Artikel ini akan mengandung spoiler. Maka dari itu, disarankan untuk beranjak dari artikel ini jika Anda tidak ingin terkena spoiler. You’ve been warned.

Halo minna-san, bagaimana nih kabarnya? Semoga kalian dalam keadaan sehat selalu. Nah, kali ini kita kembali membahas anime nih. Anime yang akan kita bahas kali ini adalah “Sono Bisque Doll wa Koi wo Suru” atau yang lebih dikenal dengan “My Dress-up Darling”. Kok bisa sih ada kisah romansa melalui cosplay? Untuk menjawab rasa penasaran kalian. Simak terus artikel ini sampai selesai!

“Sono Bisque Doll wa Koi wo Suru” adalah anime yang diadaptasi dari manga dengan judul yang sama. Anime ini adalah anime seinen dengan genre romancedan slice of life dan tema otaku culture dan school. Cloverworksadalah studio yang mengerjakan anime tersebut dan anime ini tayang pada musim dingin 2022 lalu. Anime ini menggabungkan budaya tradisional Jepang dengan Jepang modern sehingga menjadi hal yang tidak biasa dalam dunia anime.

Menceritakan Gojou Wakana, seorang pelajar penyendiri yang gemar menghias boneka hina dan membuat pakaiannya. Di sekolahnya, ia secara mengejutkan bertemu dengan seorang gadis teman sekelasnya, Kitagawa Marin. Keduanya memiliki hobi yang aneh di mata masyarakat sehingga mudah bagi mereka untuk memahami satu sama lain. Mengetahui Gojou bisa membuat pakaian, Marin kemudian meminta bantuan Gojou untuk menjahit kostum untuk cosplay. Hal ini dikarenakan Gojou mengetahui cara membuat pakaian berkat pengalamannya dalam membuat pakaian untuk boneka hina.

Lambat laun, hubungan mereka semakin erat karena sering membuat kostum untuk cosplay bersama. Di sisi lain, Gojou yang awalnya penyendiri, perlahan semakin terbuka berkat Marin yang ceria dan enerjik. Marin meskipun memiliki perawakan yang ceria dan semangat, ia tidak memaksa Gojou untuk menjadi sepertinya. Hubungan mereka seperti simbiosis mutualisme yang menguntungkan satu sama lain.

Tidak hanya membuat kostum bersama, mereka juga melakukan kolaborasi dengan cosplayer lain dan membuat kostum bersama. Selain itu, mereka juga melakukan proyek foto bersama di sebuah rumah sakit yang terbengkalai. Di beberapa episode berikutnya, Gojou bersama Marin kerap kali bersama dengan pergi ke pantai dan festival budaya bersama. Cerita pun berakhir dengan ucapan dari Marin kepada Gojou yang berbunyi “Gojou, aku mencintaimu”.

Dikutip dari Anime Trending, anime ini mendominasi penghargaan penilaian terbaik diantaranya, karakter laki-laki dan perempuan terbaik, pasangan terbaik, romance dan slice of life terbaik, karakter sampingan perempuan terbaik, lagu ending terbaik, hingga anime terbaik di musim tersebut. Hal ini sangat mengejutkan mengingat anime dengan judul besar seperti “Shingeki no Kyojin” dan “Kimetsu no Yaiba” tayang di saat yang bersamaan. Bahkan, musim ketiga dari serial “Karakai Jouzu no Takagi-san” harus puas berada di peringkat kedua sebagai anime romance terbaik pada kala itu.

Sekian artikel review anime kita kali ini. “My Dress-up Darling” menunjukkan bahwa hidup akan terasa lebih berwarna jika kita bersama dengan orang yang tepat. Perpaduan antara Gojou Wakana dan Kitagawa Marin adalah contoh yang sangat tepat untuk menggambarkan itu. Untuk menyaksikan anime “Sono Bisque Doll wa Koi wo Suru”, kalian bisa menyaksikannya secara legal dengan berlangganan (jika memungkinkan) di laman bilibili melalui Bstation. Sampai jumpa di artikel berikutnya.

Author   : Eru

Editor    : Floyd

Sumber:

https://myanimelist.net/anime/48736/Sono_Bisque_Doll_wa_Koi_wo_Suru?q=sono&cat=anime