Konnichiwa, minna! Bagaimana kabar resolusi tahun baru kalian? Apakah sudah gagal atau masih dipertahankan? Bagi kalian yang memiliki resolusi yang berhubungan dengan berolahraga, saya punya hal yang akan membuat pengalaman berolahraga kalian lebih menyenangkan. Penasaran? Mari kita langsung bahas saja.

Untuk kalian yang suka nonton streamer Jepang atau vtuber, pasti tau nih Ring Fit Adventure. Ring Fit Adventure merupakan game dari Nintendo yang dirilis di Switch pada tahun 2019. Ring Fit Adventure (RFA) ini merupakan hasil kerja Nintendo dalam membuat olahraga menjadi menyenangkan bagi kalian yang tidak suka berolahraga.

Bagaimana RFA membuat olahraga menjadi menyenangkan? Secara singkat, RFA menggabungkan elemen-elemen dari game RPG dengan rutinitas olahraga yang dapat dilakukan di rumah. Jadi, pemain dapat mengalahkan musuh dan grinding level dengan melakukan berbagai jenis olahraga yang telah disajikan oleh RFA.

Setelah mengetahui basis dari RFA, selanjutnya adalah cara bermain RFA. Untuk bermain RFA, tentu saja yang kita butuh pertama adalah Nintendo Switch dan game RFA itu sendiri.  Kedua adalah Ring-Con dan Leg strap khusus untuk RFA, kedua peralatan ini dijual secara terpisah dari Nintendo Switch, tetapi untungnya dijual dengan kaset RFA-nya sendiri.

Ring-Con dan leg strap dapat dikatakan sebagai controller dalam RFA. Keduanya digunakan untuk memainkan dan menavigasikan menu dalam game-nya. Namun, kedua peralatan tersebut memiliki fungsi khusus yang dirancang spesifik untuk RFA.

Ring-Con dan leg strap memiliki bagian dimana pemain dapat menempelkan joy-con ke dalam keduanya. Joy-con ini nantinya akan menjadi motion tracker untuk mendeteksi gerakan pemain. Saat bermain, pemain akan memegang ring-con sebagaimana memegang setir mobil. Sedangkan, untuk leg strap, seperti namanya akan dipasang di bagian paha pemain untuk mendeteksi gerakan kaki pemain. Setelah itu, pemain akan diminta untuk mengikuti gerakan yang ditampilkan di layar sambil memegang ring-con dan leg strap yang telah dipasang sebelumnya.

Sebelumnya, dikatakan bahwa RFA memiliki alur cerita yang membantu membuat olahraga menjadi menyenangkan. Namun, selain itu, RFA juga memiliki beberapa fitur yang tidak hanya membuat sesi olahraga kalian menyenangkan, tapi juga membuat rutinitas olahraga kalian lebih mudah dipertahankan. Hal ini karena adanya penyesuaian tingkat intensitas olahraga yang pemain dapat atur sesuai kemauan pemain sendiri. Selain itu, RFA memiliki fitur yang dapat mengatur tingkat kesulitan sesuai dengan keinginan atau kebutuhan pemain.

Mungkin beberapa dari kalian ada yang berpikir bahwa RFA ini hanya Wii-Fit dengan alur cerita. Namun, RFA memiliki ciri khas yang membedakannya dengan Wii-Fit. Selain alur cerita dan peralatan yang digunakan untuk memainkannya, jenis olahraga yang dapat dilakukan di RFA termasuk olahraga yang mengincar bagian otot tertentu. Dibanding dengan jenis olahraga Wii-Fit yang lebih fokus ke keseimbangan tubuh pengguna. Ditambah lagi, jenis-jenis olahraga dalam Wii-Fit merupakan olahraga yang intensitasnya rendah, jadi untuk orang yang benar-benar ingin membangun otot dan meningkatkan kebugaran tubuhnya, Wii-Fit saja tidak akan cukup.

Bagi kalian yang sedang bekerja untuk meraih fitness goal kalian tahun ini, apakah kalian tertarik dengan RFA? Tentu saja masih banyak alternatif lain yang dapat membuat olahraga menyenangkan, tetapi konsep olahraga sambil bermain RPG ini masih langka dan hal inilah yang membuat RFA menarik dan menyenangkan. Sekarang kita sudah sampai di akhir artikel. Terima kasih banyak dan sampai jumpa di artikel berikutnya! Hona mata!

Source:

Nintendo site

Imore

Penulis: 59ducks
Editor: Rra