Halo minna-san, bagaimana kabarnya? Semoga kalian tetap bersemangat. Bulan ini ada kabar gembira bahwa salah satu rhythm game buatan Craft Egg yaitu Project Sekai Colorful Stage atau biasa disingkat sebagai Proseka. Game Proseka sudah keluar sejak tahun lalu tepatnya pada 30 September 2020 memiliki perbedaan satu tahun pas dengan server global.

Minna-san, mungkin beberapa bagi kalian belum tahu tentang Proseka. Proseka itu merupakan rhythm game mirip dengan beberapa game rhythm lainnya yang berada pada platform mobile atau biasa kita sebut gadget. Tetapi Proseka sendiri juga memiliki keunikan beberapa keunikan tersendirinya. Contohnya seperti, Proseka memiliki band-nya sendiri dan Proseka juga menggunakan audio game berasal dari Vocaloid yang mungkin beberapa dari kalian menyukainya yakni seperti Hatsune Miku, Megurine Luka, Gumi, dan beberapa lainnya. Vocaloid adalah voice synthesizer software awalnya dibuat oleh Yamaha Corporation. Kata Vocaloid sendiri berasal dari kata vocal dan android, yang berarti mengubah frekuensi dari suara manusia menjadi suara yang unik.

Jadi minna-san, pertama kali kalian membuka Proseka kalian akan disambut dengan pertemuan pertama kalian dengan Miku mengajak kalian berbincang sebentar. Setelah perbincangan, kalian akan memainkan satu lagu di Proseka sebagai tutorial kalian untuk perkenalan cara kalian bermain game tersebut. Kemudian perbincangan kembali dilanjutkan sampai ke menu game dimana kalian dapat langsung memainkan lagu-lagu yang sudah terdapat pada Proseka atau kalian dapat memilih untuk berbincang dan mendengarkan beberapa karakter yang berada di game. Di game ini ada beberapa cara untuk mendapatkan lagu – lagu baru yang ada di game menggunakan tiket. Tiket tersebut dapat didapatkan dengan memainkan lagu di game tersebut, membaca story game, menukarkan currency yang ada pada event shop kedepannya. Di game ini terdapat konten story dari Vocaloid dan band – band yang terdapat pada game. Sayangnya tidak terdapat story untuk karakter individual, tetapi untuk menutupi hal kekurangan tersebut, Proseka memiliki story event yang dapat kalian baca bagi penyuka story  karakter . Kalian juga tidak perlu sedih karena story event akan tetap dapat diakses meskipun event tersebut sudah selesai. Untuk fitur lainnya, terdapat fitur seperti membuat kostum custom jika kalian sudah memiliki salah satu karakter dalam tema yang kalian mau.

Kita sudah membahas sedikit tentang Proseka. Bagaimana? Tertarik untuk coba bermain game ini tapi tidak bisa diunduh di gadget kalian? Game ini belum ada di Playstore Indonesia, tapi kita masih bisa mendownloadnya dengan menggunakan QooApp sebagai alternatif  lalu tinggal dimainkan seperti biasa. Bagi yang belum memiliki QooApp di Smartphone & Tablet kalian dapat menuju ke website QooApp dan langsung mendownloadnya. Sayangnya, bagi pengguna IOS masih sedikit informasi yang ada agar kalian dapat mendownload game tersebut dari Appstore dan jika ada mungkin kedepannya akan ada berita tentang hal tersebut. Sekian, semoga hari kalian dapat berjalan dengan baik.

Sumber gambar:

https://www.colorfulstage.com/

https://twitter.com/ColorfulStageEN/status/1443259281222946816

https://apps.qoo-app.com/en/app/880

Sumber:

https://en.wikipedia.org/wiki/Hatsune_Miku:_Colorful_Stage!

https://id.wikipedia.org/wiki/Vocaloid

Writer: Tio

Editor : Rra