Halo minna-san! Kali ini kita kembali berkesempatan menghadiri acara Gelar Jepang Universitas Indonesia (GJUI 28) di hari ketiga. Berbeda dari tahun lalu dimana GJUI 27 masih dilaksanakan secara online, kali ini GJUI 28 melaksanakannya secara hybrid selama 3 hari. Acara ini diselenggarakan mulai dari 26-28 Agustus 2022, dan untuk hari ketiga dilaksanakan secara offline di AEON Mall Tanjung Barat, Jakarta Selatan. Tentunya dengan berlangsungnya acara secara offline membuat acara menjadi lebih seru dan menarik untuk diikuti. Yuk, kita simak keseruan GJUI 28 hari ketiga!

Dari kiri atas ke kanan bawah Ami (1), Vinly dan Takai (2), Shirai Metal (3), ESL Indonesia (4)

Hari ketiga dapat dikatakan juga sebagai puncak acara dari GJUI 28. Selama acara, kita ditemani oleh dua MC yang sangat keren, yaitu kak Erika dan kak Deemas yang membuat suasana acara menjadi lebih meriah. Sebagai pembuka acara GJUI 28 hari ketiga, acara dimulai dengan penampilan dari pemenang pertama karaoke solo, yaitu kak Ami! Pada penampilannya di panggung, kak Ami membawakan dua buah lagu berjudul Akatsuki no Ito Wagakki Band dan Senbonzakura - Hatsune Miku. Meskipun, kak Ami mengaku bahwa penampilan di panggung GJUI adalah penampilan perdananya namun penampilannya sangat indah dan memiliki suara yang khas.

Penampilan dilanjutkan dengan dibawakannya lagu Kanade - Tsukima Switch oleh pemenang Karaoke Duet yaitu Vinly dan Takai. Selanjutnya, acara dilanjutkan dengan talkshow bersama Electronic Sport League (ESL), yaitu sesuai namanya merupakan sebuah perusahaan dibidang e-sport yang paling tua dan terbesar di dunia yang sekarang memiliki cabang di Indonesia dan kerap menyelenggarakan kompetisi e-sport di wilayah Indonesia. Kemudian sesi pertama sebelum waktu ishoma diakhiri dengan menyanyikan Jingle GJUI 28 bersama dengan para pengunjung. Setelah sesi ishoma pun acara tetap diselingi acara meriah yaitu Lomba Band yaitu Irugai yang menyajikan lagu Kyouran Hey Kids – Oral Cigarettes dan juga pemenang Lomba Dance yaitu Shirai Metal. Ada juga penampilan spesial dari Kawaii Indonesia yang menyanyikan beberapa lagu seperti Himawari no Yakusoku - Motohiro Hata dari Doraemon Save Me dan lagu lainnya.

Menjelang sore, hal yang mungkin ditunggu-tunggu pecinta cosplay akhirnya datang. Tepat di pukul 3, acara dilanjutkan dengan talkshow bersama para guest star, yaitu kak Punipun, kak Meyreane, dan kak Asai Yukari. Mereka bertiga merupakan cosplayer yang sudah berpengalaman di bidang cosplay. Pada sesi ini, para guest star juga menggunakan kostum cosplay lho!

Foto Punipun, Asai Yukari, Meyriene bersama pemenang lomba Cosplay

Kak Punipun menggunakan kostum Wanwan dari permainan mobile legends, kak Meyriene dengan kostum Yor Forger dari serial Spy x Family, dan kak Asai Yukari dengan kostum Angela dari permainan Mobile legends. Pada sesi talkshow, ketiganya bercerita mengenai pengalaman mereka sebagai cosplayer. Bagaimana mereka bisa memilih menjadi cosplayer, lalu kemudian juga memberikan pesan bagi para cosplayer lainnya untuk selalu berusaha memberikan kesan positif tentang cosplay. Setelah acara talkshow berakhir, kak Asai Yukari memberikan penampilan tari spesial untuk seluruh pengunjung GJUI 28, membuat suasana semakin meriah sebelum memasuki sesi coswalk.

