Minna-san, konnichiwa! Kembali lagi bersama kami dalam artikel Nippon Club. Kali ini, kita mau kenalan dengan salah satu band terkenal yakni One OK Rock. Yuk, kita simak profilnya sama-sama!

One OK Rock merupakan band beraliran rock yang dibentuk pada tahun 2005. Band ini awalnya beranggotakan 5 orang yang memiliki perannya masing-masing, di antaranya adalah Takahiro Moriuchi sebagai vokalis, Toru Yamashita dan Alex sebagai gitaris (keluar pada tahun 2009 karena kasus pelecehan seksual), Ryota Kohama sebagai bassist, dan Tomoya Kanki sebagai drummer.

Awal mula terbentuknya “One OK Rock” terbentuk dari  Toru berniat untuk membuat sebuah band yang kemudian disetujui oleh Taka, Tomoya, Alex, dan Ryota. Nama band mereka, “One OK Rock”, diambil dari jam latihan mereka setiap minggunya, yaitu pukul 1 dini hari (one o’clock). Kata “o’clock” dipelesetkan menjadi “OK Rock” karena pelafalan huruf “r” dan “l” di Jepang sama. Setelah dibentuk, One OK Rock pun memulai kontraknya dengan perusahaan Amuse Inc. pada tahun 2007.

Singlepertama yang mereka buat berjudul “Naihi Shinsho”, dirilis pada tahun 2007 dan berhasil meraih urutan ke-48 Oricon Charts. Kemudian, dilanjutkan dengan single berjudul “Yume Yume” dan “Et Cetera”. Pada tahun 2007, One OK Rock berhasil mengadakan konser pertama mereka diadakan pada tahun 2007 di Tokyo, Osaka, dan Nagoya. Dua tahun setelahnya, yakni pada tahun 2009, One OK Rock berencana merilis single baru dengan nama “Around the World Shounen”, yang akan dijadikan soundtrack untuk drama “God Hand Teru”, namun perilisan lagu ini gagal dikarenakan penangkapan Alex.

One OK Rock kembali merilis single baru mereka yang terkenal dengan judul “The Beginning” pada tahun 2012, yang kemudian dijadikan soundtrack untuk film adaptasi anime, “Rurouni Kenshin” dan berhasil meraih penghargaan “Best Rock Video” dan “Best Your Choice”. Mereka juga sempat mengadakan tur ke negara-negara Asia dan Eropa. Karir mereka berlanjut dengan single “Mighty Long Fall/Decision” pada tahun 2014, “The Way Back” pada tahun 2015, dan album berjudul “Ambitions” pada tahun 2016. Ada juga beberapa single lain seperti “Wasted Nights”, “Stand Out Fit In”, “Whenever You Are”, dan lain-lain. Semua single tersebut mereka tulis menggunakan campuran bahasa Inggris dan Jepang.

Pada April 2021, One OK Rock berkolaborasi dengan Ed Sheeran, seorang penyanyi dan musisi asal Inggris yang sudah berteman dengan One OK Rock sejak tahun 2019, untuk menulis lagu baru berjudul “Renegades” yang juga dijadikan soundtrack untuk film “Rurouni Kenshin”. Lalu pada September 2021, sebuah film dokumenter One OK Rock yang berjudul “Flip a Coin” dirilis. Film ini menceritakan tentang karir dan perjuangan mereka di masa pandemi Covid-19.

Nah, begitulah profil singkat mengenai band One OK Rock. Semoga bermanfaat dan memberikan pengetahuan baru untuk kalian semua. Jika kalian tertarik, yuk, dengarkan lagu-lagu One OK Rock!

Sumber referensi: Tribunnewswiki.com, Antaranews.com, Wikipedia, Cnnindonesia.com, Kompasiana.com

Author              : Trashynut

Editor               : Rika