Halo minna-san, kalian ada yang tertarik buat belajar cara memasak makanan Jepang gak nih? Nippon Club Bandung baru saja menggelar webinar dengan judul “Japanese Cooking 101” pada tanggal 22 Mei 2022 kemarin nih. Tentunya pada artikel ini kita tidak akan membahas secara detail isi dari webinar tersebut melainkan kita hanya akan membahas acara secara keseluruhan dan beberapa ilmu yang bisa didapat dari webinar tersebut.

Tanpa basa-basi lagi kita langsung masuk kepembahasannya. Acara dimulai pada pukul 13.20 WIB dengan sambutan oleh MC Arkan dan Celine, yang dilanjutkan dengan pembacaan peraturan selama webinar dilaksanakan. Setelah itu, para MC langsung memperkenalkan chef sekaligus narasumber pada webinar kali ini yaitu Chef Desmond Lim. Chef Desmond telah berengalaman dalam mengajar dan memberikan demo dalam dunia memasak terutama makanan Jepang dan Korea.

Materi dimulai dengan perkenalan pada salah satu alat dapur yaitu pisau. Pisau yang biasanya kita anggap biasa saja ternyata memiliki peran dan nilai yang sangat penting bagi para chef. Pisau yang digunakan harus berkualitas dan tajam untuk menghasilkan makanan yang baik. Chef Desmond memiliki dan menunjukkan satu set pisau dapur untuk menjelaskankan pentingnya kualitas dan peran pisau dalam masakan Jepang.

Menu yang dibuat pada webinar tersebut adalah chicken teriaki sushi. Chef Desmond langsung memperkenalkan bahan-bahan yang akan dipakai dalam masakan tersebut. Beliau juga menyampaikan jika bahan yang paling penting dalam masakan Jepang pada umumnya adalah soy sauce dan mirin. kedua bahan ini juga sudah memiliki banyak alternatif yang sudah dicap halal di Indonesia.

Beberapa bahan lainnya yang dijelaskan adalah hondashi dan konbu (昆布). Hondashi adalah kaldu ikan dan konbu adalah rumput laut. Karena kita akan membuat sushi, tentunya bahan yang tidak boleh dilupakan adalah beras atau nasi, tapi buka hanya beras biasa melainkan beras impor dari Jepang yang biasa disebut dengan nama Japonica.

Setelah berkenalan dengan alat dan bahan, acara langsung dilanjutan dengan proses memasak. Secara singkat, urutan membuat chicken teriaki sushi adalah sebagai berikut :

- Campurkan nasi dengan sushi vinegar secukupnya.

- Potong bawang bombai dalam beberapa irisan kecil, diikuti dengan memotong ayam menjadi potongan dengan ukuran sedang.

- Lalu tumis bawang bombai sampai harum, diikuti dengan ayam dan soy sauce.

- Siapkan makisu (巻き簾) dan nori (海苔) diatasnya.

- Siapkan potongan timun.

- Letakkan dan ratakan nasi diatas nori, diikuti dengan timun dan daging ayam yang sudah dimasak tadi.

- Step terakhir adalah menggulung sushinya dan potong sshinya menjadi beberapa bagian yang lebih kecil.

Acara ditutup setelah pelaksanaan QnA dengan Chef Desmond. MC memberikan beberapa kata penutup dan ucapan terima kasih pada Chef Desmond Lim yang telah bersedia menjadi pembicara untuk webinar tersebut. nah, sekian dulu ya untuk liputan webinar Japanese Cooking 101 yang diadakan oleh Nippon Club Bandung ini. Buat yang ketinggalan, bisa stay tune terus di Instagram Nippon Club dan Nippon Club Bandung untuk acara selanjutnya. Yonde Kurete Arigatou Gozaimasu!

Author : Floyd

Editor : Eru