Nah, saat sesi coswalk, banyak sekali cosplayer dengan kostum yang sudah mereka siapkan dan digunakan menunjukkan penampilan cosplay mereka. Meskipun begitu tentu saja hanya terdapat 3 pemenang, dimana para juri menyatakan kesulitan karena semuanya tampak sangat bagus. Pada akhirnya dinyatakan juara satu dimenangkan oleh Shayla Amara sebagai Odette dari Mobile Legends, juara kedua Bagus Wibisono sebagai karakter dari Fallout New Vegas, dan terakhir juara ketiga merupakan Syah Reza sebagai Hotaru Hanezuka dari Kimetsu no Yaiba. Selamat ya bagi semua pemenang!

Meskipun main event dari GJUI 28 dilaksanakan di lantai 4, namun kalian juga bisa merasakan keseruan GJUI 28 dengan bermain di fasilitas hiburan lainnya. Contohnya seperti Obake yashiki (お化け屋敷) yang disediakan oleh panitia di lantai 2, bagi kalian yang senang dengan wahana bernuansa horor dan mistis. Pilihan Obake yashiki ini sangat cocok untuk dipilih.

Untuk masuk wahananya, cukup dengan membayar tiket sebesar Rp. 35.000,00/orang atau dengan mengunduh aplikasi AEON mall untuk masuk secara gratis. Sebelum masuk wahana, Obake Yashiki sudah memberikan kesan horor lewat dekorasinya yang menggunakan hantu atau obake Jepang di dinding wahana. Selain itu, suara teriakkan dan gebrakan properti yang dilakukan para “hantu” akan menyambut kita masuk ke dalam wahana. Di dalam Obake yashiki, seperti rumah hantu pada umumnya kita akan dikejutkan dan ditakuti oleh para “hantu”. Disini kita harus berusaha keluar dari rumah hantu dengan penerangan yang kurang, ditambah lagi tak jarang juga ada beberapa jumpscare dan suara mengerikan seperti ketukan pintu serta kaca pecah dari dalam ruangan. Pengalaman yang pasti tak bisa dilupakan siapapun yang memasukinya.

Dari kiri, kanan atas, dan kanan bawah HYDRA (1), Akemi (2), REDSHiFT (3)

Kembali ke main event, acara dilanjutkan oleh band bergenre J-Pop yaitu Say:Kou yang menampilkan lagu The Beginning – One Ok Rock, Go!!!I – Flow, dan Mantra Hujan – Kobo Kanaeru. Setelah kemeriahannya, pengunjung disajikan penampilan luar biasa dari group idol Akemi yang menampilkan lagu Hi Touch – Siam Dream dan First Rabbit – JKT48. Setelah itu acara dilanjutkan dengan Band Visual Kei Jepang yaitu HYDRA yang menampilkan beberapa lagu orisinil mereka dengan penuh semangat yaitu Passion, Dream, dan Inverno. Tidak hanya itu, mereka juga membawakan cover lagu GO!!! – Flow. Yang membuat suasana tetap panas sampai acara terakhir dari REDSHiFT.

REDSHiFT yang merupakan grup produser Vocaloid yang juga merupakan penampil DJ-VJ yang tentunya pasti dikenal penggemar acara jejepangan. Remix DJ berbagai lagu jejepangan dari opening atau ending anime dan lagu j-pop dari band jepang pun ditampilkan dengan spektakuler membuat seisi ruangan meriah dan membara. Membuat penutupan acara berakhir dengan sukses dimana pengunjung benar-benar dipenuhi semangat sejak awal hingga akhir acara.

Begitu minna-san kemeriahan acara puncak dari GJUI 28, terimakasih bagi pihak Universitas Indonesia atas acaranya yang penuh dengan keseruan ini. Bagi minna-san yang tidak berkesempatan untuk mengikuti, mari bertemu di GJUI berikutnya! Terimakasih telah membaca sampai akhir, sampai jumpa lagi.

Author : Rika & Nao

Editor : Floyd