Halo minna-san, bagaimana kabar kalian? Semoga kalian dalam keadaan yang sehat ya! Pada artikel ini, kita mendapatkan sebuah kabar baik dari situs resmi Kodansha’s Morning Two, mengungumkan adaptasi anime dari komik Witch Hat Atelier. Pengunguman ini dibarengi dengan rilisnya video teaser pencapaian komik ini pada hari Selasa, 5 April 2022.

Komik Witch Hat Atelier (とんがり帽子のアトリエ/ Tongari Boushi no Atelier) merupakan karya dari seorang ilustrator bernama Kanome Shirahama. Komik ini mulai dirilis sejak 22 Juli 2016 oleh Kodansha dalam seri majalah Morning Two Monthly. Sejak perilisan pertama mereka, komik ini langsung menjadi populer di kalangan para pembaca komik. Kepopulerannya ini dibuktikan dengan penjualan seri komik pertama mereka yang mencapai lebih dari 400.000 cetakan dalam periode Januari-Juni 2017. Hingga saat ini, penjualan komik Witch Hat Atelier dari seri 1-5 telah mencapai lebih dari 2,5 juta cetakan dalam bahasa Jepang dan bahasa Inggris.

Selain penjualannya yang sangat tinggi, komik ini juga digemari karena art style dan cerita yang disajikan kepada pembaca. Para pembaca disajikan dengan art style yang indah dengan paduan warna pastel sehingga karakter memiliki kesan yang imut. Selain itu, komik ini juga memiliki genre fantasi sihir sehingga alur yang disajikan bertemakan sihir. Berkat hal ini, komik Witch Hat Atelier berhasil mendapat penghargaan Best General Manga dalam acara Annual Kodansha Manga Awards ke-42 (2018) dan Best Youth Comic award dalam acara Angoulême International Comics Festival ke-46 di Perancis (2019). Pada tahun 2020, Witch Hat Atelier kembali mendapatkan perhargaan sebagai Top 10 Graphijudulc Novels for Teens oleh YALSA (Young Adult Library Services Association), sebuah organisasi perpustakaan.

Seperti komik dengan genre fantasi sihir pada umumnya, komik ini menggunakan penyihir sebagai tokoh utama dalam komik ini. Cerita dalam Witch Hat Atelier berfokus pada Koko, seorang gadis desa yang bermimpi menjadi penyihir. Namun sayangnya, Koko terlahir tanpa memiliki bakat sihir sama sekali. Sehingga, Koko terpaksa merelakan impiannya dan menerima kenyataan bahwa dia tidak bisa menjadi penyihir.  Hingga suatu hari, Koko bertemu dengan Kiefley/Qifrey, seorang penyihir yang tengah berkunjung ke desanya.

Koko kagum saat melihat kehebatan sihir Qifrey yang merapalkan mantra untuk menciptakan magic rune dengan tinta sihir. Setelah melihatnya, Koko mencoba merapal mantra seperti yang dilakukan Qifrey.  Sayangnya, mantra yang Koko rapalkan membuat rumah dan ibunya berubah menjadi batu. Untuk membatalkan mantra dan mengembalikan ibunya, Koko harus menjadi penyihir sehingga dia dapat mengakses perpustakaan penyihir. Cerita akan terus berlanjut dengan Koko yang menemukan dunia rahasia sihir, menghadapi bahaya, dan mempelajari misteri yang melibatkan kelompok penyihir.

Meskipun komik Witch Hat Atelier ini sudah dikonfirmasi akan mendapatkan adaptasi menjadi anime, sampai saat ini belum ada informasi tambahan mengenai studio yang menggarap animetersebut. Sehingga, masih banyak informasi yang perlu ditunggu mengenai proses pembuatan anime Witch Hat Atelier. Bagaimana minna-san? Tertarik untuk menunggu adaptasi anime dari komik ini?

Akhirnya, kita telah sampai pada bagian akhir artikel. Semoga artikel ini dapat menjadi referensi minna-san dalam menonton anime dengan genre fantasi sihir. Sampai jumpa di artikel berikutnya!

Sumber:

https://www.animenewsnetwork.com/news/2022-04-05/witch-hat-atelier-manga-gets-anime/.184394

https://witch-hat-atelier.fandom.com/wiki/Witch_Hat_Atelier_(Manga)

https://diorama.suaramerdeka.com/entertainment/pr-1833152419/manga-populer-dengan-tema-sihir-witch-hat-atelier-dikonfirmasi-dapatkan-adaptasi-anime?page=2

Author: Rika

Editor: Tio