Michael Nathaniel merupakan B24 yang kini menjabat sebagai DPI untuk NC Gen ke-23. Dalam dunia perkuliahan, beliau mengambil jurusan IT di kampus Binus Alam Sutra.  Nah, pada interview kali ini Michael memberikan banyak jawaban menarik dan motivatif yang tentunya sangat sayang untuk dilewatkan. Maka dari itu, simak terus artikel ini sampai habis ya!

Alasan menjadi kepengurusan NC

Michael terinspirasi dari pengurus-pengurus NC sebelumnya dimana mereka mampu membuat acara yang menarik serta mampu mengurus NC dengan baik. Maka dari itu, ketika ia menjadi member, ia perlahan mulai mengenal senpai yang kala itu menjabat. Tidak lama kemudian, ia pun merasa dirinya harus berkontribusi untuk NC dan itulah yang menjadi alasan mengapa beliau ingin menjadi bagian dari kepengurusan NC.

Divisi yang dimasuki sebelumnya

Sebelumnya Michael merupakan anggota Komunitas bagian Board Game. Hingga saat ini, Micheal masih mengurus divisi yang ia masuki sebelumnya. Namun, saat ini tugas yang ia emban sebelumnya sudah perlahan tergantikan oleh juniornya saat ini.

Apakah menjadi DPI adalah keinginan anda sejak menjadi aktivis di NC?

Michael mengungkapkan bahwa pada awalnya ia tidak tertarik untuk menjadi DPI ketika dirinya masih menjadi aktivis. Ia hanya ingin menjadi pengurus biasa dan belum berniat untuk mengurus NC di bagian paling dalam atau bagian inti. Michael tertarik menjadi DPI ketika ia mendapat inspirasi dari senpai-nya kala itu.

Perasaan anda setelah terpilih menjadi DPI untuk gen 23 (saat ini)

Terpilih sebagai sekretaris gen 23 membuat Michael senang dan bersyukur. Akan tetapi, ia masih belum merasa nyaman karena baru menjabat selama 1 atau 2 bulan. Hal tersebut menyebabkan dirinya tidak terbiasa dan kebingungan terhadap tugas yang harus ia kerjakan.

Apakah menjadi DPI berpengaruh terhadap prospek karir anda kedepannya?

Michael mengatakan bahwa dengan menjadi DPI, ia mungkin bisa lebih sukses di karirnya kedepannya. Dengan menjadi DPI, ia mampu belajar banyak hal seperti memimpin sebuah organisasi, memimpin orang-orang, manajemen waktu, menghadapi keadaan genting, dan lain sebagainya. Dengan adanya tantangan yang akan dihadapi kedepannya, ia yakin hal tersebut akan berdampak baik terhadap karirnya di masa yang akan datang.

Bagaimana cara anda membagi waktu antara kuliah dan organisasi terutama kesibukan sebagai DPI?

Michael memiliki 2 cara dalam membagi waktu antara kuliah dan organisasi. Cara yang pertama adalah ia membagi tugas berdasarkan skala prioritas. Mengerjakan tugas yang paling mendesak terlebih dahulu lalu mengerjakan tugas lainnya. Sedangkan, cara kedua adalah pembagian tugas dalam kerja kelompok. Michael mengatakan bahwa tugas atau beban yang dibagikan kepada satu sama lain mampu membuat tugas yang awalnya besar atau berat akan lebih ringan. Hal tersebut tentunya memudahkan Michael membagi waktu terkait kesibukannya.

Rencana anda sebagai DPI

Salah satu prioritas Michael saat ini adalah membuat NC lebih maju. Caranya adalah dengan memberikan dukungan kepada ketua, bendahara, koor, pengurus, dan aktivis. Mereka sebagai DPI memberikan support kepada semua yang terlibat di dalam NC. Itulah rencana Micheal sebagai DPI kedepannya.

Harapan anda untuk NC kedepannya

Michael berharap supaya NC bisa beradaptasi karena mungkin tidak lama lagi perkuliahan akan dilaksanakan secara tatap muka. Ia berspekulasi bahwa saat ini aktivis NC yang baru maupun yang lama belum memiliki keterampilan yang cukup untuk melakukan kegiatan offline. Harapannya setiap yang terlibat di dalam NC kali ini mampu belajar bersama dalam menghadapi acara kegiatan yang diadakan saat offline nanti.

Selain itu, ia juga berharap NC bisa lebih berkembang dengan membuka cabang di kampus lainnya. NC di Kemanggisan dan Alam Sutra telah berkembang dengan baik akan tetapi NC Bandung masih memiliki sistem mereka sendiri sehingga tidak terintegrasi. Maka dari itu, ia berharap NC Bandung bisa bergabung sehingga terintegrasi dan juga membangun cabang NC di kampus Binus Malang.

(kiri) Michael Nathaniel Hartono dan (kanan) Eru

Terakhir, ia juga berharap bahwa aktivis-aktivis yang terpilih bisa berteman dengan baik. Dengan adanya suasana yang baik, tentunya hal ini akan memudahkan pengurus dalam memimpin. Selain itu juga memberikan dampak baik kepada NC berupa kinerja yang efektif dan memuaskan.

Demikian artikel interview kita pada kali ini. Pengalaman tentunya menjadi guru yang abadi bagi kita. Selain itu, pengaruh dari orang terdekat maupun kerabat pastinya memberikan dampak yang besar kepada kita. Maka dari itu, jagalah hubungan yang baik dengan sesama minna-san. Sampai jumpa pada artikel berikutnya.

Author : Eru

Editor : Nao