Halo minna-san! Bagaimana kabar kalian? Semoga semuanya dalam keadaan baik[VTA1] . Belum lama ini, diadakan event Fuwajuku 2022 secara online. Pasti beberapa dari kalian belum tahu apa itu event Fuwajuku dan mereka ngapain ya di event tersebut. Jadi, Fuwajuku adalah ajang perlombaan seni yang diadakan dalam rangka mempererat hubungan antar sesama UKM Jepang dari berbagai universitas. Event Fuwajuku ini dihadiri oleh peserta dari K3J, J-Café, Nippon Club, dan Soushin.

Event tersebut  di host oleh UKM K3J atau dikenal sebagai Kelompok Kerja Kebudayaan Jepang, UKM Jepang dari Universitas[VTA2]  Unika Atma Jaya. Pada Event Fuwajukutahun 2022, ke 4 UKM Jepang tersebut akan hadir dengan 4 lomba yang seru – seru. Kali ini mereka akan bekerja sama dan berlomba untuk memenangkan lomba – lomba tersebut. Akan ada 2 game yang dimainkan di hari pertama event Fuwajuku.

Event dimulai dengan perkenalan Iwan dan Nayla sebagai host event Fuwajuku tahun 2022. Dilanjutkan dengan pembukaan kata sambutan melalui video[VTA3] . Sebelum mulainya acara, hostmenjelaskan beberapa aturan yang perlu diikuti oleh peserta sehingga eventFuwajuku dapat berjalan lancar dan dilanjutkan dengan kata sambutan dari dosen pembimbing yang diwakilkan oleh Natasha Cornelia dan sambutan dari ketua Fuwajuku, Jonathan. Kemudian masing – masing ketua UKM diminta untuk memberi kata sambutan dimulai dari J-Cafe, Nippon Club, dan Soushin.

Game pertama yang akan dimainkan oleh para peserta yaitu Hajimemashite, dimana para peserta yang telah dibagikan kedalam kelompok dan membuat yel – yel. Yel – yel yang dibuat berdurasi maksimal selama 3 menit[VTA4] . Sebelum permainan dimulai, host membacakan peraturan game yang akan dimainkan sehingga peserta dapat memainkan permainan dengan teratur. Penjelasan dilanjutkan dengan menjelaskan sistem poin dengan beberapa kriteria yang dimiliki mulai dari Gerakan, usaha, kekompakan, pemilihan lagu, dan lirik yel – yel.

Selesai penjelasan, akhirnya setiap kelompok diberikan 20 menit untuk membuat yel – yel tersebut ke dalam room kelompoknya masing – masing. Setelah 20 menit, setiap kelompok akan menunjukkan yel – yelnya bersama kelompok mereka masing – masing. Hasil yel – yel yang mereka cukup menarik lho, bisa kalian cek di youtube event Fuwajuku ya. Setelah game pertama, host memberikan waktu istirahat selama 15 menit.

Selesai sesi istirahat, game ke 2 berjudul “Dare Desu Ka?” akan dimainkan. Para peserta akan menebak karakter dari animepada gambar. Game ini akan dimainkan dengan beberapa aturan yang telah ditentukan.

Berikut beberapa aturan pada game “Dare Desu Ka?” :

1. Peserta diwajibkan untuk oncamselama sesi berlangsung

2. Setiap kelompok akan bergantian menebak secara urutan kelompok yang sudah diacak

3. Setiap kelompok akan mendapatkan dan menjawab 5 pertanyaan seputar karakter anime dan gambar berdasarkan karakter anime tersebut.

4. Setiap kelompok akan diberikan waktu selama 1,5 menit setiap soal untuk menjawab.

5. Pertanyaan tidak dapat dilempar ke kelompok lain.

6. Jika kelompok tidak dapat menjawab, maka pertanyaan dianggap hangus dan tidak mendapat poin.

7. Peserta wajib menjawab nama lengkap dari karakter – karakter.

Game dapat dilaksanakan dengan teratur dengan aturan yang ada. Sebelum selesai gamediadakannya soal rebutan, dimana kelompok yang dapat menjawab dengan tercepat akan mendapat poin dari clue gambar yang disediakan.

Selesai game ke 2, dilakukannya pengumuman poin pada hari pertama. Kemudian dilakukannya dokumentasi untuk hari pertama sebagai penutupan event Fuwajuku hari pertama.

Sekian artikel event kali ini. Event ini bisa kalian cek lebih detailnya di youtube Fuwajuku ya. Mungkin juga kalian bisa mengikuti event ini tahun depan untuk merasakannya secara langsung. Semoga artikel ini dapat membuat kalian semangat dan lebih penasaran untuk mengikuti eventevent kedepannya.

Author : Tio

Editor : Floyd

Sumber artikel: https://www.youtube.com/watch?v=ZEWboW4WuY8&ab_channel=KelompokKerjaKebudayaanJepang%28K3J%29

Sumber thumbnail & pic 1: https://mobile.twitter.com/UnikaAtmaJaya/status/1512670856312651781

Sumber pic 2 : https://www.youtube.com/watch?v=ZEWboW4WuY8&ab_channel=KelompokKerjaKebudayaanJepang%28K3J%29