Impactnation, salah satu event Jejepangan yang telah ditunggu kehadirannya selama masa pandemi ini. Event ini telah dilaksanakan dari tanggal 30-31 Juli 2022 kemarin di Senayan Park Mall, Jakarta. Kali ini, selain fokus pada Impactnationnya sendiri kita juga akan fokus pada kolaborasi dari Impactnation dan Nippon Club. Nippon Club sendiri diundang oleh pihak Impactnation untuk membuka booth dan membuat beberapa acara pada eventtersebut.

Sebelum kepada rangkuman acara yang dilaksanakan oleh Nippon Club, kita akan membahas apa itu Impactnation sendiri. Impactnation merupakan event kebudayaan jepang, baik tradisional (ada kabaret samurai, Taiko, dan Yosakoi) maupun modern (pop idol culture) yang Di organize oleh Barcode Event Organizer. Sebagai bentuk dari kerja sama ini, para anggota Nippon Club diberikan diskon untuk tiketnya.

Berikut juga adalah rundown acara yang telah dilaksanakan :

Semua bintang tamu berada di Main Stage, kecuali meet and great, Terdapat wajib vaksin ketiga untuk memasuki mall Senayan Park.

Nippon Club sendiri membuka booth dibagian komersil dan menjual berbagai merch yang berkaitan dengan para maskot dan Nippon Club sendiri. Pembukaan booth ini dikerjakan oleh divisi Media dan Member support. Dengan katalog barang sebagai berikut :

Selain dari booth, Nippon Club juga membuat acara berupa “anisong competition” yang berada di bagian indoor, mini stage. Acara ini diurus oleh divisi komunitas pada 30 Juli 2022 dan merupakan lomba menyanyikan lagu jepang/soundtrack anime. Biaya pendaftaran acara ini adalah Rp.35,000 yang diikuti oleh kurang lebih 35 peserta. Terdapat 3 pemenang dari masing-masing dari kategori 3 kostum terbaik dan 3 penampilan terbaik. Acara ini seharusnya dilaksanakn pada jam 13.00 namun delay menjadi 14.00.

Pada hari kedua, juga terdapat meet and greet beberapa cosplayer. Terdapat banyak booth indoor pada lantai GF yan menjual berbagai merchanime dan game dan Jejepangan.

Pada mainstage terdapat berbagai penampilan idol group, band, cosplay, otomotif livery anime (itasha) dan berbagai budaya pop-culturelainnya yang eksis di Indonesia. Beberapa line up bintang tamu di main stage adalah Hiroaki Kato, Shojo Complex, Rei Sarah, Lumina Scarlet, Murry Monolite, Diamond Princess, Taiko U-maku Eisa Shinka, Taiko Benteng, Yosakoi All-Star, Clarissa Punipun, Asai Yukirin, Yukitora, dan iBun.

Terdapat lomba coswalkcompetition yang di adakan di mainstage, lomba coswalk tersebut harga pendaftarannya 35rb dan dihadiri oleh 70 orang peserta. Juri dari lomba coswalk competition tersebut adalah Clarissa Punipun, Asai Yukirin, Yukitora Keiji, dan iBun.

Terdapat berbagai stand makanan, minuman dan boothmenjual merch anime di outdoor tersebut serta ada pameran livery motor (tidak ada mobil) dengan itasha. Itasha yang turun di Impactnation semuanya sepeda motor fairing, dengan jumlah sekitar 12 unit. Terdapat juga booth spesial yaitu Good Smile Company, brand Anime Figure. Di booth Good Smile Company terdapat NendroidAsobi Playground, JUMBO Photobooth, Product Display, #RayakanHobimu Gallery, Asobi dan Rakugaki Gallery.

JKT48 juga hadir menampilkan 6 lagu, yaitu “Heavy Rotation”, “Oogoe Diamond”, “Kimi no Senaka”, “Pesawat Kertas 365 Hari”, “Hikoukigumo”, dan “Fortune Cookie yang Mencinta”. JKT48 tesebut menampilkan 8 member, diantarannya Kathrina, Ashel, Marsha, Indah, Lia, Indira, Amanda, Raisha.

Referensi Artikel:

· https://otoexpo.com/finally-impactnation-japan-festival-kembali-hadir-di-jakarta/

· https://www.soundandmachine.com/artikel/23947/Minus-Tampilkan-Mobil-Festival-Jepang-Impactnation-Tetap-Hadirkan-Itasha-dengan-Unsur-Otomotif-/

· https://jakarta.hallo.id/even/pr-2304006188/menikmati-budaya-jepang-di-finally-impactnation-japan-festival

· https://www.buddyku.com/article/keseruan-penampilan-jkt48-dalam-acara-impactnation-japan-festival-f39a7d5a33b6496f971a7a3f82023cf6

Author             : Rei

Editor              : Floyd