Hello, minna-san! Akhirnya setelah menunggu lebih dari satu tahun, Hololive EN Myth akhirnya mendapatkan model 3D(tiga dimensi) resmi mereka di Hololive Super Expo 2022. Namun, apakah kalian tahu sebelum model 3D di Hololive Super Expo dikeluarkan. Myth sudah memiliki model 3D-nya yang dirilis oleh anggotanya sendiri. Penasaran bagaimana hal itu bisa terjadi, yuk baca lebih lanjut.

Pada September 2020, Hololive menjadi agensi vtuber(virtual youtuber) pertama yang memperkenalkan grup vtuber berbahasa Inggris, Hololive EN - Myth. Memang sudah banyak vtuber mandiri berbahasa Inggris, tetapi belum ada agensi yang menaungi vtuber Bahasa Inggris. Hal ini meningkatkan popularitas Myth dan membawa vtuber ke mata mainstream. Sejak itu, makin banyak vtuber berbahasa Inggris yang muncul. Di tambah lagi, banyak streamer dan youtuber besar yang ikut mengeluarkan model vtuber mereka sendiri.

Dengan pencapaian yang begitu besar, model 3D untuk Myth pasti akan cepat dirilis, kan? Salah! Meskipun biasanya anggota Hololive mendapatkan model 3D mereka dua sampai tiga bulan setelah debut. Namun, enam bulan setelah debut masih belum ada kabar tentang model 3D untuk Myth. Kira-kira ada apa?

Ada dua masalah utama yang menyebabkan model 3D untuk Myth belum diumumkan enam bulan setelah mereka debut. Pertama, anggota Myth tinggal di luar Jepang. Hal ini dipersulit oleh masalah kedua, ditutupnya bandara Jepang terhadap semua orang yang bukan penduduk asli Jepang. Penutupan bandara ini menyebabkan semua orang asing tidak boleh masuk ke Jepang apa pun alasannya, termasuk alasan bisnis atau belajar. Dengan kedua alasan tersebut, sebagian besar penggemar Myth mengerti bahwa model 3D bergantung kepada keadaan dunia pada masa pandemi.

Meskipun model 3D tinggal menunggu keadaan dunia membaik. Namun, ada satu orang yang tidak bisa menunggu sampai keadaan membaik. Orang tersebut adalah Amelia Watson dari Myth, dialah yang akan bereksperimen menggunakan teknologi VR(Virtual Reality) yang nantinya akan menjadi bagian penting dari Myth dan Hololive EN.

Amelia Watson, atau yang sering dipanggil Ame adalah salah seorang member dari Myth yang memulai stream menggunakan teknologi VR dan VR Chat. Konsep yang pada saat itu masih belum dieksplorasi di dalam Hololive. Pada saat itu juga, Ame menjadi anggota Myth pertama yang memiliki model 3D alternatif. Hal ini menjadi pijakan bagi Myth untuk mulai mencari alternatif 3D mereka sendiri. Dari sinilah model Smol Ame melekat pada Hololive dan penggemarnya.

Sejak saat itu, Ame pun bereksperimen dengan VR dan VR Chat dan lebih sering mengeluarkan konten yang menggunakan teknologi tersebut, seperti konten Youtube Shorts dan bermain game yang menggunakan VR. Hasil eksperimen dan kerja keras inilah yang akan menjadi salah satu bagian penting dari, bukan hanya Myth saja, tetapi juga cabang Hololive EN itu sendiri.

Tanpa disadari, hampir setahun Hololive EN pertama debut. Dalam setahun tersebut, Hololive EN telah mengeluarkan dua unit baru, Project Hope,  yang hanya beranggota satu orang, Irys dan Holo Council yang beranggotakan lima orang. Dengan mendekatnya peringatan satu tahun setelah Myth pertama debut, para penggemar berspekulasi dan berharap sesuatu dari Hololive EN. Meskipun pada saat ini para penggemar sudah menerima bahwa 3D masih belum memungkinkan, masih ada harapan kecil di dalam hati para penggemar, harapan tersebut berupa Myth 3D.

