Halo minna-san, tidak terasa liburan semester telah berakhir.  Semoga kalian bersemangat dalam perkuliahan onsiteataupun onlinenya! Akhir pekan lalu, pada tanggal 24-25 September 2022 diadakan event Comic Frontier atau biasa disingkat Comifuro(CF). Event tersebut diadakan pada hari Sabtu dan Minggu. Penasaran dengan situasi Comifuro 15 hari pertama? Mari kita simak artikel liputannya!

Sebelum itu, apa sih Comifuro? Comifuro merupakan konvensi dōjinshi (同人誌) tahunan yang dilakukan dua kali setahun. Apa itu dōjinshi? Dōjinshiadalah istilah Jepang untuk karya yang diterbitkan sendiri. Comifuro baru sekali mengadakan event onsite pada tahun ini, dikarenakan sebelumnya online.

Suasana di Pintu Masuk Hall 10 ICE BSD

Pada hari pertama Comifuro, barisan tiket diluar dugaan kami. Antrian panjang tersebut memanjang sampai ke basement. Bahkan para pengunjung sudah bersiap dari pagi sekitar pukul delapan kurang. Antrian tersebut berupa antrian pengunjung yang ingin membeli tiket secara onsite. Sedangkan pemilik tiket sudah membentuk baris didalam gedung sekitar pukul sembilan. Tiket masuk eventComifuro berupa gelang tangan yang dipakai oleh pengunjung.

Barisan pengunjung pembeli tiket cukup panjang, sehingga beberapa barisan pemilik tiket bercampur dengan barisan pembeli tiket. Hal tersebut terjadi dikarenakan tiket hanya dapat dibeli dan diambil di hall 10. Ditengah keramaian, kami sempat mewawancari salah satu pengunjung yang merupakan seorang cosplayer. Beberapa narasumber bahkan ada yang berasal dari Bandung atau kota lain yang lokasinya cukup jauh dari ICE BSD. Hal tersebut mengharuskan mereka untuk datang beberapa hari sebelum event dan mencari tempat untuk menginap.

Kondisi di dalam Gedung

Suasana Para Pengunjung di pintu masuk Hall 9

Sebelum pintu dibuka, kami media berkesempatan untuk mengelilingi kawasan dalam gedung. Antrian di dalam gedung sudah memanjang sampai keluar pintu masuk. Barisan pemilik tiket terlihat penuh antusias untuk masuk. Tepat pukul sembilan, pintu dibuka bagi pengunjung yang sudah memiliki tiket.

Pengunjung akan melewati hall 9 yang merupakan areamakanan sebelum menuju ke area berjualan yang berada di hallsepuluh. Di depan hall sepuluh, pengunjung diminta para staffuntuk berbaris lagi sebelum memasuki area, dan diminta untuk memperlihatkan gelang di tangan yang telah mereka pakai. Pintu masuk areaComifuro tidak selalu dibuka. Terdapat jeda waktu ketika pintu memasuki area Comifuro dibuka untuk menghindari overloading.

Salah Satu Cosplayer yang Menggunakan Kostum Gaya Gothic Lolita

Memasuki area Comifuro, pengunjung dapat mengunjungi boothyang telah disusun secara rapih. Pengunjung dapat menulusuri areaComifuro secara bebas. Jenis booth dibagi menjadi tiga macam. Pertama, boothterdepan dan sisi bagian kiri merupakan booth yang bekerja sama dengan Comifuro. Kedua, booth dengan kode AA merupakan booth yang memiliki pembatas putih. Dan yang terakhir yaitu booth dengan kode A sampai G hanya menggunakan stand meja yang disusun.

Denah Booth di Comifuro 15

Booth dengan kode A terletak di areasekeliling booth dengan kode B sampai G. Jenis dan letak boothtidak mempengaruhi kualitas merch yang dijual. Seperti yang kita kenal, eventComifuro merupakan event dimana para penjual menjual karya buatan mereka sendiri. Banyak booth yang kami datangi dan bangga dengan merchyang mereka jual. Merch tersebut pun juga dijual dengan harga yang terjangkau. Tentunya kalian tidak akan merasa sia – sia dalam membeli.

Susunan Acara Comifuro 15 

Event Comifuro tentunya tidak terlupa dengan yang namanya cosplayer. Cosplayer juga merupakan hal yang dinanti – nanti banyak orang dalam event ini. Sebelum masuk pun, kita sudah melihat banyak pengunjung yang datang mengenakancosplay dari berbagai anime dan game. Suasana para cosplayer lebih terasa setelah kami memasuki area Comifuro. Kami juga tidak lupa berfoto – foto dengan para cosplayer.

Semua cosplayer yang kami temui sangat bersahabat. Hal ini menambahkan semangat tidak hanya untuk kami, namun juga ke para cosplayer.  Biasanya mereka memperkenalkan diri dan tidak jarang beberapa cosplayer memberikan snack atau merchmereka sendiri kepada kami dan beberapa pengunjung lainnya. Para cosplayerjuga merasa senang jika kita meminta mereka untuk berfoto bersama mereka.

Foto Bersama dengan Cosplayer

Comifuro juga telah menyiapkan acara yang diadakan di panggung. Panggung tersebut terletak pada sisi kanan hall 10. Jadwal diumumkan melalui media sosial instagram Comifuro. Pengunjung bebas untuk menonton atau mengeksplorasi area Comifuro. Tetapi terdapat beberapa acara yang menarik perhatian orang sampai memenuhi panggung.

Suasana Acara Comifuro 15 di Panggung

Salah satunya seperti, berinteraksi dengan para virtual youtuber. Mungkin beberapa dari kalian ada yang belum mengenali virtual youtuberatau sering disebut vtuber. Jadi vtuber merupakan content creator yang berinteraksi dengan audiensnya menggunakan model 2 dimensi merupai karakter anime. Sangat jarang untuk kita mendapati kesempatan menonton dan berinteraksi secara langsung dengan para vtuber di layar panggung. Pembawa acara berinteraksi dengan vtuber dan terkadang vtuberakan berinteraksi dengan penonton dalam bentuk pertanyaan. Hal tersebut nampaknya membuat para pengunjung sangat berantusias mengikuti acara tersebut.

Terakhir, terlepas dari semua kegiatan dengan Comifuro pastinya kita semua membutuhkan konsumsi. Makanan yang dijual di hall 9 masih termasuk ke dalam harga yang terjangkau. Terdapat berbagai jenis makanan yang dijual mulai dari bakmi, nasi, pasta, dan lainnya. Tidak lupa setelah makan biasanya kita membutuhkan minuman, salah satu jenis minuman yang cukup banyak kami temukan seperti alpukat kocok.

Kurang lebih inilah pengalaman kami di Comifuro Day-1. Terdapat kekurangan yang kami temukan. Tetapi kekurangan tersebut tidak menghalangi kita semua untuk tetap beberapa event Comifuro. Event seperti ini mungkin tidak akan selalu berjalan sesuai yang kita harapkan, maka kita lebih baik untuk bersiap kedepannya.  Jika kalian menikmati membaca liputan event Day-1 Comifuro, jangan lupa untuk membaca artikel liputan Day-2. Sampai jumpa di artikel selanjutnya!

Sumber:

· Comifuro: https://id.wikipedia.org/wiki/Comifuro

· Booth Comifuro15: https://catalog.comifuro.net/

· Jadwal Comifuro 15: https://www.instagram.com/p/Ci3mV5TJdiz/?utm_source=ig_web_copy_link

· Vtuber: https://virtualyoutuber.fandom.com/id/wiki/YouTuber_virtual

Writer: Tio

Editor: Rra, Rika