Konnichiwa, minna-san! Kabar baik untuk kalian yang mempunyai minat untuk belajar di Jepang atau bekerja di Jepang. Pendaftaran JLPT untuk Juli tahun 2022 ini telah dibuka. Bagi kalian yang belum tahu apa itu JLPT atau penasaran bagaimana cara mengikuti JLPT, yuk simak lebih lanjut!

日本語能力試験(Nihongo Nouryoku Shiken) atau yang lebih dikenal dengan Japanese Language Proficiency Test (JLPT) merupakan tes yang diadakan oleh pemerintah Jepang untuk mengukur kefasihan berbahasa Jepang bagi orang yang bukan penduduk asli Jepang. JLPT pertama kali diadakan pada tahun 1984. Sejak itu, JLPT telah dilaksanakan di 15 negara dan diikuti oleh lebih dari 7,000 orang dari berbagai negara.

Logo JLPT

JLPT menguji empat aspek utama dalam Bahasa Jepang: grammar, reading, vocabulary, dan listening. Ujiannya sendiri dibagi menjadi tiga bagian, 語彙 (goi), 読解 (dokkai), dan 聴解 (choukai). Bagian pertama, 語彙 (goi) menguji kemampuan kosa kata peserta, seperti cara penggunaan suatu kata dan pengetahuan kanji. Setelah bagian pertama selesai, peserta akan diberikan waktu istirahat sekitar 20 menit sebelum bagian kedua dimulai. Bagian kedua, 読解 (dokkai) menguji kemampuan membaca dan struktur kata (grammar) peserta. Terakhir, 聴解 (choukai) menguji kemampuan mendengar percakapan dalam Bahasa Jepang peserta.

Ujian JLPT juga memiliki tingkat kesulitan dari N1 sampai N5, dengan N1 merupakan tingkatan paling sulit dan N5 yang paling mudah. Jika tujuan kalian ingin kuliah atau bekerja di Jepang, biasanya hanya akan diperlukan sertifikat N2. Namun ada beberapa universitas/tempat kerja yang memerlukan sertifikat N1, biasanya N1 hanya diperlukan untuk bidang yang lebih teknis. Sementara itu, N5 dan N4 dibutuhkan ketika ingin masuk ke sekolah Bahasa Jepang. Terakhir, seperti N2, N3 juga bisa digunakan untuk masuk institusi/bekerja di Jepang, tetapi hanya beberapa institusi yang menerima N3 sebagai batas minimum level Bahasa Jepang.

Sekarang kita sudah tahu apa itu JLPT, pasti kalian tidak sabar ingin tahu cara mendaftar bagaimana, kan? Pertama, yang perlu diketahui adalah JLPT diadakan dua kali dalam setahun pada bulan Juli dan Desember. Sementara itu, periode pendaftarannya biasa dimulai beberapa bulan sebelum ujian diadakan. Langkah selanjutnya adalah untuk mencari tempat pelaksanaan JLPT terdekat. Untungnya, JLPT sudah dilaksanakan di hampir semua kota besar Indonesia. Untuk daftar kotanya, bisa dilihat di tautan berikut.

Setelah mengetahui lokasi diadakannya JLPT, tentu saja kita ingin daftar untuk mengikuti JLPT-nya. Caranya mudah dan bisa dilakukan di rumah kalian secara online, yaitu dengan langsung ke website resmi JLPT Indonesia dan registrasi menggunakan akun Gmail kalian. Selanjutnya, pilih lokasi pelaksanaan JLPT yang diinginkan. Setelah menyelesaikan registrasi, lunaskan pembayaran lalu tunggu email konfirmasi dari panitia JLPT. Apabila sudah mendapatkan email dari panitia, kalian berarti sudah resmi terdaftar untuk mengikuti JLPT.

Website JLPT

Terakhir, bagi kalian yang ingin mengikuti JLPT, ada hal yang perlu kalian harus ketahui, seperti jangan sampai kartu ujian kalian hilang. Nomor yang ada pada kartu ujian kalian akan digunakan untuk melihat hasil ujian. Jika, kalian kehilangan nomor ujian tersebut, kalian tidak dapat melihat dan menerima sertifikat kalian.

Bagaimana minna-san? Apakah kalian tertarik untuk mengikuti JLPT? Untuk yang sudah pernah, bagaimana pengalaman kalian saat mengikuti JLPT? Sekian untuk artikel kali ini, terima kasih sudah membaca dan seperti biasa, sampai jumpa di artikel selanjutnya!

Sumber:
JLPT Indonesia

Penulis: 59ducks
Editor: Rra