[Liputan ] Hari kedua BOTT, Memanjakan Mata dengan Berbagai Mainan dan Penampilan


Battle Of The Toys, salah satu event pameran Action Figureterbesar di Indonesia, telah digelar pada tanggal 11 dan 12 September 2022 kemarin di QBIG BSD City Ballroom. Terdapat sangat banyak mainan yang dipamerkan dan dilelang yang tentunya sangat menarik bagi para pecintanya. Selain mainan yang dipamerkan, terdapat juga berbagai booth yang menjual berbagai merchandise dan mainan. Yang tentunya diramaikan dengan berbagai penampilan dari bintang tamu dan berbagai kompetisi.

Pameran mainan atau action figuredigelar pada bagian kanan dari pintu masuk main stage. Terdapat sangat banyak mainan yang tentunya akan memanjakan mata para kolektor ataupun pecinta mainan secara general. Bukan hanya dalam jumlah, variasi dan jenis dari action figure yang dipamerkan juga sangat banyak. Beberapa contohnya seperti action figure dari anime Tokyo Revenger, Gundam, Jujutsu Kaisen, Dragon Ball, One Piece, dan banyak lainnya. Tidak hanya dari anime, terdapat juga berbagai action figure dari film seperti Avenger dan Figureorisinal dari Jagat Astral.

Nah, sebelum kita melanjutkan ke acara utama di main stage kita akan membahas secara singkat, acara yang ada di alley artist/mini stage. Mini stage diisi dengan kompetisi beyblade yang dimulai pada pukul 13.00 sampai 17.00 WIB. Kompetisi ini diikuti oleh banyak peserta para antusias beyblade. Setelah kompetisi ini, acara dilanjutkan dengan presentasi oleh Lentera Nusantara dari pukul 17.00 sampai 17.30 WIB.

Pada alley artist juga terdapat banyak booth yang menjual berbagai merchandise dan fanmade item. Di sini juga terdapat booth milik bintang tamu BOTT yaitu Nekonoi Katsu dan Frea Mai. Keduanya menjual poster berbagai ukuran, mulai dari polaroid, A4, A3 dan foto dari cosplay mereka. Bagi para fans, tentunya ini adalah kesematan emas, bukan hanya untuk membeli foto dan poster namun juga untuk bertemu dengan cosplayer favorit mereka secara langsung.

Acara pada main stage dimulai pada pukul 14.00 WIB dengan presentasi dari Jagat Astral mengenai konsep dan produk dari mereka. Bagi yang kurang familiar dengan Jagat Astral, Jagat Astral adalah IP terdaftar menceritakan petualangan para Pendekar Astral dengan mengangkat budaya dan ciri khas dari indonesia. Jagat Astral diusung oleh Arno Fauzie yang sekaligus adalah MC untuk main stageBOTT sendiri.

Tokoh yang ada dalam Jagat Astral ini berasal dari cerita tradisional dalam budaya Indonesia. Dikonsepkan dengan setiap daerah memiliki pendekar astralnya masing-masing. Beberapa tokoh yang sudah ada dalam konsep ini seperti Karma, Binasa, Barong Amuk, dan Topeng Setan. Selain para pendekar dan penjahat utama, Jagat Astral juga telah mengkonsepkan beberapa siluman yang juga akan menjadi lawan dari para pendekar astral.

Acara langsung dilanjutkan dengan Talkshow: Frea Mai dan Nekonoi Katsu pada pukul 14.30 WIB. Frea Mai memakai kostum Minamoto No Raiko dari Fate Grand Order dan Nekonoi Katsu menggunakan kostum Valkyrie Dari Apex Legend. Dari talkshow tersebut, kita dapat mengenai Frea Mai dan Nekonoi Katsu lebih dalam lagi.

