menjaga diri dengan makan makanan bergizi, rajin mencuci tangan, dan mengurangi aktivitas di luar tempat tinggal. Sampai jumpa di artikel selanjutnya!

Sumber:

https://www.ensemblestars.com

https://en.wikipedia.org/wiki/Ensemble_Stars!

https://ensemble-stars.fandom.com/wiki/The_English_Ensemble_Stars_Wiki

https://www.animenewsnetwork.com/press-release/2021-12-27/ensemble-stars-music-begins-the-pre-registration-for-english-version/.181032

Penulis: Rra

Editor: Nao