Peringatan satu tahun Myth tinggal seminggu lagi. Tidak adanya pengumuman mengenai model 3D ataupun pengumuman mengenai peringatan satu tahun Myth dari Hololive. Mengubah harapan para penggemar menjadi rasa gelisah. “Apakah mereka tidak akan merayakan peringatan satu tahun?” adalah hal yang dipikiran para penggemar Hololive EN saat itu. Namun, rasa gelisah tersebut berubah menjadi rasa penasaran ketika semua anggota Myth mengumumkan jadwal mingguan mereka. Dengan peringatan satu tahun Myth tertulis di dalam jadwal mereka, para penggemar kembali menjadi senang dan penasaran tentang apa yang akan dilakukan Myth.

Akhirnya, hari perayaan satu tahun Myth pun tiba, perasaan penggemar adalah campuran dari rasa antisipasi, gembira, dan penasaran terhadap apa yang akan datang. Tiba-tiba, layar ruang tunggu berubah menjadi hitam, penonton dapat mendengar suara anggota Myth. Di antara suara tersebut, terdengar suara tawaan layaknya gremlin. Akhirnya, layar hitam pun mulai menampilkan sesuatu, sesuatu yang membuat para penggemar bersorak gembira dalam chat dan superchat terus mengalir bagaikan banjir bandang. Semua itu karena para penggemar akhirnya mendapatkan apa yang mereka harapkan, Myth 3D.

Model 3D yang digunakan bukanlah model resmi dari Hololive, melainkan model chibi dengan art style ala Walfie, seorang artist pembuat Smol Ame dan merupakan bagian penting dari komunitas Hololive sendiri. Dalam stream 3D ini, untuk pertama kalinya model 3D ini ditampilkan. Kegembiraan para penggemar dapat terlihat dari kecepatan chat yang menjadi sulit untuk dibaca. Meskipun, Myth tidak dapat model 3D resmi mereka, model dari Walfie in sudah dicintai oleh komunitas Hololive.

Stream 3D ini menampilkan sisi baru anggota Myth yang sulit ditampilkan melalui model live2D biasa. Ina, anggota Myth yang biasanya terlihat tenang, bergerak dengan penuh semangat dan aktif. Calli dan Kiara terlihat suka berdansa menggunakan model 3D-nya. Gerakan Gura membuat ia terlihat lebih imut dari biasanya. Terakhir, Ame yang meskipun biasanya suka membuat ricuh, terlihat fokus dalam memastikan bahwa stream-nya berjalan dengan baik dan mengorganisir anggota lainnya. Banyak kesalahan teknis yang terjadi dalam stream ini, tetapi hal tersebut tidak menghentikan Myth dan para penggemarnya untuk bersenang-senang. Pada akhirnya, semua kesalahan teknis yang terjadi pada stream ini menjadi bagian kenangan yang indah bagi Myth dan para penggemarnya.

Amelia Watson merupakan sosok penting dalam stream 3D ini. Jika tidak ada Ame, maka tidak akan ada model 3D Walfie ini dan para penggemar harus menunggu sampai dua tahun untuk mendapatkan Myth dalam bentuk 3D. Menurut anggota Myth lainnya, Ame lah yang mengorganisir tim yang mengurus stream ini, mulai dari model 3D sampai pembuatan map dalam VR Chat.

Momen apa yang menurut kalian memiliki dampak besar bagi Hololive atau dunia vtuber? Itu saja untuk artikel kali ini. Terima kasih telah membaca sampai sini dan sampai jumpa di artikel selanjutnya.

Penulis: 59ducks
Editor: Rra dan Floyd

Source:
Hololive EN Official Twitter
Amelia Watson Ch.
Vtuber Wiki