Nekonoi Katsu sudah melakukan cosplay selama 8 tahun dan pernah terpilih sebagai representatif Indonesia dalam Tokyo Game Show di Jepang pada tahun 2017. Ia terpilih dari kurang lebih 2000 peserta. Menurutnya, perbedaan dunia cosplay dari dulu dan sekarang adalah keterbukaan masyarakat awam terhadap hobi cosplay dan anime. Para penyuka anime dan cosplay yang sebelumnya dianggap aneh, sekarang sudah menjadi sangat biasa dan menjadi bagian dari budaya anak muda.

Nekonoi Katsu menyiapkan kostumnya dalam 1 minggu sebelum acara dan bahkan masih mengerjakan kostumnya pada pagi sebelum acara. Menurutnya, cosplay telah menjadi bagian penting dari dirinya. Untuk mendukung hobinya tersebut, ia juga menjual berbagai hasil fotonya di Patreondan Karya Karsa. Ia memiliki tips bagi para pemula untuk tidak malu dalam mencari pengalaman dan meningkatkan kualitas cosplay mereka dan terus menikmati setiap prosesnya.

Di sisi lain, Frea Mai telah memulai cosplay dari tahun 2006 dari saat masih sekolah dan mulai membuat kostu pada tahun 2009. Menurutnya, perbedaan dunia cosplay dari dulu dan sekarang adalah, dulu cosplay masih banyak yang bergantung pada kerajinan tangan dan belum banyak alat yang dapat membantu. Ia juga berusaha keras untuk membuat seluruh scenedari cosplay yang ia lakukan ketika dalam sesi photo shoot.

Frea Mai juga menyarankan kepada para pemula dalam dunia cosplay untuk tidak mengambil jalan pintas dengan mencari sensasi. Juga denan menggunakan cosplay sebagai batu loncatan untuk mencari ketenaran karena semua itu bisa tergantikan kapanpun. Ia juga menyarankan untuk terus meningkatkan kualitas cosplay dan konten agar dapat menarik perhatian para fans dan penonton.

Setelah talkshow, acara dilanjutkan dengan penampilan dari Cerise pada pukul 15.00 WIB. Diawali dengan penampilan solo dari masing-masing anggota, daftar lagu sebagai berikut :

- Amanda - “Ado - Shin Jidai (新時代)”

- Sevanny - “YOASOBI - Kaibutsu (怪物)”

- Rachelle – “(ノーバディノウズ – Hero’s Comeback)”

Setelah penampilan solo, mereka memperkenalkan diri mereka masing-masing dari juga sebagai Cerise. Lalu mereka membawakan lagu “GUMI - Masked Bitch” dan “YOASOBI - Yoru Ni Kakeru (夜に駆ける)”. Penampilan yang dibawakan tentunya sangat keren dan menarik perhatian seluruh ruangan. Dari event ini juga, Nippon Club berkesempatan untuk melakukan wawancara dengan Cerise, namun itu untuk artikel yang berbeda jadi mohon ditunggu ya!

Setelahnya, acara dilanjutkan dengan cosplay competition dan fan art competition. Dengan rangkuman pemenang sebagai berikut :

Cosplay competition :

- Best Costume dimenangkan oleh Iga Saki

- Best Performance dimenangkan oleh Angoro Dwi

- Grand Champion dimenangkan oleh Robes

Fan art competition :

- Juara 3 oleh Eints

- Juara 2 oleh Lulu Felicia hartono

- Juara 1 oleh Muhammad Zidan Arsa

Di sela pengumuman pemenang juga terdapat lelang mainan pada pukul 18.00 – 18.30 WIB. Acara ditutup dengan penampilan dari DJ Trooper dari jam 19.00 sampai 20.00 WIB. Nah minna-san, itu adalah liputan untuk event BOTT pada hari kedua kemarin. Bagi yang kelewatan, bisa ditunggu event lainnya ataupun BOTT tahun depan ya! Seperti biasa, Yonde Kurete Arigatou Gozaimasu!

Author             : Floyd

Editor              : Eru