Halo minna-san! Bagaimana kabarnya? Semoga minna-san dalam keadaan sehat semua ya... Pada artikel kali ini, kita akan membahas salah satu stage play (Drama Panggung atau Teater) dari adaptasi film anime terkenal yang memenangkan piala Oscar dari Ghibli Studio, yakni “Spirited Away”! Minna-san penasaran tidak nih dengan nuansa spirit dan fantasi khas Ghibli yang dibawakan dalam drama panggung? Yuk, langsung saja kita simak artikel ini!

Sebelum membahas drama panggungnya, “Spirited Away” merupakan animasi yang diproduksi oleh studio Ghibli pada tahun 2001. Animasi ini menjadi salah satu karya terbaik Hayao Miyazaki dan merupakan salah satu film paling sukses dalam sejarah perfilman Jepang. Alur cerita film ini mengisahkan perjalanan magis seorang gadis kecil bernama Chihiro (10 tahun) yang tengah pergi untuk pindah domisili bersama kedua orang tuanya.

Namun, di tengah perjalanan keluarga Chihiro tersesat di sebuah hutan misterius, kemudian mereka menemukan sebuah bangunan yang memiliki terowongan. Terowongan tersebut menuntun mereka ke sebuah taman terbengkalai. Di taman tersebut, orang tua Chihiro menemukan kedai dan memakan makanan tersebut tanpa permisi. Tiba-tiba, kedua orang tua Chihiro berubah menjadi babi dan akan dijadikan bahan makanan.

Chihiro kemudian berlari meminta bantuan dan bertemu dengan Haku dalam keadaan tembus pandang. Chihiro yang heran dengan keadaan tubuhnya, akhirnya ditolong oleh Haku dengan memberikannya sebuah permen agar tubuh Chihiro tidak menghilang dan dapat menolong orang tuanya. Setelah itu, Haku menyuruh Chihiro untuk bertemu Kamaji (tokoh pria tua dengan enam lengan) untuk memberikan pekerjaan pada Chihiro. Dari sinilah, perjalanan Chihiro untuk menyelamatkan orang tuanya dengan bantuan Haku dimulai.

Pertunjukkan drama panggung “Spirited Away” ini sebelumnya sudah diumumkan sejak tahun lalu. Drama panggung ini disutradai oleh Tony Winner John Caird dan diproduksi oleh Toho Studios. Pada awal tahun ini, bagian pertama drama panggung “Spirited Away” sudah selesai ditampilkan di Tokyo’s Imperial Theater, Tokyo. Kemudian, drama panggung “Spirited Away” ini akan dilanjutkan dalam tur musim panas tahun ini di berbagai kota Jepang seperti Osaka pada bulan April, Fukuoka pada bulan Mei, Sapporo pada bulan Juni, dan Nagoya pada bulan Juli.

Dalam produksi drama panggung ini, para kru dan John Caird benar-benar berusaha  merealisasikan karakter ke dalam panggung dengan menggunakan beberapa pemeran untuk satu tokoh. Seperti tokoh “No-face” yang membutuhkan sebanyak 12 aktor sekaligus untuk memerankan tokoh ini. Begitu juga dengan tokoh Kamaji yang membutuhkan sebanyak 6 aktor untuk menggerakkan lengan-lengannya. Dalam pertunjukkan sebelumnya di Tokyo, drama panggung “Spirited Away” berhasil membawakan nuansa fantasi dan spiritual seperti pada film animasinya. Dimulai dari latar tempat hingga aktor yang memainkan drama panggung ini sangat menghayati peran masing-masing.

Hal ini tidak lepas dari usaha yang telah diberikan oleh para kru dan sutradara John Caird. Pada pertunjukkan berikutnya drama panggung “Spirited Away” ini telah mengumumkan kabar baik bagi minna-san yang tidak bisa datang ke tempat teater. Dalam pengunguman mereka, drama panggung “Spirited Away” akan ditayangkan secara internasional melalui situs online Hulu, sebuah situs web langganan untuk acara TV, film, dan lainnya. Penayangan secara online ini akan diadakan pada tanggal 3-4 Juli, yaitu ketika mereka melakukan pertunjukkan di Misonoza Theater, Nagoya.

Pertunjukkan drama panggung “Spirited Away” online ini juga melibatkan pemeran yang berbeda setiap pertunjukkannya. Berikut para aktor dan aktris yang akan memerankan para tokoh “Spirited Away”. Pada hari pertama (3 Juli), para tokoh akan diperankan oleh:

- Kanna Hashimoto sebagai Chihiro

- Kotaro Daigo sebagai Haku

- Koharu Sugawara sebagai No-Face

- Miyu Sakihi sebagai ibu Chihiro

- Tomorowo Taguchi sebagai Kamaji

- Mari Natsuki sebagai Yuzaba

Kemudian, pada hari kedua (4 Juli) para tokoh akan diperankan oleh:

- Mone Kamishiraishi sebagai Chihiro

- Hiroki Miura sebagai Haku

- Tomohiko Tsujimoto sebagai No-Face

- Fu Hinami sebagai ibu Chihiro

- Satoshi Hashimoto sebagai Kamaji

- Romi Park sebagai Yuzaba

Bagaimana minna-san? Kalian jadi penasaran tidak nih dengan pertunjukan drama panggung fantasi yang memukau dari para aktor dan aktris “Spirited Away” ini? Jika minna-san tertarik, kalian bisa menunggu drama panggung ini tayang di Hulu sembari mengajak teman-teman kalian!

Nah, minna-san... Akhirnya pembahasan drama panggung “Spirited Away” ini sampai pada bagian akhir. Semoga artikel ini dapat menjadi referensi bagi kalian yang menikmati drama panggung dan film animasi fantasi khas Ghibli ya! Sampai jumpa di artikel berikutnya!

Author: Rika

Editor: Rra

Sumber:

https://i-d.vice.com/en_uk/article/7kbaz4/spirited-away-play

https://ew.com/theater/spirited-away-stage-play-photos/

https://www.pastemagazine.com/movies/hulu/spirited-away-stage-play-streaming-hulu-date-ghibli-miyazaki/

https://www.rappler.com/life-and-style/arts-culture/photos-studio-ghibli-film-spirited-away-begins-stage-production-japan/

https://soranews24.com/2022/04/01/live-action-spirited-away-stage-play-to-stream-online-this-summer/