Halo minna-san, bagaimana nih kabarnya? Semoga kalian dalam keadaan sehat selalu. Nah, pada artikel kali ini kita akan membahas mengenai Timnas Jepang yang berhasil lolos Piala Dunia 2022 yang nantinya akan diselenggarakan di Qatar. Bagaimana sih sejarah Jepang sepanjang pergelaran Piala Dunia? Bagaimana perjuangan Jepang sehingga berhasil lolos ke Piala Dunia? Simak terus artikel ini sampai habis ya!

jurnalsoreang.pikiran-rakyat.com

Timnas Jepang berhasil lolos Piala Dunia Qatar setelah berhasil menjadi runner up pada Babak Kualifikasi Piala Dunia 2022 putaran ketiga dan tergabung dalam grup B. Dalam grup tersebut, Jepang bergabung dengan beberapa negara kuat lainnya seperti Australia, Oman, Arab Saudi, Tiongkok, dan Vietnam. Lolosnya Timnas Jepang bisa dikatakan tidak mudah mengingat pada awal pergelaran Babak Kualifikasi, Jepang harus mengalami 2 kekalahan dari 3 pertandingan. Hal ini mengurangi peluang Timnas Jepang untuk lolos ke Piala Dunia.

Kendati demikian, tim berjuluk Samurai Biru ini mampu menyapu bersih 7 sisa pertandingan dengan hasil 6 kemenangan dan 1 seri. Dengan demikian, Timnas Jepang telah mengumpulkan 22 poin dari 10 pertandingan dan hanya berjarak satu poin dari sang juara grup, Arab Saudi. Maka dari itu, Jepang dan Arab Saudi sebagai 2 peringkat tertinggi, berhak lolos ke Piala Dunia Qatar 2022 sebagai wakil Zona Asia bersama Arab Saudi, Korea Selatan, Iran, dan Qatar.

fifa.com

Pada edisi kali ini, Timnas Jepang tergabung dalam grup E bersama 2 kampiun Piala Dunia, Jerman dan Spanyol. Selain itu, Timnas Jepang juga satu grup dengan pemenang babak playoff antarbenua antara Kosta Rika (Zona Concacaf yang terdiri dari Amerika Utara, Tengah, dan Karibia) dan Selandia Baru (Zona Oseania). Hal ini mengindikasikan bahwa Timnas Jepang tergabung dalam grup neraka dalam edisi kali ini.

Timnas Jepang pertama kali lolos Piala Dunia pada tahun 1998 dan hingga saat ini tidak pernah absen dalam kejuaraan 4 tahunan tersebut. Hasil terbaik dari Timnas Jepang dalam 6 keikutsertaan terakhir adalah babak 16 besar pada tahun 2002, 2010, dan 2018. Pada Piala Dunia Rusia 2018, Timnas Jepang hampir lolos ke babak 8 besar. Kekalahan dramatis 3-2 menghadapi Belgia membuat harapan Jepang mencetak rekor mereka di Piala Dunia sirna usai Nacer Chadli mencetak gol ke gawang Timnas Jepang di penghujung laga.

Sekian artikel kita pada kali ini. Lolos Piala Dunia tentu menjadi impian seluruh negara di dunia ini, tidak terkecuali Indonesia. Kita doakan semoga sepak bola Indonesia bisa lebih berkembang lagi sehingga bisa lolos Piala Dunia atau bahkan juara Piala Dunia. Sampai jumpa pada artikel berikutnya.

Author: Eru

Editor: Rra

Sumber

https://id.wikipedia.org/wiki/Tim_nasional_sepak_bola_Jepang

https://bola.kompas.com/read/2022/04/10/20500068/ini-lawan-pertama-jepang-di-piala-dunia-qatar-2022?page=all

https://www.fifa.com/tournaments/mens/worldcup/qatar2022/fwc-2022-draw

https://www.sportingnews.com/in/soccer/news/intercontinental-playoffs-fifa-world-cup-2022-teams-schedule-matchups-final-two-spots-qatar/gp1iotythnog5mgayqmjn1on

https://www.concacaf.com/